Cara Recovery Xiaomi Redmi 3

Pendahuluan

Kehilangan data merupakan momok yang menakutkan bagi setiap pengguna smartphone. Entah karena penghapusan yang tidak sengaja, kegagalan sistem, atau kerusakan perangkat, kehilangan data dapat menimbulkan kerugian yang signifikan. Xiaomi Redmi 3, salah satu smartphone populer besutan Xiaomi, tidak luput dari risiko kehilangan data. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan recovery redmi 3.

Penting untuk diingat bahwa proses recovery data tidak selalu 100% berhasil. Kemungkinan keberhasilan recovery bergantung pada berbagai faktor, seperti penyebab kehilangan data, tingkat keparahan kerusakan, dan jenis data yang hilang. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan kembali data yang hilang.

Cara Dual Aplikasi di Redmi 9A, 9C dan 9T Dengan atau Tanpa Aplikasi
Image: ponselreset.com

Memulihkan Data Redmi 3 Menggunakan Mi Account

Jika Redmi 3 Anda terhubung ke akun Mi, Anda dapat menggunakan fitur “Find My Device” untuk memulihkan data. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka situs Find My Device Google (https://android.com/find).
  2. Masuk menggunakan akun Google yang sama dengan yang digunakan pada Redmi Anda.
  3. Pilih perangkat Redmi 3 dari daftar.
  4. Klik “Play Sound” untuk melacak lokasi perangkat (opsional).
  5. Klik “Hapus Perangkat” untuk menghapus semua data dari perangkat.

Setelah menghapus data, Anda dapat mereset Xiaomi Redmi 3 ke pengaturan pabrik. Untuk melakukannya, tekan tombol Daya dan Volume Turun secara bersamaan hingga perangkat mati. Kemudian, tekan kembali tombol yang sama untuk masuk ke mode Pemulihan. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi dan pilih “Wipe Data/Factory Reset”.

Catatan: Metode ini hanya akan berfungsi jika Anda sebelumnya mengaktifkan fitur “Find My Device” dan Mencadangkan data akun Mi.

Memulihkan Data Redmi 3 melalui Bantuan Alat Recovery

Jika metode pertama gagal atau Anda belum mengaktifkan Mi Account, Anda dapat menggunakan perangkat lunak recovery pihak ketiga. Ada beberapa perangkat lunak yang tersedia secara gratis maupun berbayar, seperti:

  1. Undeleter Recovery for Android Files: Aplikasi yang dapat memulihkan data yang terhapus dari kartu SD atau memori internal.
  2. DiskDigger Photo Recovery: Alat khusus untuk memulihkan foto dan video yang terhapus.
  3. Recuva Photo Recovery: Perangkat lunak pemulihan data yang komprehensif yang dapat memulihkan berbagai jenis data.
Baca juga:  Flashing Realme 5 – A Comprehensive Guide for Unlocking Advanced Features

Biasanya, perangkat lunak recovery ini akan memandu Anda melalui proses pemulihan data. Ikuti instruksi dengan seksama dan gunakan opsi pemindaian yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan bahwa proses pemulihan dapat memakan waktu cukup lama, jadi bersabarlah.

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 3 / 3s / 3 Pro ⋆ SimakTekno
Image: simaktekno.com

Cara Recovery Redmi 3

Tips Mencegah Kehilangan Data di Masa Mendatang

Untuk mencegah kehilangan data di masa mendatang, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Cadangkan data secara teratur: Gunakan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox untuk mencadangkan data penting, seperti foto, video, dan dokumen.
  2. Gunakan kartu SD: Idak cukup hanya mengandalkan memori internal untuk menyimpan data. Gunakan kartu SD yang andal untuk menyimpan data tambahan.
  3. Aktifkan fitur “Find My Device”: Pastikan untuk mengaktifkan fitur “Find My Device” pada Redmi 3 Anda.
  4. Instal aplikasi recovery pihak ketiga: Simpan aplikasi recovery seperti Undeleter atau DiskDigger di ponsel Anda. Ini akan membuat proses recovery lebih mudah jika terjadi kehilangan data.
  5. Berhati-hatilah saat melakukan penghapusan: Saat menghapus file atau aplikasi, pastikan untuk memeriksanya dengan cermat. Gunakan fitur “Undo” jika tidak sengaja menghapus sesuatu.

Kehilangan data memang menyakitkan, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini, Anda dapat meningkatkan peluang pemulihan data Redmi 3. Ingatlah untuk selalu mencadangkan data penting secara teratur dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk meminimalkan risiko kehilangan data di masa mendatang.