Tangga Nada Diatonis Dibagi Menjadi Dua Yaitu

Tangga nada diatonis terdiri dari dua jenis yaitu tangga nada
Tangga nada diatonis terdiri dari dua jenis yaitu tangga nada from toptenid.com

Pendahuluan

Perkembangan musik di Indonesia semakin pesat dengan adanya banyak genre yang bermunculan. Salah satu yang menjadi dasar dalam pembuatan musik adalah tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis sendiri dibagi menjadi dua yaitu…

Tangga Nada Diatonis Mayor

Tangga nada diatonis mayor adalah salah satu jenis tangga nada diatonis yang paling sering digunakan dalam pembuatan lagu. Tangga nada ini terdiri dari 7 nada yang diurutkan dengan interval nada yang berbeda-beda. Nada-nada tersebut adalah…

1. Do

Nada pertama dalam tangga nada diatonis mayor adalah Do. Nada ini merupakan dasar dari tangga nada dan menjadi acuan dalam pembuatan lagu.

2. Re

Nada kedua dalam tangga nada diatonis mayor adalah Re. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Do.

3. Mi

Nada ketiga dalam tangga nada diatonis mayor adalah Mi. Nada ini juga memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Do dan Re.

4. Fa

Nada keempat dalam tangga nada diatonis mayor adalah Fa. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Mi.

5. Sol

Nada kelima dalam tangga nada diatonis mayor adalah Sol. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Fa.

6. La

Nada keenam dalam tangga nada diatonis mayor adalah La. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Sol.

7. Ti

Nada ketujuh dalam tangga nada diatonis mayor adalah Ti. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada La.

Tangga Nada Diatonis Minor

Selain tangga nada diatonis mayor, ada juga tangga nada diatonis minor yang sering digunakan dalam pembuatan lagu. Tangga nada ini memiliki perbedaan dalam interval nada dengan tangga nada diatonis mayor. Nada-nada dalam tangga nada diatonis minor adalah…

Baca juga:  Barang Yang Terbuat Dari Karet

1. La

Nada pertama dalam tangga nada diatonis minor adalah La. Nada ini menjadi dasar dalam pembuatan lagu dengan tangga nada diatonis minor.

2. Si Bemol

Nada kedua dalam tangga nada diatonis minor adalah Si Bemol. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada La.

3. Do

Nada ketiga dalam tangga nada diatonis minor adalah Do. Nada ini juga memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Si Bemol dan La.

4. Re Bemol

Nada keempat dalam tangga nada diatonis minor adalah Re Bemol. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Do, Si Bemol, dan La.

5. Mi Bemol

Nada kelima dalam tangga nada diatonis minor adalah Mi Bemol. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Re Bemol, Do, Si Bemol, dan La.

6. Fa

Nada keenam dalam tangga nada diatonis minor adalah Fa. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Mi Bemol, Re Bemol, Do, Si Bemol, dan La.

7. Sol

Nada ketujuh dalam tangga nada diatonis minor adalah Sol. Nada ini memiliki interval nada yang berbeda dengan nada Fa, Mi Bemol, Re Bemol, Do, Si Bemol, dan La.

Kesimpulan

Dengan mengetahui tangga nada diatonis mayor dan minor, para musisi dapat membuat lagu dengan variasi nada yang lebih kaya. Kedua jenis tangga nada tersebut memiliki perbedaan dalam interval nada sehingga dapat memberikan nuansa yang berbeda dalam lagu yang dibuat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para musisi dan pecinta musik di Indonesia.