Cara Merubah Jaringan 4G ke 5G Hp Xiaomi 2021

Mulai 2021 layanan jaringan 5G sudah diluncurkan dan bisa digunakan di Indonesia. Namun, untuk sementara ini kabarnya baru ada 1 operator yang menyediakan jaringan ini. Meskipun demikian, Xiaomi telah merilis versi smartphone nya yang sudah support jaringan 5G. Jika pembaca adalah pengguna Xiaomi maka langkah-langkah cara merubah jaringan 4G ke 5G hp Xiaomi sebagai berikut:

 

1. Pastikan Berada di Lokasi yang Mendukung

 

Sebagaimana yang diketahui, jaringan 5G ini baru saja masuk di Indonesia. Oleh karena itu, jaringan ini baru ada di beberapa titik lokasi. Untuk penyedia jaringan pun baru ada 1 operator. Dengan demikian bisa diketahui bahwa, jaringan 5G masih dalam tahap penjajakan di Indonesia.

 

Keadaan demikian berarti jaringan ini masih terbatas untuk beberapa wilayah saja. Dengan begitu, cara merubah jaringan 4G ke 5G hp Xiaomi memerlukan pengecekkan wilayah sebagai langkah pertamanya. Pengguna perlu mengetahui terlebih dahulu wilayah mana saja yang bisa mendukung jaringan 5G. Untuk menggunakan jaringan 5G tentunya pengguna juga harus berada di wilayah tersebut.

 

2. Masuk ke Pengaturan Jaringan

 

Jika sudah lolos dari langkah pertama dan lokasi pembaca sudah tersedia jaringan 5G maka langkah ini bisa menjadi langkah lanjutannya. Untuk pembaca dengan ponsel Xiaomi bertipe POCO F3 5G, Xiaomi Mi 10T Pro, POCO F2 Pro, dan Xiaomi Mi 11 5G bisa langsung di setting. Pengguna ponsel ini cukup membuka menu Pengaturan pada ponselnya.

 

Pada menu Pengaturan, pilih Pengaturan Jaringan. Kemudian pembaca bisa melanjutkan ke Pengaturan SIM dan Seluler. Di dalam menu ini pembaca akan ditampilkan beberapa opsi. Untuk merubah jaringan 4G ke 5G pembaca perlu mengakses opsi Pengaturan APN atau Setting APN. Pengaturan ini berisi pengaturan protokol yang digunakan untuk melakukan konfigurasi jaringan internet.

Baca juga:  Setting Windows 10 Tidak Bisa Dibuka_ Lakukan Cara Ini!

 

3. Atur APN Baru

 

Pada pengaturan Access Point Name atau APN pembaca akan melihat pengaturan APN hpnya di jaringan yang digunakan saat itu juga. Untuk merubah jaringan ke 5G, pembaca perlu mengubah konfigurasi APN dengan membuat APN baru.

 

Dalam konfigurasi APN, pengguna harus mengisi beberapa informasi dasar terkait jaringan yang digunakan. Biasanya pengaturan APN ini secara otomatis diatur oleh jaringan operator yang pembaca gunakan. Namun, karena jaringan 5G ini adalah jaringan baru yang tidak secara otomatis terjangkau, pembaca perlu mengatur APN nya secara manual.

 

4. Lakukan Konfigurasi APN Baru

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, merubah jaringan ke 5G berarti pembaca memerlukan Pengaturan APN yang baru. Pilih opsi APN Baru yang tersedia dalam tampilan tersebut. Setelah itu lanjutkan dengan mengisi kolom-kolom informasi dasar jaringan.

 

Pembaca bisa mengisikan nama pengguna dengan bebas. Lalu lanjutkan dengan mengisikan kata sandi yang mudah diingat oleh pembaca. Berikutnya, tuliskan 8.8.8.8 pada kolom pertanyaan.Lanjutkan dengan mengisi 510 pada kolom MCC dan 11 pada kolom MNC. Pilih Opv4/Ipv6 pada pengaturan Protokol APN dan Protokol Roaming APN.

 

5. Lakukan Speedtest dan Ubah ke Jaringan 5G

 

Dengan memiliki Ipv4/Ipv6 di bagian Protokol APN dan Protokol Roaming APN, pembaca bisa mengaktifkan jaringan berdasarkan lokasi perangkat pembaca. Karena di lokasi pembaca jaringan 5G sudah tersedia, maka pembaca bisa mengaktifkan jaringan ini di perangkat pembaca. Simpan pengaturan dengan mengetuk Selesai atau Ok pada sudut kanan atas tampilan menu.

 

Selesai dengan pengaturan APN, pembaca bisa melakukan cek Speedtest terlebih dahulu untuk mengecek kecepatan jaringan di perangkat. Unduh aplikasi speedtest di Play Store dan langsung gunakan aplikasi tersebut dengan mengikuti instruksi yang diberikan. Selanjutnya, kembali ke menu Pengaturan Jaringan dan pilih ubah jaringan hp menjadi 5G.

Baca juga:  iOS Luncurkan Update Terbaru 15.1

 

Demikian cara merubah jaringan 4G ke 5G hp Xiaomi yang hanya bisa berhasil dilakukan apabila 2 syarat terpenuhi. Kedua syarat tersebut adalah lokasi yang sudah menyediakan jaringan 5G dan ponsel yang digunakan mendukung jaringan 5G. Dengan hp Xiaomi, pembaca bisa mengakses  jaringan  5G dengan harga hp yang cukup menyenangkan kantong.