Cara Mengatasi Tombol Back HP Xiaomi Tidak Berfungsi, Solusi Lengkap

Tombol back pada HP Xiaomi adalah salah satu tombol navigasi penting yang sering digunakan. Namun, terkadang tombol ini bisa mengalami masalah dan tidak berfungsi dengan benar. Jika Anda mengalami permasalahan ini, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

5 Cara Mengatasi Tombol Back Home Dan Recent Tidak Berfungsi
Image: www.jayawarta.com

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa solusi untuk mengatasi tombol back Xiaomi yang tidak berfungsi. Kami akan membahas mulai dari cara-cara yang paling sederhana hingga yang lebih kompleks. Ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama untuk menemukan solusi terbaik untuk masalah Anda.

Restart atau Soft Reset HP

Hal pertama yang harus Anda coba ketika tombol back Xiaomi tidak berfungsi adalah me-restart atau melakukan soft reset pada HP Anda. Hal ini akan menutup semua aplikasi yang berjalan dan menyegarkan sistem, sehingga dapat memperbaiki masalah yang mungkin terjadi.

Untuk me-restart HP Xiaomi, cukup tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik hingga muncul opsi restart. Tap opsi restart dan tunggu hingga HP Anda restart. Jika masalah masih berlanjut, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Membersihkan Tombol Back

Tombol back mungkin tidak berfungsi karena adanya kotoran atau debu yang menumpuk. Cobalah bersihkan tombol back menggunakan kain lembut atau sikat gigi bekas. Gosok tombol dengan lembut untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel.

Selain debu, tombol back juga bisa tidak berfungsi karena adanya cairan yang masuk. Jika HP Anda pernah terkena air atau cairan, segera keringkan tombol back menggunakan kain kering. Anda juga bisa menggunakan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan.

Mengaktifkan Tombol Back di Pengaturan

Pada beberapa tipe HP Xiaomi, tombol back tidak aktif secara default. Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan pada HP Xiaomi Anda.
  2. Scroll ke bawah dan tap opsi Pengaturan Tambahan.
  3. Tap opsi Tombol dan Gerakan.
  4. Aktifkan opsi Navigasi Tiga Tombol.
Baca juga:  Unlock the Power of Your mi 6 Pro – A Comprehensive Guide to Flashing

Setelah Anda mengaktifkan opsi Navigasi Tiga Tombol, tombol back akan aktif dan dapat digunakan kembali.

3 Cara Mudah Mengatasi Tombol Back HP Tidak Berfungsi
Image: www.thelastsurvivors.org

Mengganti Tombol Back Fisik

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar tombol back fisik pada HP Xiaomi Anda mengalami kerusakan. Anda perlu mengganti tombol tersebut dengan tombol yang baru.

Anda bisa mengganti tombol back sendiri atau membawanya ke pusat servis terdekat. Jika Anda ingin mengganti tombol sendiri, Anda bisa membeli tombol back Xiaomi yang original atau berkualitas baik dari toko online atau toko spare part ponsel.

Factory Reset

Factory reset adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tombol back Xiaomi yang tidak berfungsi. Namun, perlu diingat bahwa factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan pada HP Anda. Jadi, sebelum melakukan factory reset, pastikan Anda telah membackup semua data penting terlebih dahulu.

Untuk melakukan factory reset, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan pada HP Xiaomi Anda.
  2. Scroll ke bawah dan tap opsi Pengaturan Tambahan.
  3. Tap opsi Cadangkan & Setel Ulang.
  4. Tap opsi Reset Data Pabrik.
  5. Tap tombol Setel Ulang Telepon dan tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses factory reset selesai, tombol back Xiaomi Anda seharusnya sudah berfungsi kembali.

FAQ

  • Mengapa tombol back HP Xiaomi saya tidak berfungsi?
    Ada beberapa alasan mengapa tombol back HP Xiaomi tidak berfungsi, seperti tombol kotor, masuknya cairan, atau kerusakan fisik.
  • Bagaimana cara membersihkan tombol back HP Xiaomi?
    Gunakan kain lembut atau sikat gigi bekas untuk membersihkan tombol back dari kotoran atau debu. Jika tombol terkena cairan, keringkan dengan kain kering atau hair dryer.
  • Bagaimana cara mengaktifkan tombol back di pengaturan HP Xiaomi?
    Buka Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Tombol dan Gerakan > aktifkan Navigasi Tiga Tombol.
  • Apa yang harus saya lakukan jika tombol back HP Xiaomi saya rusak?
    Anda perlu mengganti tombol back fisik dengan tombol yang baru. Anda bisa menggantinya sendiri atau membawanya ke pusat servis terdekat.
Baca juga:  Kode-kode Komentar Unik yang Bikin Postingan Facebook Kamu Menarik

Cara Mengatasi Tombol Back Xiaomi Tidak Berfungsi

Kesimpulan

Tombol back pada HP Xiaomi adalah tombol penting yang digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya. Jika tombol back tidak berfungsi, Anda bisa mencoba beberapa cara yang telah kami jelaskan di atas, mulai dari cara yang paling sederhana hingga yang lebih kompleks.

Jika tombol back tetap tidak berfungsi setelah Anda mencoba semua cara tersebut, kemungkinan besar tombol fisik mengalami kerusakan dan perlu diganti. Anda bisa menggantinya sendiri atau membawanya ke pusat servis terdekat.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar di bawah.