Inilah Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca yang Mudah Dilakukan

Memory Card atau kartu memori biasa digunakan para pengguna smartphone untuk menyimpan data-data penting yang dimilikinya berupa file, foto, video dan lainnya. Para pengguna kartu memori juga tidak jarang mengalami masalah seperti memory card tidak bisa terbaca. Saat ini ada berbagai cara mengatasi memory card tidak terbaca bagi para pengguna.

Jadi, untuk para pengguna memory card yang mengalami masalah tersebut tentu tidak perlu khawatir. Hal ini karena, diera saat ini tentu banyak solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Bersihkan Memory Card

Langkah pertama yang paling mudah adalah dengan membersihkan memory card. Khususnya pada bagian lempengan tembaga kuningnya. Biasanya terdapat kotoran yang tersumbat di pada bagian lempengan tersebut.

Jadi, smartphone tidak dapat membaca memory card tersebut. Cara membersihkannya cukup mudah yaitu dengan mengeluarkan memory card lalu mengusapnya menggunakan kapas atau kain tipis yang halus. Setelah itu, masukkan kembali memory card tersebut dan cek kembali hasilnya.

2. Pasang Memory Card pada Perangkat Lain

Apabila smartphone para pengguna tidak dapat mendeteksi adanya memory card, maka cobalah untuk menggunakan smartphone atau perangkat lain. Perangkat lain yang dimaksud disini misalnya komputer atau laptop yaitu berupa PC (personal computer). Hal ini karena, bisa saja ada kesalahan atau error pada smartphone para pengguna.

Caranya begitu mudah yaitu menggunakan card reader yang dihubungkan pada PC. Tujuannya agar file yang terdapat dalam memory card tersebut tidak terformat. Apabila para pengguna sedang beruntung, maka PC tersebut dapat membaca memory card tersebut yang tidak terbaca pada smartphone.

3. Menggunakan Software Khusus

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pendukung untuk mendeteksi memory card yang tidak terbaca. Ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan seperti MiniTool Partition Wizard dan Diskinternals Uneraser. Kedua aplikasi tersebut dapat digunakan melalui perangkat komputer atau laptop para pengguna.

Baca juga:  Cara Membuka Blokir di Fb dengan Mudah dan Simple

Cara menggunakan dua aplikasi di atas bisa dibilang cukup mudah, karena keduanya memang dirancang untuk mengatasi permasalahan semacam ini. Para pengguna cukup download dan install aplikasi tersebut dan ikuti langkah-langkah yang ada pada aplikasi tersebut. Kemudian periksa kembali melalui smartphone.

4. Format Memory Card Melalui Smartphone

Cara mengatasi memory card tidak terbaca selanjutnya adalah dengan memformat kartu memori tersebut melalui smartphone para pengguna. Hanya saja, dengan cara ini para pengguna akan kehilangan data dan file yang ada pada memory card tersebut. Hal ini karena, dengan memformat memory card, maka memory card tersebut akan menjadi seperti baru lagi.

Cara memformat memory card ini cukup mudah melalui pengaturan yang ada pada smartphone para pengguna. Setiap smartphone memiliki fitur dan cara sendiri untuk memformat memory card tersebut. Jadi, para pengguna dapat menggunakan kembali memory card meskipun data yang ada didalamnya sudah tidak ada.

5. Format Memory Card Melalui PC

Jika memformat melalui smartphone masih gagal, maka cara yang terakhir untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memformat melalui PC. Sama seperti cara sebelumnya, cara ini dapat membuat para pengguna kehilangan seluruh data dan file yang ada di dalam memory card. Jadi, sebaiknya pertimbangkan baik-baik.

Cara memformat melalui PC yaitu dengan menghubungkan memory card tersebut ke laptop atau komputer dan biasanya akan terdeteksi melalui perangkat tersebut. Jika sudah terhubung dan terdeteksi, maka yang harus dilakukan adalah memformat seluruh data yang ada. Apabila memory card tersebut sudah seperti baru dan tidak ada data, coba kembali dipasang pada smartphone.

Itulah beberapa cara mengatasi memory card tidak terbaca yang bisa dicoba agar memory card dapat kembali digunakan. Untuk cara pada poin empat dan lima sebenarnya kurang disarankan, hanya saja jika pengguna tidak memiliki data-data penting didalamnya cara tersebut boleh dicoba. Jika terdapat data yang penting, sebaiknya menggunakan beberapa cara pada poin yang lain.

Baca juga:  5 Cara Membersihkan Drive C di Windows 10