Cisco Switch Vlan Id Default, Apa Itu?

Solved Change default gateway for one Vlan onl... Cisco Support
Solved Change default gateway for one Vlan onl… Cisco Support from supportforums.cisco.com

VLAN ID Default atau Virtual Local Area Network (VLAN) Default Identifier adalah label yang diterapkan pada trafik jaringan yang mengizinkan sistem yang berbeda untuk berbagi sumber daya dan berbagai layanan jaringan. VLAN ID Default digunakan oleh jaringan Cisco untuk mengidentifikasi komunikasi yang ditujukan untuk VLAN tertentu. Konsep ini ditemukan di jaringan berbasis Layer 2 dan juga diaplikasikan pada jaringan berbasis Layer 3, seperti jaringan IP. VLAN ID Default memungkinkan pengguna untuk membagi satu jaringan fisik dalam berbagai domain logis.

Mengapa Cisco Menggunakan VLAN ID Default?

VLAN ID Default digunakan oleh Cisco untuk mengidentifikasi paket jaringan tertentu yang dikirim ke VLAN yang berbeda. Hal ini memungkinkan jaringan untuk dengan mudah memilah lalu lintas jaringan berdasarkan tujuan jaringan. Sehingga, jika sebuah paket dikirim ke VLAN yang salah, router atau switch akan menolak paket tersebut. VLAN juga memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi jaringan secara terpisah. Dengan demikian, satu jaringan fisik dapat dibagi menjadi berbagai VLAN yang berbeda. Dengan begitu, setiap VLAN akan punya hak akses yang berbeda.

Apa Itu VLAN ID Default?

VLAN ID Default adalah label yang diterapkan oleh Cisco untuk mengidentifikasi jenis trafik jaringan yang dikirim ke VLAN yang berbeda. VLAN ID Default bervariasi tergantung pada jenis paket jaringan yang dikirimkan. Misalnya, VLAN ID Default untuk paket jaringan IP dapat berupa nomor antara 0 hingga 4095. VLAN ID Default untuk jenis lainnya mungkin berbeda.

Bagaimana Cara Menetapkan VLAN ID Default?

Untuk menetapkan VLAN ID Default, pengguna harus masuk ke dalam router atau switch Cisco yang akan dikonfigurasi. Kemudian, pergi ke bagian konfigurasi VLAN dan masukkan VLAN ID Default yang diinginkan. Setelah itu, Anda dapat menetapkan hak akses bagi setiap VLAN yang ditentukan. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan konfigurasi dan keluar dari router atau switch.

Baca juga:  Dalam Proses Pengembangan Desain Setelah Ide Diperoleh Tahap Selanjutnya Adalah

Apa Manfaat Menggunakan VLAN ID Default?

VLAN ID Default memungkinkan pengguna untuk memisahkan lalu lintas jaringan berdasarkan tujuan jaringan. Hal ini membantu untuk membuat jaringan lebih aman dan membatasi akses ke jaringan. Selain itu, VLAN ID Default juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membagi satu jaringan fisik menjadi berbagai domain logis. Ini membantu untuk meningkatkan kinerja jaringan dan membuatnya lebih mudah untuk dikelola.

Bagaimana Cara Mengubah VLAN ID Default?

Untuk mengubah VLAN ID Default, pengguna harus masuk ke dalam router atau switch Cisco yang akan dikonfigurasi. Kemudian, pergi ke bagian konfigurasi VLAN dan masukkan VLAN ID Default yang diinginkan. Setelah itu, Anda dapat mengubah hak akses bagi setiap VLAN yang ditentukan. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan konfigurasi dan keluar dari router atau switch. Anda juga bisa menghapus VLAN ID Default yang tidak diperlukan atau mengubah VLAN ID Default yang sudah ada.

Apa Kebutuhan Sistem untuk Menggunakan VLAN ID Default?

Untuk menggunakan VLAN ID Default, pengguna harus memiliki jaringan Cisco yang tepat. VLAN ID Default hanya dapat diterapkan pada jaringan berbasis Layer 2 dan Layer 3. Jika jaringan pengguna tidak mendukung VLAN ID Default, maka pengguna harus mengupgrade jaringan mereka untuk dapat menggunakan fitur ini. Selain itu, pengguna juga harus memiliki akses ke konfigurasi jaringan untuk dapat membuat dan mengubah VLAN ID Default.

Kesimpulan

VLAN ID Default adalah label yang diterapkan oleh Cisco untuk mengidentifikasi trafik jaringan yang ditujukan pada VLAN yang berbeda. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memisahkan lalu lintas jaringan berdasarkan tujuan jaringan. VLAN ID Default juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membagi satu jaringan fisik menjadi berbagai domain logis. Untuk dapat menggunakan VLAN ID Default, pengguna harus memiliki jaringan Cisco yang tepat dan memiliki akses ke konfigurasi jaringan.

Baca juga:  Kantong Besar Dari Goni Yang Kasar