Mudahkan Pekerjaan, Aplikasi untuk Membuat Flowchart Ini Patut Dicoba

Di zaman yang semakin canggih ini semua aspek kehidupan menuntut kita untuk mengerjakan segala sesuatu dengan cara yang canggih pula. Contohnya dalam tugas ataupun pekerjaan, untuk mempermudah pekerjaan maka digunakanlah flowchart sebagai alat mempresentasikan data. Tidak perlu risau, 7 aplikasi untuk membuat flowchart ini bisa membantu mendesain flowchart yang menarik:

1. Gitmind

Rekomendasi aplikasi yang pertama adalah Gitmind. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam pilihan model flowchart untuk digunakan secara gratis. Tampilan aplikasi ini juga sangat simpel sehingga mudah dipelajari dan ramah pengguna. Bahkan pengguna pemula bisa menggunakan Gitmind dengan mudah. Hanya saja aplikasi ini hanya bisa digunakan secara daring.

2. Microsoft Visio

Aplikasi untuk membuat flowchart yang kedua adalah Microsoft Visio. Aplikasi ini menyediakan banyak template flowchart untuk digunakan oleh pengguna. Pengguna juga bisa mengedit flowchart sesuai dengan kebutuhan. Menariknya flowchart yang dibuat di Microsoft Visio bisa langsung diedit secara daring oleh rekan tim yang sama-sama menggunakan Microsoft Visio dan terhubung ke jaringan.

3. Pencil             

Yang ketiga adalah Pencil. Aplikasi ini dapat dijalankan meskipun pengguna tidak terhubung pada jaringan. Meskipun Pencil pada dasarnya adalah sebuah aplikasi GUI untuk membuat Mockup aplikasi ini tetap bisa membantu pengguna untuk membuat flowchart yang bagus. Hanya saja karena aplikasi ini ditujukan untuk pengguna profesional, aplikasi ini membutuhkan waktu lebih untuk dipelajari.

4. Dia Diagram Editor

Yang selanjutnya adalah Dia Diagram Editor. Aplikasi ini bisa digunakan secara offline dan pengguna tidak dipungut biaya apapun. Dia Diagram Editor mempunyai tampilan yang tidak rumit dan mudah dipahami. Pengguna pemula bisa memulai membuat flowchart dengan mudah. Hanya saja aplikasi ini tidak menyediakan template flowchart sehingga pengguna harus membuat desainnya sendiri.

Baca juga:  Aplikasi Edit Foto Background Merah Seperti Pas Foto Asli

5. yEd Graph Editor

Yang kelima adalah yEd Graph Editor. Pengguna bisa menggunakan bermacam-macam template flowchart yang disediakan yEd Graph Editor. Atau jika pengguna ingin mengekspresikan diri sendiri pengguna juga bisa mendesain sendiri flowchartnya dari awal. Pengguna bisa mendesain flowchart sedemikian rupa dan menyimpannya dalam berbagai format file sesuai dengan kebutuhan

6. Edraw Mind Map

Berikutnya adalah Edraw Mind Map yang juga bisa memfasilitasi pembuatan flowchart untuk tugas sekolah atau kantor. Edraw Mind Map menyediakan banyak template dan model flowchart yang bisa digunakan. Pengguna tinggal memasukkan materi dan melakukan pengeditan sesuai dengan kebutuhannya. Namun yang sangat disayangkan untuk pengguna gratis akan terdapat watermark pada hasil pekerjaannya.

7. Google Drive Google Draw

Selanjutnya adalah Google Draw yang terdapat pada Google Drive. Google Drive memang banyak sekali menyediakan Apps, salah satunya adalah Google Draw. Pengguna bisa bebas membuat Flowchart melalui Google Draw secara gratis. Namun Google Draw tidak menyediakan template desain flowchart sehingga pengguna harus membuat flowchart dari awal.

8. Diagram Ring

Yang terakhir adalah aplikasi Diagram Ring. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendesain flowchart sendiri. Meskipun Diagram Ring tidak menyediakan template untuk digunakan tapi pengguna bisa menggunakan shapes yang disediakan oleh diagram ring dan menggabungkannya. Diagram Ring juga mempunyai ukuran instalan yang sangat kecil sehingga tidak akan mempengaruhi kinerja PC.

Dengan menggunakan flowchart, poin-poin yang akan disampaikan menjadi lebih bagus, rapi, dan menarik. Flowchart bisa membantu pengerjaan tugas sekolah, kuliah, maupun pekerjaan kantor. Dari 7 Aplikasi untuk membuat flowchart di atas pasti ada beberapa yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihan aplikasi di atas dapat disesuaikan pula dengan tingkat kemahiran sebagai pengguna pemula ataukah sebagai pengguna profesional.

Baca juga:  Inilah Aplikasi Editor Video PC Tanpa Watermark yang Wajib Dicoba Content Creator!