Majas Asosiasi Contoh

Pengertian Majas Asosiasi

Majas asosiasi adalah majas yang menggambarkan suatu objek atau benda dengan objek atau benda lain yang memiliki kesamaan atau perbandingan. Dalam majas ini, terdapat hubungan antara objek atau benda yang dibandingkan dengan objek atau benda yang menjadi perbandingan.

Contoh-contoh Majas Asosiasi

1. Seperti Kacang Lupa Kulitnya

Majas ini menggambarkan seseorang yang lupa akan budi baik orang lain yang pernah membantunya. Seperti kacang lupa kulitnya yang hanya mengingat isi kacangnya saja dan melupakan kulitnya yang telah melindungi isi kacang tersebut.

2. Seperti Cacing Kepanasan

Majas ini menggambarkan seseorang yang merasa sangat tidak nyaman dan gelisah, seperti cacing yang merayap di atas tanah yang sangat panas dan tidak nyaman.

3. Seperti Air di Daun Keladi

Majas ini menggambarkan seseorang yang berpikir sangat sederhana dan tidak memiliki gagasan yang luas. Seperti air di daun keladi yang hanya berada dalam lingkup yang sangat terbatas.

4. Seperti Burung Hantu

Majas ini menggambarkan seseorang yang suka bersikap misterius dan tidak terbuka kepada orang lain. Seperti burung hantu yang selalu bersembunyi di tempat yang gelap dan hanya aktif di malam hari.

5. Seperti Ikan Hiu

Majas ini menggambarkan seseorang yang sangat rakus dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Seperti ikan hiu yang selalu mencari mangsa dan tidak pernah merasa kenyang.

Tips Menggunakan Majas Asosiasi

1. Pilih objek atau benda yang memiliki kesamaan atau perbandingan dengan objek atau benda yang akan dibandingkan. 2. Gunakan majas asosiasi dengan tepat dan sesuai dengan konteks tulisan. 3. Jangan terlalu banyak menggunakan majas asosiasi dalam satu tulisan, karena dapat membuat tulisan menjadi sulit dipahami.

Baca juga:  Majas Yang Digunakan Dalam Puisi Tersebut Adalah

Ulasan tentang Majas Asosiasi

Majas asosiasi merupakan salah satu jenis majas yang sering digunakan dalam sastra. Penggunaan majas ini dapat membuat tulisan menjadi lebih hidup dan menarik. Namun, penggunaan majas asosiasi yang berlebihan dapat membuat tulisan menjadi sulit dipahami oleh pembaca.

Cara Membuat Majas Asosiasi

Untuk membuat majas asosiasi, pertama-tama pilihlah objek atau benda yang ingin dibandingkan dengan objek atau benda lain yang memiliki kesamaan atau perbandingan. Kemudian, gunakanlah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan hubungan antara kedua objek atau benda tersebut.

Inilah Manfaat Menggunakan Majas Asosiasi

Menggunakan majas asosiasi dapat membuat tulisan menjadi lebih hidup dan menarik. Selain itu, penggunaan majas ini juga dapat memudahkan pembaca dalam memahami maksud dari tulisan tersebut. Majas asosiasi juga dapat membuat tulisan lebih mudah diingat oleh pembaca karena adanya hubungan yang dijalin antara kedua objek atau benda yang dibandingkan.

Majas Asosiasi yang Viral di Tahun 2023

Majas asosiasi yang sedang viral di tahun 2023 adalah “Seperti Serigala dalam Bulan Purnama”. Majas ini menggambarkan seseorang yang sangat kuat dan berani, seperti serigala yang berlari bebas di bawah cahaya bulan purnama yang indah.

Kesimpulan

Majas asosiasi merupakan salah satu jenis majas yang sering digunakan dalam sastra. Penggunaan majas ini dapat membuat tulisan menjadi lebih hidup dan menarik, namun harus digunakan dengan tepat dan sesuai dengan konteks tulisan. Pilihlah objek atau benda yang memiliki kesamaan atau perbandingan dengan objek atau benda yang akan dibandingkan, dan gunakanlah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan hubungan antara kedua objek atau benda tersebut.