Contoh Puisi Tema Lingkungan: Menyentuh Hati Dan Menginspirasi

Apresiasi Terhadap Alam Melalui Puisi

Puisi adalah bentuk sastra yang sangat menyentuh hati. Lewat puisi, seseorang bisa mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata yang indah dan menginspirasi. Salah satu tema yang sering diangkat dalam puisi adalah lingkungan. Melalui puisi, kita bisa menyadari pentingnya menjaga kelestarian alam dan memperbaiki kerusakan lingkungan yang terjadi.

Menjaga Kelestarian Lingkungan dalam Puisi

Berikut adalah beberapa contoh puisi tema lingkungan yang bisa membantu kita untuk lebih memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. 1. Bumi Kita Bumi kita tempat kita tinggal Tanah, air, dan udara kita hirup Mari jaga bumi kita bersama Agar tetap indah dan lestari selamanya 2. Alamku Hijau pohon-pohon di sepanjang jalan Langit biru di atas kepala Itulah alamku yang selalu indah Jaga alamku agar tetap lestari 3. Kerusakan Lingkungan Laut yang dahulu biru dan jernih Kini telah tercemar oleh sampah dan limbah Mari kita berusaha untuk memperbaikinya Agar anak cucu kita bisa menikmati keindahan laut yang sebenarnya 4. Air Air adalah sumber kehidupan Tanpa air, kita tidak bisa bertahan Jaga air agar tetap bersih dan sehat Agar kita bisa hidup dengan bahagia dan sejahtera 5. Pohon Pohon adalah paru-paru dunia Mereka menghasilkan oksigen yang kita hirup Jaga pohon agar tetap tumbuh subur Agar kita bisa hidup dalam lingkungan yang sehat dan nyaman

Menjadi Pelopor Perubahan dengan Puisi

Dalam puisi, kita bisa menjadi pelopor perubahan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dengan mengangkat tema lingkungan dalam puisi, kita bisa membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Lewat puisi, kita bisa mengajak orang lain untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga:  Contoh Kalimat Pujian Untuk Anak Sd Kelas 1

Simpulan

Puisi tema lingkungan adalah salah satu bentuk literatur yang sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dalam puisi, kita bisa mengungkapkan perasaan kita tentang alam dan membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Mari kita jaga alam kita bersama dan menjadi pelopor perubahan dalam menjaga kelestarian lingkungan.