Waspadalah, Begini Cara Licik Pencuri Saldo Pulsa Axis

Di era digital yang serba terhubung seperti sekarang ini, ponsel dan pulsa menjadi kebutuhan primer masyarakat. Seiring maraknya tindakan kriminal, aksi pencurian saldo pulsa pun turut mengintai. Salah satu target yang kerap menjadi sasaran adalah pengguna kartu AXIS. Berbagai modus pun digunakan oleh pelaku, salah satunya adalah membobol SMS banking dengan memanfaatkan kode kunci pulsa.

Harga Pulsa Axis di Indomaret dan Cara Membelinya - BebasBayarBlog ...
Image: blog.speedcash.co.id

Bila Anda pengguna setia AXIS, sebaiknya lebih waspada dengan trik-trik ini. Sebab, pelaku biasanya memanfaatkan celah keamanan yang ada di sistem perbankan dan telekomunikasi. Mereka akan mencoba mengakses akun SMS banking Anda dengan mencuri kode One Time Password (OTP) yang dikirim ke nomor ponsel Anda.

Berbagai Cara Kunci Pulsa AXIS Anda

Untuk menjaga keamanan saldo pulsa Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Aktifkan Kode Kunci Pulsa

Kode kunci pulsa, atau yang dikenal dengan Personal Identification Number (PIN) merupakan salah satu fitur keamanan yang dapat diaktifkan pada nomor AXIS Anda. PIN ini berfungsi sebagai kunci tambahan yang harus dimasukkan sebelum melakukan transaksi pulsa, seperti transfer atau pengisian. Untuk mengaktifkannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketik *123**# dan tekan tombol panggil.
  2. Ganti dengan 4 digit angka yang Anda inginkan.
  3. Untuk mengecek apakah PIN telah aktif, Anda dapat ketik *123*777*PIN#.

2. Nonaktifkan Fitur Transfer Pulsa

Dengan menonaktifkan fitur transfer pulsa, maka orang lain tidak dapat memindahkan saldo Anda ke nomor lainnya tanpa sepengetahuan Anda. Untuk menonaktifkannya, Anda dapat ketik SMS ke 117 dengan format: “MATIKAN TRANSFERPULSA”.

Cara Transfer Pulsa Kartu Axis
Image: carikartu.blogspot.com

3. Ganti Kartu SIM

Apabila Anda merasa kartu SIM Anda telah dibobol, segera ganti kartu SIM tersebut ke yang baru. Dengan mengganti kartu SIM, maka nomor handphone dan kode OTP Anda akan otomatis berubah sehingga pelaku tidak dapat mengakses akun SMS banking Anda kembali.

4. Laporkan ke Operator

Jika Anda mendapati saldo pulsa Anda berkurang atau adanya transaksi mencurigakan pada akun SMS banking, segera laporkan ke operator AXIS di nomor *123#. Pihak operator akan membantu memblokir kartu atau memberikan solusi atas masalah yang Anda alami.

Cara Kunci Pulsa Axis

Tips Tambahan untuk Menjaga Keamanan Saldo Pulsa

Selain mengaktifkan kode kunci pulsa dan menonaktifkan fitur transfer pulsa, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan saldo pulsa Anda, yaitu:

  • Hindari mengakses website atau tautan mencurigakan.
  • Tidak sembarangan memberikan data atau OTP kepada orang lain.
  • Rajin mengecek pulsa dan transaksi pada akun SMS banking Anda.
  • Gunakan aplikasi keamanan atau antivirus pada ponsel Anda.

Dengan mengikuti berbagai cara di atas, Anda dapat meminimalisir risiko pencurian saldo pulsa AXIS. Namun, tetap waspada dan berhati-hati dalam menggunakan perangkat komunikasi Anda. Ingat, keamanan saldo pulsa Anda berada di tangan Anda sendiri.


Baca juga:  Download J5 2024 Firmware – A Comprehensive Guide