Aplikasi Untuk Menghitung Kalori Yang Memiliki Fitur Lengkap

Memelihara kesehatan tubuh penting dilakukan dengan cara menjaga olahraga, istirahat, dan pola makan. Setiap kegiatan yang dilakukan membutuhkan kalori untuk menghasilkan tenaga dan mengeluarkan kalori ke bentuk tenaga. Menggunakan aplikasi untuk menghitung kalori dapat membantu mengetahui keseimbangan kalori yang masuk dan keluar melalui nutrisi dan kegiatan yang dilakukan. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan:

1. FatSecret

FatSecret merupakan salah satu aplikasi untuk menghitung kalori yang sangat terkenal dan dapat digunakan secara gratis. Selain menunjukkan jumlah asupan kalori, FatSecret juga menampilkan komposisi ideal yang dapat dijadikan acuan diet seperti jumlah karbohidrat, protein, lemak setiap hari.

Pengguna dapat menggunakan fitur scanning barcode makanan dan minuman untuk mengetahui angka kecukupan gizi yang dikonsumsi sesuai kebutuhan atau tidak. Aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan exercise profesional seperti Google Fit, Samsung Health, dan Fitbit yang bisa menjadi aplikasi menarik untuk menemani program diet.

2. Cronometer Nutrition Tracker

Galvesto, Keto, Vegan, Paleo itu merupakan beberapa program diet yang dapat dilakukan dengan menggunakan Chronometer. Beberapa fitur premium ditawarkan dengan mendaftarkan diri menjadi member untuk memiliki semua opsi fitur terbaik yang ada.

Namun begitu, fitur standar Chronometer sudah cukup membantu pengguna melakukan program diet dengan baik. Dengan memasukkan data jenis makanan beserta jumlah (gram, ons), Chronometer akan menampilkan jumlah kalori dan nutrisi makro maupun mikro yang terkandung. Zat pembangun seperti vitamin, kalsium, dan zat besi juga bisa ditampilkan.

3. Fitbit

Sebuah paket lengkap dapat menggunakan fitur untuk mengetahui efektifitas olahraga dan program diet menggunakan Fitbit. Kemudahan penggunaan dan tingkat akurasi yang tidak diragukan menjadi kelebihan untuk menghitung asupan kalori dan kalori yang digunakan untuk olahraga. Bentuk data progress berupa statistik memudahkan untuk mengetahui grafik naik dan turun program yang dilakukan.

Baca juga:  5 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik dan Terlengkap 2021

Untuk membantu edukasi pengguna, aplikasi ini menyediakan blog dan juga komunitas untuk saling berbagi pengalaman sesama pengguna. Untuk memotivasi progress pengguna, Fitbit juga membuat challenges untuk pengguna agar lebih semangat dengan lifestyle sehat yang sedang dilakukan. Selain software, Fitbit juga memiliki produk berupa smartwatches, trackers, services, smart scales, accessories, dan gear.

4. Lifesum

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Lifesum memiliki tampilan yang mudah dan dapat didownload gratis oleh pengguna. Meskipun Lifesum termasuk baru, tapi aplikasi ini sudah memiliki fitur barcode scan, memudahkan pengguna untuk menghitung jumlah kalori dalam nutrisi dengan cepat. Lifesum juga tersinkronisasi dengan Wear OS, Google Fit, dan S Health.

Fitur standar Lifesum sangat membantu seperti macam diet, fitur resep makanan, goal yang akan dicapai, dan nutrisi makanan yang diperlukan. Jika pengguna memiliki menu favorit yang sering dikonsumsi, maka cukup mencari shortcut makanan yang pernah diinput tidak perlu menginput lagi. Program seperti penurunan berat badan dan rencana diet, resep diet, penghitung kalori, food diary dan makro tracker semua dapat dilakukan.

5. Calorie counter by lose it

Aplikasi ini didesain oleh perusahaan FitNow.Inc, fokus kepada pengguna yang mau menurunkan atau menjaga berat badan ideal. Dengan mengontrol asupan nutrisi harian sesuai dengan kebutuhan, aplikasi ini membantu menghitung asupan kalori yang boleh dikonsumsi setiap hari. Review dan rating yang baik menunjukkan aplikasi penghitung kalori ini, memang salah satu yang terbaik.

Fitur yang dapat digunakan pengguna secara gratis membantu program mendapatkan hasil terbaik. Barcode Scanner, dengan fitur ini secara mudah dapat memindai barcode makanan untuk melacak nutrisi. Salah satu yang unik adalah Snap It, dengan meng-klik icon kamera nutrisi makanan dapat dilacak dengan cepat.

Baca juga:  Rekomendasi 7 Aplikasi Editor Jedag Jedug Terbaik Untuk Android dan iPhone

Meskipun perlu mendaftar member agar mendapatkan semua opsi fitur premium aplikasi untuk menghitung kalori diatas, akan tetapi versi standar aplikasi ini sudah dapat membantu untuk digunakan memperoleh tubuh sehat, berat badan ideal. Salah satu fungsi lain adalah bisa menjadi reminder bagi pengguna untuk diet atau yang mau memulai hidup sehat dan berolahraga.