Cara Membuka Chat WA yang Sudah Dihapus dengan 5 Trik Mudah

Mendapat pesan WhatsApp yang telah dihapus pengirimnya sebelum sempat membaca tentu sangat membuat penasaran. Bagi pengguna GB WhatsApp hal ini dapat diatasi dengan fitur anti hapus pesan. Lalu bagaimana dengan pengguna WhatsApp biasa? Tentu saja tetap ada beberapa trik cara membuka chat WA yang sudah dihapus ini.

Beberapa trik dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi lain, sementara yang lainnya cukup dengan mengotak-atik beberapa fitur tersembunyi. Berikut adalah pembahasan mengenai trik-trik tersebut.

1. Menggunakan Aplikasi Notification History

Trik pertama yang dapat dicoba adalah dengan mengunduh aplikasi Notification History. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat menyimpan semua pemberitahuan yang masuk ke smartphone. Sehingga apabila ada pesan WA yang telah dihapus pengguna tetap dapat membaca karena telah direkam sebelumnya.

Unduh aplikasi ini di Google Play Store. Setelah masuk ke aplikasi, aktifkan notification access di setelan smartphone. Nyalakan akses notifikasi untuk aplikasi Notification History. Selanjutnya, pengguna dapat melihat semua rekaman notifikasi dari aplikasi yang terpasang di perangkat. Termasuk history chat WhatsApp yang telah terhapus.

2. Melalui Aplikasi Recent Notification

Aplikasi lainnya yang dapat membantu cara membuka chat WA yang sudah dihapus adalah Recent Notification. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Recent Notification dapat diunduh di Play Store. Install aplikasi ini di perangkat smartphone. Lalu pergi ke settings, pilih menu aplikasi. Klik Recent Notification. Berikan semua akses di permission atau permintaan izin.

Setelah pemberian izin ini, maka setiap notifikasi akan disimpan secara otomatis oleh aplikasi Recent Notification. Sehingga pesan WhatsApp yang telah dihapus sekali pun dapat tetap dilihat, dan pengguna tidak akan merasa penasaran lagi.

3. Aplikasi WhatsRemoved+

Sama seperti kedua aplikasi sebelumnya, WhatsRemoved+ juga berfungsi untuk merekam tiap notifikasi yang masuk ke ponsel. Setelah mengunduh dan menginstall aplikasi ini, aktifkan notification access di menu setelan. Selanjutnya pilih aplikasi apa saja yang ingin direkam pemberitahuannya. Pilih untuk merekam notifikasi WhatsApp.

Baca juga:  Gambar Pemandangan untuk Montase – Menciptakan Kembali Keindahan Alam

Setelah melakukan langkah-langkah di atas maka otomatis seluruh notifikasi untuk WhatsApp yang masuk ke perangkat pengguna akan terekam. Pesan terhapus yang dapat ditampilkan pun dapat berupa teks, audio, gambar, maupun video.

4. Fitur Notification Log

Cara lainnya yang tidak menggunakan aplikasi bantuan adalah dengan memanfaatkan fitur Notification Log, hanya saja, tidak semua smartphone dapat menggunakan fitur ini. Jika tertarik untuk memakai cara ini, maka langkah kerja yang harus dijalani antara lain:

  • Tekan tombol home screen selama beberapa detik;
  • Masuk ke menu widget, pilih Notification Log;
  • Pindahkan widget tersebut di home screen; dan
  • Setelah itu semua notifikasi yang masuk ke perangkat akan direkam, salah satunya chat WA yang sudah dihapus.

5. Menggunakan Tombol Reply

Cara yang terakhir ini hanya dapat diterapkan pada pesan WA yang dikirim di grup saja. Apabila terdapat salah satu peserta grup yang mengirim pesan lalu sudah dihapus tanpa sempat membacanya, dapat menggunakan trik ini.

Pertama-tama tekan balon percakapan yang telah dihapus tersebut beberapa saat. Lalu klik reply, selanjutnya pesan yang telah dihapus tersebut dapat dibaca di kolom reply. Ini memang praktis, namun untuk pesan yang panjang, biasanya akan terpotong tampilannya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuka chat WA yang sudah dihapus dengan 5 trik mudah. WhatsApp sendiri adalah aplikasi chatting populer selama beberapa tahun belakangan di Indonesia, beragam fiturnya memberi kenyamanan bagi pengguna. Dan trik-trik di atas dapat diterapkan untuk menjawab rasa penasaran pengguna WhatsApp yang menerima pesan dihapus, sebelum terbaca.