Setting Windows 10 Tidak Bisa Dibuka_ Lakukan Cara Ini!

Masalah Setting Windows 10 tidak bisa dibuka biasanya terjadi karena beberapa hal seperti akibat kegagalan sistem. Padahal Setting merupakan bagian yang penting dan sering digunakan dalam aktivitas harian. Terlebih walaupun mempunyai fungsi yang sama dengan control panel, Setting memiliki tampilan yang sudah disesuaikan dan ramah pengguna.

Karenanya, mengatur berbagai hal mulai dari wallpaper sampai pengaturan bahasa, akan sulit ketika Setting mengalami error. Sehingga, pengguna harus bergerak cepat dalam mendiagnosis penyebabnya agar masalahnya teratasi secara tepat. Yakni dengan melakukan sejumlah hal yang diterangkan di bawah ini:

1. Bersihkan Sampah Sistem dengan Disk Cleanup Atau Software Pembersih

Terdapat sistem pembersih bawaan pada Windows yang khusus dibuat untuk membersihkan cache atau sampah yang dibuat oleh sistem. Sistem ini bisa diakses secara gratis dan tanpa perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu, karena sudah terpasang secara bawaan.

Error ketika membuka Setting bisa terjadi karena terlalu banyak cache yang menyebabkan terjadinya bug. Cache yang terlalu banyak memang akan membuat kinerja komputer menjadi lambat, karena berperan sebagai file sampah yang tidak berguna dan hanya memberati. Maka dari itu perlu dilakukan pembersihan rutin pada file cache ini agar kinerja perangkat stabil.

Untuk menghapus cache dengan menggunakan Disk Cleanup juga sangat mudah. Setelah berhasil membuka menu Disk Cleanup akan ada pilihan untuk menghapus beberapa file. Maka pilihlah semua file untuk membersihkan cache secara optimal. Dengan begitu komputer akan lebih ringan ketika dijalankan.

Selain menggunakan Disk Cleanup ada juga software pembersih eksternal, yang bisa digunakan setelah mengunduhnya dari internet. Aplikasi ini bernama CCleaner yang memang sudah sering digunakan sebagai alat pembantu dalam membersihkan cache. Proses pembersihan yang dilakukan CCleaner katanya lebih baik daripada pembersih cache lain.

Baca juga:  Unlock the Power – A Comprehensive Guide to Restarting Samsung A5 2024 Made Easy

2. Pindai SFC atau System File Checker

Pemindaian pada SFC dilakukan untuk melakukan pengecekan terhadap sistem error yang terjadi pada komputer atau laptop. Setelah melakukan pemindaian, biasanya SFC akan memperbaiki sistem jika memang terjadi error. Proses pemindaian pada SFC dilakukan dengan menggunakan fitur Command Prompt.

Proses pemindaian SFC biasanya tidak memerlukan waktu yang lama, hanya perlu menunggu beberapa detik SFC akan melakukan proses pemindaian dan perbaikan. Pada proses ini pengguna disarankan untuk tidak mematikan layar komputer, karena akan menghentikan proses pemindaian yang sedang berlangsung.

3. Gunakan Perintah PowerShell

Selain menggunakan SFC yang terdapat di CMD, cara mengatasi setting Windows 10 tidak bisa dibuka bisa dengan PowerShell. Hampir mempunyai cara kerja sama dengan CMD, PowerShell adalah layanan shell command-line bawaan dari Windows. Di dalamnya ada banyak perintah yang bisa digunakan oleh pengguna untuk memperbaiki error sistem, terutama yang menjadi penyebab Setting tidak bisa dibuka pada Windows 10.

4. Buat User Baru

Membuat akun baru bisa disamakan dengan melakukan reset pada pengaturan sistem Windows. Dengan membuat akun baru semua settingan akan kembali ke awal dan masalah Setting yang tidak bisa dibuka kemungkinan bisa diatasi. Pembuatan akun baru juga disarankan untuk mengatasi berbagai masalah sistem yang lainnya.

5. Instal Ulang Windows

Instal ulang adalah cara terakhir yang bisa dilakukan jika berbagai cara di atas masih tidak bisa mengatasi masalah Setting ini. Dengan melakukan instal ulang, dapat dipastikan bukan hanya permasalahan pada Setting, semua error lain juga akan teratasi. Namun instal ulang hanya akan memperbaiki sistem yang rusa, dan tidak bisa untuk perbaikan hardware.

Baca juga:  Cara Membuat Pesan Otomatis di Telegram dan Menghapusnya

Memang ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengatur berbagai pengaturan dalam Windows, contohnya melalui Control Panel. Namun kebanyakan orang akan merasa tidak nyaman jika tidak menggunakan Setting. Karena tampilan Setting yang lebih mudah digunakan dan diingat.

Demikianlah cara mengatasi Setting Windows 10 tidak bisa dibuka secara mudah. Rekomendasi di atas bisa dilakukan untuk memperbaiki bug yang terjadi pada sistem Setting. Jadi, pastikan untuk menjalankan instruksinya secara hati-hati agar hasilnya optimal!