Inilah Cara Membuka Cadangan Wa di Google Drive Paling Sederhana

WhatsApp (WA) merupakan aplikasi chatting dengan pengguna terbanyak, hampir setiap hari manusia berkomunikasi menggunakan WhatsApp. Bahkan, pesan di WhatsApp sering dicadangkan kembali di akun Google Drive untuk menghindari hilangnya pesan atau data yang penting. Terkadang masih ada yang belum mengetahui cara membuka cadangan wa di google drive. Berikut cara membuka cadangan WA beserta pembahasan lainnya.

Bagaimanakah Cara Membuka Cadangan WhatsApp?

Pesan WhatsApp yang dicadangkan biasanya tetap tersimpan walaupun sudah terhapus di aplikasi atau bahkan sudah berganti ponsel. Pesan akan masuk cadangan bila pengguna mengaktifkan fitur cadangan chat yang berada di WhatsApp. Berikut cara membuka cadangan wa di google drive serta cara memulihkannya.

  • Buka aplikasi Google Drive yang biasanya berada di layar utama ponsel. Kemudian ketuk pada menu bagian atas yang bergambar garis tiga. Pilihlah menu setelan, lalu pilih lagi cadangan dan Lalu yang terakhir pilih kelola penyimpanan.
  • Scroll sampai kebawah hingga menemukan aplikasi WhatsApp, tunggu sebentar hingga berubah tampilan menjadi data aplikasi tersembunyi.
  • Ketuk menu data aplikasi tersembunyi jika ingin melihat pesan yang sudah pernah dihapus tetapi masih disimpan di cadangan Google Drive. Semua pesan yang sudah terhapus di aplikasi akan tetap ada di aplikasi Google Drive walaupun sudah sangat lama.
  • Jika ingin membuka atau memulihkan cadangan WhatsApp pada ponsel baru, maka harus membuat akun WhatsApp terlebih dahulu. Gunakan nomor WhatsApp yang lama jika ingin semua pesan pulih kembali.
  • Setelah itu verifikasi nomor tersebut agar bisa memulihkan pesan sebelumnya.
  • Sebelum masuk ke dalam WhatsApp, pada layar utama akan menampilkan sebuah kotak untuk mengklik persetujuan untuk memulihkan pesan pada ponsel sebelumnya. Klik pulihkan untuk mengembalikan pesan yang terdahulu.
  • Tunggu hingga proses sampai selesai, jika sudah selesai semua pesan WhatsApp di ponsel yang lama akan berpindah di ponsel yang baru.
Baca juga:  Bio Fb Keren Jomblo – Panduan Menulis Bio Unik dan Memikat

Cara Menghapus Pesan Cadangan di Google Drive

Pesan WhatsApp yang telah dicadangkan juga bisa dihapus, penghapusan tersebut bisa karena memori terlalu penuh atau karena sudah tidak diperlukan lagi. Data yang telah dihapus tidak bisa kembali lagi baik itu Google Drive maupun di aplikasi WhatsApp. Sebelum menghapus sebaiknya pilih dahulu mana data yang harus dibuang:

  • Cari aplikasi Google Drive yang berada di ponsel, aplikasi tersebut berbentuk seperti segitiga dan terletak di layar utama ponsel.
  • Ketuk menu paling atas sendiri berupa garis tiga yang sejajar.
  • Selanjutnya klik menu cadangan yang berada di bawah menu notifikasi.
  • Cari cadangan WhatsApp yang biasanya akan tertera sebuah file berisi nomor pengguna. Jika sudah ketemu klik menu di sampingnya yang berupa titik tiga.
  • Kemudian akan muncul sebuah kotak konfirmasi untuk menghapusnya atau tidak, klik hapus jika ingin segera menghapusnya.
  • Google Drive akan menyimpan cadangan selama satu tahun lamanya, jika sudah satu tahun maka cadangan secara otomatis akan terhapus.
  • Jika tidak ingin terhapus secara otomatis maka harus tetap aktif menggunakan perangkat serta harus tetap rajin memperbarui cadangan dalam waktu tertentu.

Penyebab Pencadangan WhatsApp Gagal

Proses pencadangan yang dilakukan pasti bisa saja gagal karena berbagai sebab. Hal tersebut tentunya akan membuat jengkel para penggunanya karena alih-alih sudah merasa mencadangkan, ternyata malah belum tersimpan sama sekali di Google Drive. Berikut beberapa penyebab gagalnya aktivitas pencadangan WhatsApp:

  • Nomor yang digunakan tidak sama antara Google Drive dan WhatsApp. Itu artinya antara nomor untuk mendaftar akun Google Drive dan WhatsApp harus sama, agar keduanya bisa saling sinkron.
  • Jaringan yang digunakan tidak stabil akan mempengaruhi proses pencadangan. Proses tersebut bisa saja berhenti di tengah jalan serta tidak tersimpan di Google Drive.
  • Ruang penyimpanan pada Google Drive terlalu penuh.
Baca juga:  Apa Arti Scroll – Menatap Kedalaman Seni Mengalir

Jadi, itulah cara membuka cadangan wa di google drive beserta cara menghapus pesan cadangan di Google Drive dan penyebab gagalnya pencadangannya. Pengguna bisa memastikan Google Drive memiliki cukup ruang agar bisa membuka file atau data yang tersimpan didalamnya.