Orang Yang Membuat Gambar Komik Disebut Apa?

Orang Yang Membuat Gambar Komik Disebut Masronie
Orang Yang Membuat Gambar Komik Disebut Masronie from www.masronie.com

Mengetahui Istilah yang Tepat dalam Dunia Komik

Jika Anda adalah penggemar komik, tentu sudah tidak asing lagi dengan orang-orang yang membuat gambar komik. Tapi, tahukah Anda bahwa ada istilah khusus untuk menyebut orang yang melakukan pekerjaan ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mangaka

Istilah pertama yang paling sering digunakan untuk menyebut orang yang membuat gambar komik adalah mangaka. Istilah ini berasal dari Jepang, yang merupakan negara asal manga atau komik Jepang. Mangaka adalah sebutan untuk orang yang memproduksi manga, baik itu dalam bentuk serial di majalah atau buku tankobon.

2. Cartoonist

Istilah selanjutnya adalah cartoonist. Istilah ini lebih umum digunakan di Amerika Serikat dan Eropa. Cartoonist mengacu pada orang yang membuat gambar komik, kartun, atau strip komik untuk surat kabar atau majalah.

3. Komikus

Istilah ketiga adalah komikus. Istilah ini lebih banyak digunakan di Indonesia dan negara-negara lain yang menerjemahkan manga dari Jepang. Komikus adalah sebutan untuk orang yang membuat komik, baik itu dalam bentuk strip komik atau buku komik.

4. Manhwa Artist

Istilah keempat adalah manhwa artist. Istilah ini berasal dari Korea Selatan, yang merupakan negara asal manhwa atau komik Korea. Manhwa artist adalah sebutan untuk orang yang memproduksi manhwa, baik itu dalam bentuk serial di majalah atau buku.

5. Bande Dessinée Artist

Istilah terakhir adalah bande dessinée artist. Istilah ini berasal dari Prancis, yang merupakan negara asal bande dessinée atau komik Prancis. Bande dessinée artist adalah sebutan untuk orang yang membuat bande dessinée, baik itu dalam bentuk serial di majalah atau buku.

Menjadi Orang yang Membuat Gambar Komik

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi orang yang membuat gambar komik, berikut adalah beberapa tips untuk memulai karir di dunia komik.

Baca juga:  Berikut Yang Bukan Merupakan Prinsip Dasar Dalam Pembuatan Poster Adalah

1. Pelajari Dasar-dasar Menggambar

Sebelum memulai membuat komik, pastikan Anda sudah memahami dasar-dasar menggambar. Pelajari perspektif, proporsi tubuh manusia, dan teknik dasar menggambar lainnya.

2. Pelajari Cara Menceritakan Cerita

Membuat komik bukan hanya tentang menggambar gambar yang bagus, tetapi juga tentang menceritakan cerita yang menarik. Pelajari cara membangun plot, karakter, dan dialog yang baik.

3. Pelajari Cara Menggunakan Alat Desain

Untuk membuat komik secara digital, pastikan Anda memahami cara menggunakan alat desain seperti Photoshop atau Clip Studio Paint.

4. Buatlah Portfolio

Buatlah portfolio yang menunjukkan karya terbaik Anda dalam membuat komik. Portfolio ini akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan di dunia komik.

5. Terus Berkembang dan Belajar

Dunia komik terus berkembang dan berubah. Pastikan Anda terus belajar dan mengikuti tren terbaru dalam dunia komik untuk tetap relevan.

Kesimpulan

Orang yang membuat gambar komik memiliki beberapa istilah yang berbeda di seluruh dunia. Istilah yang paling sering digunakan adalah mangaka, cartoonist, komikus, manhwa artist, dan bande dessinée artist. Bagi Anda yang tertarik menjadi orang yang membuat gambar komik, ingatlah untuk mempelajari dasar-dasar menggambar, cara menceritakan cerita, cara menggunakan alat desain, membuat portfolio, dan terus belajar dan berkembang.