Contoh Gambar Lingkungan Sekolah

Lingkungan hidup sekolah 2017
Lingkungan hidup sekolah 2017 from nandafirdausi.blogspot.com

Tips Meningkatkan Kesadaran Lingkungan di Sekolah

Meningkatkan kesadaran lingkungan di sekolah sangat penting agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman untuk belajar. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di sekolah:

1. Menyediakan Tempat Sampah

Lingkungan sekolah yang bersih dapat diwujudkan dengan menyediakan tempat sampah yang memadai dan mudah dijangkau. Siswa dapat diajarkan untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

2. Mengadakan Lomba Karya Lingkungan

Mengadakan lomba karya lingkungan dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di sekolah. Lomba ini dapat melibatkan siswa dalam membuat karya seni dari bahan bekas atau membuat taman mini.

3. Mengadakan Hari Bersih Sekolah

Mengadakan hari bersih sekolah dapat menjadi kegiatan rutin untuk membersihkan lingkungan sekolah dari sampah dan menjaga kebersihan kelas dan toilet. Kegiatan ini juga dapat melibatkan siswa untuk membersihkan lingkungan di sekitar sekolah.

4. Menggunakan Bahan Ramah Lingkungan

Sekolah dapat menggunakan bahan ramah lingkungan seperti kertas daur ulang, penggunaan botol minum yang dapat diisi ulang, dan penggunaan kantong belanja kain untuk mengurangi penggunaan plastik.

5. Menanam Pohon

Menanam pohon dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di sekolah. Selain dapat memperbaiki kualitas udara, menanam pohon juga dapat memberikan kenyamanan dan keindahan pada lingkungan sekolah.

6. Mengadakan Seminar Lingkungan

Mengadakan seminar lingkungan dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang lingkungan. Seminar ini dapat melibatkan ahli lingkungan sebagai pembicara atau mengajak siswa untuk berbagi pengalaman tentang upaya menjaga lingkungan.

7. Menggunakan Transportasi Ramah Lingkungan

Sekolah dapat mengajak siswa untuk menggunakan transportasi ramah lingkungan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum untuk mengurangi polusi udara dan mengurangi kemacetan di sekitar sekolah.

Baca juga:  Mengenal Lebih Jauh Tentang Istilah Kata Ungkapan Peribahasa

8. Mengadakan Acara Go Green

Mengadakan acara Go Green dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di sekolah. Acara ini dapat melibatkan siswa dalam membuat kreativitas dari bahan bekas atau mengadakan pameran produk yang ramah lingkungan.

9. Membuat Program Pengolahan Sampah

Membuat program pengolahan sampah dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan mengubah sampah menjadi barang yang dapat bernilai jual. Program pengolahan sampah ini dapat melibatkan siswa dan guru dalam pengelolaan sampah di sekolah.

10. Menanamkan Kesadaran Lingkungan Sejak Dini

Menanamkan kesadaran lingkungan sejak dini dapat menjadi cara yang paling efektif untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat di sekolah. Guru dapat mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memberikan contoh yang baik dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar sekolah.