Intip 6 Aplikasi Kamera Analog yang Tidak Kalah Kece Hasilnnya!

Ternyata ada aplikasi kamera analog yang bisa digunakan di HP, lho. Bagi pecinta dunia fotografi, bisa sekali mencoba aplikasi ini. Apalagi belakangan ini, peminat akan efek ala kamera analog meningkat dan juga sedang tren.

Fotografi analog menghasilkan gambar yang artistik serta unik dari beragam jenis roll film dengan tone  warnanya masing-masing. Akan tetapi, menggunakan kamera analog kurang praktis.

Ada solusinya bagi pengguna yang tertarik fotografi analog, yaitu menggunakan beberapa aplikasi layaknya kamera analog, simak urain di bawah ini:

1. FIMO – Analog Camera

Rekomendasi pertama aplikasi kamera analog yang bisa digunakan oleh pengguna yaitu FIMO. aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store. Pemakaiannya cukup praktis, pengguna hanya perlu pilih efek film yang tersedia dalam aplikasi, kemudian klik tombol untuk menjepret gambar.

Aplikasi yang digunakan lebih dari 100 ribu pengguna, menghasilkan gambar seperti layaknya kamera analog. Terdapat tanggal dengan format khas di sudut bawah dan berwarna jingga. Filter di aplikasi ini dibuat berdasarkan efek hasil roll film yang populer dengan angka sensitivitas cahaya masing-masing.

2. 1998 Cam – Vintage Camera

Pengguna bisa juga memanfaatkan aplikasi 1998 Cam untuk mendapatkan hasil gambar seperti kamera analog. Terdapat ratusan filter bisa dieksplor untuk menghasilkan gambar artistik. Akan tetapi, tidak semua filter dapat digunakan secara gratis. Ada beberapa filter yang berbayar.

Berbeda dengan FIMO, 1998 Cam tidak hanya menyediakan filter yang dipasang secara otomatis. Namun, bisa diatur tingkat kontras, saturasi, kecerahan, bayangan dan lain sebagainya sesuai keinginan pengguna.  Selain itu, pengguna dapat mengatur atau mengganti tanggalnya sendiri layaknya ala kamera analog.

3. Koda

Selain itu, pengguna juga bisa mengandalkan aplikasi Koda untuk menghasilkan gambar analog. Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai salah satu kompetitor yang setara dengan 1998 Cam – Vintage Camera. Kedua aplikasi ini memiliki kesamaan, dari cara penggunaannya, filter dan juga fitur yang tersedia.

Baca juga:  7 Aplikasi Untuk Mengembalikan Foto Yg Terhapus di Android

Pengguna bisa menikmati semua fitur yang tersedia di Koda dengan membayar Rp28.000,- dan tentunya bebas iklan. Dengan berlangganan, tentunya lebih bisa mengeksplor filter dan bisa mempercantik gambar dengan berbagai pengaturan sesuai keinginan sendiri. Tentunya menarik bukan untuk digunakan?

4. VSCO

Siapa sih yang tidak mengetahui aplikasi satu in? Ya, tentunya sudah cukup familiar dengan VSCO bukan. Aplikasi yang telah digunakan oleh jutaan manusia untuk kepentingan fotografi, makanya tak heran bila aplikas ini ini cukup populer.

Pengguna bisa mengedit gambar dengan filter analog yang tersedia dan mengatur kontras dan grain. Namun, tidak semua filter dapat digunakan secara gratis. Hanya tersedia 10 filter gratis dan lainnya berbayar. Meskipun begitu, bagi pecinta fotografi sangat worth bila berlangganan aplikasi ini.

5. Huji Cam

Selanjutnya ada Huji Cam, aplikasi sejenis yang bisa digunakan dan diunduh di smartphone. Aplikasi ini bisa memberikan hasil gambar dengan efek jadul. Meskipun pengguna tidak dapat memilih film atau efek yang diinginkan, tetapi hasil Huji Cam memberikan foto yang tetap unik.

Pengguna tak perlu membeli kamera analog guna mendapatkan efek vintage, karena cukup melalui smartphone dan menggunakan Huji Cam tetap bisa merasakannya. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pengguna hanya memakai shooter yang tersedia di aplikasi, maka hasil foto akan seperti menggunakan kamera analog.

6. Dazz Cam

Terakhir, pengguna juga bisa menikmati Dazz Cam untuk menghasilkan gambar layaknya kamera analog. Dazz Cam sendiri memiliki banyak pilihan kamera yang bisa digunakan. Selain untuk memotret dengan kualitas analog, Dazz cam juga bisa digunakan untuk mengambil video seperti kamera recorder jadul.

Aplikasi ini tersedia dua pilihan kamera, yaitu versi yang gratis dan berbayar. Pastinya lebih banyak ragamnya fitur kamera yang didapatkan jika memilih berlangganan. Namun, versi gratis juga tidak kalah bagus dan tetap oke untuk digunakan.

Itulah rekomendasi aplikasi kamera analog yang bisa jadi referensi. Tak perlu membeli kamera analog untuk bisa menghasilkan gambar layaknya kamera analog. Lebih mudah dan irit, bukan?

Baca juga:  7 Aplikasi Perekam Suara Menjadi Teks Tercepat Dan Terakurat