Sistem Penulisan Lagu Yang Menggunakan Simbol Angka-Angka Disebut

Sistem Penulisan Lagu Dengan Menggunakan Simbol Angka Angka Disebut
Sistem Penulisan Lagu Dengan Menggunakan Simbol Angka Angka Disebut from rcfamily.info

Pendahuluan

Sistem penulisan lagu yang menggunakan simbol angka-angka disebut dengan notasi angka. Notasi angka merupakan salah satu cara penulisan lagu yang cukup populer di Indonesia. Notasi angka sangat berguna bagi para musisi yang ingin membuat lagu dengan cepat dan mudah. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang sistem penulisan lagu yang menggunakan notasi angka.

Apa Itu Notasi Angka?

Notasi angka adalah sistem penulisan lagu yang menggunakan angka-angka sebagai pengganti nada. Dalam notasi angka, setiap angka mewakili sebuah nada. Angka 1 mewakili nada do, angka 2 mewakili nada re, dan seterusnya. Dengan menggunakan notasi angka, seorang musisi dapat menulis sebuah lagu dengan cepat dan mudah tanpa harus mengerti not balok.

Kelebihan Notasi Angka

Notasi angka memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan not balok. Pertama, notasi angka sangat mudah dipelajari dan dipahami. Kedua, notasi angka memungkinkan seorang musisi untuk membuat lagu dengan cepat dan mudah. Ketiga, notasi angka dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus mengerti not balok.

Cara Membaca Notasi Angka

Untuk membaca notasi angka, kita harus memahami arti dari setiap angka. Misalnya, angka 1 mewakili nada do, angka 2 mewakili nada re, dan seterusnya. Selain itu, notasi angka juga menggunakan tanda kurung dan titik untuk menunjukkan durasi dari setiap nada.

Cara Menulis Lagu dengan Notasi Angka

Untuk menulis lagu dengan notasi angka, kita harus memahami arti dari setiap angka dan durasi dari setiap nada. Kemudian, kita dapat menuliskan urutan angka-angka tersebut untuk membentuk lagu. Kita juga dapat menambahkan lirik pada setiap baris notasi angka untuk membuat lagu lebih lengkap.

Contoh Lagu dengan Notasi Angka

Berikut adalah contoh lagu dengan notasi angka: 1 1 5 5 6 6 5 4 4 3 3 2 2 1 5 5 4 4 3 3 2 5 5 4 4 3 3 2 1 1 5 5 6 6 5 4 4 3 3 2 2 1 5 5 4 4 3 3 2 5 5 4 4 3 3 2 1

Baca juga:  Inilah 10 Contoh Lagu Waltz Terbaru Yang Cocok Untuk Menari

Kelemahan Notasi Angka

Notasi angka memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan not balok. Pertama, notasi angka tidak dapat menunjukkan nuansa dan ekspresi dari sebuah lagu. Kedua, notasi angka tidak dapat menunjukkan ketinggian dan durasi dari sebuah nada dengan presisi yang cukup. Ketiga, notasi angka tidak dapat digunakan oleh para musisi profesional yang memerlukan notasi yang lebih kompleks.

Kesimpulan

Notasi angka adalah sistem penulisan lagu yang menggunakan angka-angka sebagai pengganti nada. Notasi angka memiliki beberapa kelebihan seperti mudah dipelajari dan memungkinkan seorang musisi untuk membuat lagu dengan cepat dan mudah. Namun, notasi angka juga memiliki beberapa kelemahan seperti tidak dapat menunjukkan nuansa dan ekspresi dari sebuah lagu. Meskipun begitu, notasi angka tetap menjadi pilihan yang populer bagi para musisi di Indonesia.