7 Cara Mengatasi Error 0xc0000005 Paling Ampuh

Ketika menjalankan sebuah aplikasi dengan format exe terkadang akan muncul notifikasi error 0xc0000005. Hal ini biasanya disebabkan oleh file yang terkena virus, registry file corrupt, konfigurasi hardware dan beberapa hal lainnya. Namun pengguna tak perlu panik, dibawah ini ialah 7 cara mengatasi error 0xc0000005 paling ampuh yang dapat dicoba, sebagai berikut:

1. Memperbaiki File Registry

Sistem dapat mengalami kerusakan fatal apabila file registry rusak. Error ini juga dapat disebabkan oleh permasalahan tersebut. Pemulihan dapat dilakukan apabila pengguna memiliki cadangan file registry. Namun, apabila terjadi kesalahan saat memodifikasi file registry dapat berbahaya bagi sistem. Oleh karena itu, buatlah cadangan sebelum melakukan modifikasi.

Untuk memperbaiki file registry pertama-pertama tekan tombol Windows + R, selanjutnya ketik regedit. Pada menu HKEY_LOCAL_MACHINE klik SOFTWARE. Selanjutnya klik Windows NT di Microsoft. Pilih CurrentVersion lalu Windows. Tekan dua kali pada Applnit_DLLs, kemudian ganti value data menjadi 0. Klik OK dan tinggal lakukan restart PC.

2. Perbarui Disk Driver

Error ini dapat juga mungkin terjadi karena sistem telah memiliki driver terbaru. Sehingga, memperbarui driver juga dapat dipakai untuk mengatasi sebagian besar error di Windows. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui Disk Driver:

  • Buka Device Manager klik kanan di drive file sistem Windows yang diinstal pada Disk Drive;
  • Selanjutnya Search automatically for updated driver software dan sistem akan memproses pencarian driver;
  • Apabila driver tidak ditemukan unduh sendiri melalui situs resmi; dan
  • Untuk melakukan pembaruan browse my computer for software drivers.

3. Jalankan Perintah SFC /scannow

SFC atau disebut juga pemeriksaan file sistem dapat membantu perbaikan file sistem Windows yang menyebabkan error. Untuk menjalankannya buka CMD, klik kanan kemudian pilih Run as. Setelahnya, pilih administrator, lalu ketik sfc/scannow dan tekanlah enter. Apabila ada kesalahan pada sistem, SFC akan segera memberitahunya dan langsung melakukan perbaikan.

Baca juga:  Cara Membuka Blokiran Wifi dengan Mengubah Mac Address Tanpa Root

4. Gunakan Hardware Troubleshooter

Meski cara ini belum tentu berhasil, namun banyak yang mengatakan bahwa troubleshooter bisa mengatasi masalah error. Maka tidak ada salahnya mencoba. Yakni dengan langkah membuka Control Panel, lalu pilih Troubleshooting di  All Control Panel Items. Selanjutnya, klik Hardware and Devices di Hardware and Sound lalu ikuti proses hingga selesai.

5. Nonaktifkan DEP

DEP (Data Execution Prevention) berfungsi untuk memproteksi sistem dari kerusakan yang disebabkan oleh virus dan faktor lainnya. Meski begitu, tidak semua program Windows mampu menjalankan DEP sehingga dapat menyebabkan error 0xc0000005. Maka dari itu DEP perlu dimatikan, berikut adalah caranya:

  • Masuk ke Windows sebagai Administrator dan tekan Windows + R;
  • Ketik sdysdm.cpl, pilih Advanced kemudian settings;
  • Turn On DEP for all programs pada Data Execution Protection ;
  • Selanjutnya lakukan pencarian file .exe yang menyebabkan masalah dan tambahkan dengan tombol Add; dan
  • Mulai ulang PC.

6. Perbaiki BCD

Memperbaiki BCD (Boot Configuration Data) tujuannya untuk melakukan perbaikan pada file-file yang rusak. Berikut adalah cara untuk melakukan perbaikan otomatis. Pertama, buka CMD dan ketik bcdedit, lalu tekan enter. Apabila ada selain WINDOWS System32 Winload.efi di menu Boot Loader, lakukan penghapusan pada path lainnya.

7. CHKDSK Utility

Cara mengatasi error 0xc0000005 yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi Utility atau melalui sintak CMD untuk memindai hard drive. Karena hard drive yang rusak juga dapat menjadi salah satu penyebab error. Jika setelah pemindaian diketahui ada kerusakan hard drive, maka mau tidak mau, pengguna harus melakukan penggantian perangkat.

Demikianlah 7 cara mengatasi error 0xc0000005 dengan ampuh. Ada baiknya mencoba cara-cara di atas sebelum membawa ke tempat servis komputer apabila terjadi masalah ini. Namun bila terpaksa menyerviskan, maka baiknya pilih tempat servis yang terpercaya agar aman dan hasilnya tidak mengecewakan!

Baca juga:  Cara Membuat Pesan Otomatis di WA tanpa Aplikasi Pada WA Bisnis