Mengenal Cara Membuka Chat WhatsApp yang Terkunci Paling Mudah

Selain menyediakan fitur chatting yang beragam, pengguna juga tak perlu khawatir dengan keamanan privasi aplikasi WhatsApp. Pasalnya para pengguna WhatsApp dapat mengaktifkan fitur lock atau kunci. Sehingga tidak sembarang orang bisa membukanya. Namun, bagaimana jika pengguna lupa dengan password? Tak perlu khawatir karena terdapat cara membuka chat WhatsApp yang terkunci yang mudah dijalankan.

Fitur Kunci WhatsApp

Setiap orang pasti memiliki batasan privasinya tersendiri. Meskipun kepada sahabat maupun keluarga terdekat tetap selalu ada ranah yang tak bisa dilewati. Salah satu hal privasi adalah ponsel pribadi terutama history komunikasi pemiliknya. Namun, beberapa orang menganggap sepele hal ini dan tidak peduli, tentu ini sangat menjengkelkan sebagian orang.

Baiknya, para pengguna aplikasi WhatsApp kini tak perlu khawatir. Telah tersedia fitur kunci yang dapat membatasi siapa saja yang bisa mengakses WhatsApp pengguna. Selain itu, kunci juga dapat menggunakan sandi, pola, maupun sidik jari. Dengan begitu kemanan privasi penggunanya akan sangat terjaga.

Cara mengaktifkan fitur ini sendiri cukup mudah, pertama pastikan WhatsApp sudah merupakan versi terbaru. Buka menu settings di WhatsApp, klik account selanjutnya pilih privacy. Pilih fingerprint apabila ingin menggunakan lock sidik jari, aktifkan unlock with fingerprint dan set up. Pilih alternatif membuka kunci dengan sandi atau pola.

Selain dengan mengaturnya langsung di settings aplikasi WhatsApp, pengguna juga dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Seperti misalnya aplikasi AppLock dan LOCKit yang sangat mudah ditemukan dan diunduh di Google Play Store masing-masing.

Cara Membuka Chat WhatsApp Yang Terkunci

Setelah memahami mengenai fitur kunci di atas, maka kini langsung ke inti pembahasan. Yakni cara membuka kuncinya apabila pengungga lupa dengan kata sandi, sebagai berikut:

Baca juga:  Cara Membuat Animation di Power Point Mudah dan Simpel

1. Melalui Pengaturan Ponsel

Cara membuka chat WhatsApp yang terkunci yang pertama ialah melalui pengaturan ponsel. Ini merupakan cara awal yang dapat dicoba apabila mengalami lupa password, yaitu dengan mengikuti instruksi yang dijelaskan di bawah ini:

  • Langkah pertama buka menu settings di smartphone;
  • Klik Apps lalu lanjutkan langkah dengan memilih opsi AppLock;
  • Agar dapat membuka chat, pilih Force Stop tujuannya untuk menyalakan aplikasi sementara waktu; dan
  • Bila muncul notifikasi “If you force stop an app” segera klik tombol Force Stop.

2. Lewat WhatsApp Zendesks

Cara lainnya yaitu dengan membuka laman resmi WhatsApp, sayangnya ini tidak berlaku bagi WhatsApp verifikasi dua langkah. Masuk ke halaman WhatsApp Zendesks, masukan email pengguna yang terhubung dengan WhatsApp. Pengguna akan mendapat email yang berisi tautan untuk melakukan reset password. Lakukan login ke aplikasi WhatsApp dengan password yang baru dibuat.

3. Membuka Pola WhatsApp Di OS Android Lawas

Bagi pengguna android keluaran lawas dapat menggunakan cara ini untuk membuka WhatsApp yang terkunci. Coba untuk terus memasukkan sandi meskipun salah hingga muncul notifikasi Forgot Password atau sejenisnya. Selanjutnya masukan email yang terhubung dengan WhatsApp, tunggu balasan email yang berisi link untuk reset password dan atur pola baru.

4. Membuka WhatsApp Yang Lupa PIN Verifikasi

WhatsApp juga menyediakan fitur autentifikasi dua faktor. Melalui fitur ini biasanya pengguna diberikan PIN yang dapat digunakan saat autentifikasi tidak bisa dibuka. Tapi terkadang PIN ini juga terlupakan pengguna. Cara mengatasinya, pertama hapus atau uninstall WhatsApp lalu install ulang. Lakukan login dan bila diminta PIN verifikasi klik Lupa PIN.

Sama seperti cara sebelumnya, pengguna akan diminta memasukkan email yang terhubung dengan WhatsApp. Selanjutnya adalah menunggu balasan email berupa tautan untuk ganti PIN. Jika sudah maka tinggal lakukan pembukaan akses seperti biasanya.

Baca juga:  Mengenal dan Cara Menggunakan Remote Desktop Windows 10 Paling Mudah

5. Dengan Menonaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Dapat dikatakan ini adalah langkah terakhir yang dapat dicoba dari cara membuka chat WhatsApp yang terkunci, yaitu mematikan verifikasi dua langkah. Ketika pengguna lupa dengan PIN atau password dapat menonaktifkan sebentar fitur ini. Setelah mengetahui sandi dengan mengunjungi situs WhatsApp Zendesks pengguna dapat kembali mengaktifkannya.

Itulah beberapa cara membuka chat WhatsApp yang terkunci. Ada baiknya untuk membuat catatan tersembunyi guna menghindari hal ini, seperti menulisnya di tempat rahasia atau sebagainya. Selain itu, ganti sandi atau pola secara berkala untuk tetap menjaga keamanan.