Cara Membuka Blokiran Wifi dengan Mengubah Mac Address Tanpa Root

Salah satu cara membuka blokiran wifi yang paling efektif adalah dengan merubah Mac address pada android. Untuk merubah Mac address bisa dilakukan dengan dua alternatif yakni dengan memakai ponsel yang telah di-root dan bisa juga dengan yang tidak di-root. Pada artikel ini akan dibahas tentang cara mengubah Mac address dengan mudah tanpa melakukan rooting pada android.

Mac address pada android bisa dikatakan juga sebagai sebuah id ketika ponsel tersambung kepada jaringan internet, seperti kartu Sim atau Wifi. Ketika ponsel tersambung dengan jaringan Wifi, akan ada alamat Mac yang dibuat oleh ponsel android. Ketika jaringan Wifi diblokir maka Mac address yang terdaftar pada administrator Wifi juga otomatis akan diblokir oleh pemilik Wifinya.

Agar dapat lolos dari blokiran Wifi tersebut salah satu caranya adalah dengan merubah Mac address ponsel android. Untuk merubah Mac address tersebut ada beberapa cara, salah satunya yang kali ini akan jelaskan. Yakni cara merubah Mac address pada HP android yang belum di-rooting, simak berikut caranya :

1. Buka Aplikasi MTK Engineering Mode

Aplikasi ini biasanya ada dan sudah menjadi bawaan dari ponsel android versi atau merek apapun. Namun jika tidak bisa menemukan aplikasi ini dalam peraturan atau aplikasi ponsel, maka bisa melakukan unduh manual melalui Google Play Store secara gratis. Ukuran aplikasi ini sangatlah kecil, hanya 1,2 MB saja, dan merupakan aplikasi yang termasuk dalam jenis aplikasi sistem.

2. Masuk Menu Setting

Setelah berhasil mengakses aplikasi MTK Engineering Mode, maka yang harus dilakukan oleh pengguna adalah mengakses menu pengaturan atau setting. Yakni dengan mengikuti prosedur di bawah ini:

  • Buka halaman utama aplikasi MTK Engineering Mode;
  • Lalu arahkan pandangan pada barisan menu yang tampil pada layar, dan cari opsi MTK Setting;
  • Setelah berhasil menemukannya maka segera klik; dan
  • Tunggu beberapa detik, aplikasi akan membukakan jendela pengaturannya.
Baca juga:  Setting Windows 10 Tidak Bisa Dibuka_¬†Lakukan Cara Ini!

3. Cari Menu Conectivity

Apabila telah masuk pada menu MTK setting carilah sub menu atau pilihan opsi yang bernama conectivity. Sub menu ini akan mengatur tentang konektivitas jaringan mulai dari Wifi sampai dengan kartu Sim. Karena di sini yang diatur adalah Wifi, maka pilihlah jaringan atau konektivitas Wifi sesuai kebutuhan.

4. Pilih Sub Menu NVRAM

Ada pilihan menu selanjutnya yang harus dipilih untuk merubah Mac address pada cara membuka blokiran Wifi ini.  Yaitu pilihlah opsi NVRAM. Ini adalah opsi atau sub menu yang berfungsi untuk mengatur Mac address dari jaringan Wifi ponsel android. Pengguna tinggal menekan opsi tersebut untuk memunculkan perintah berikutnya.

5. Pilih Byte String Access

Pada bagian dalam NVRAM akan ada sub menu lainnya, maka di sini pilihlah byte string access. Pada bagian tersebut akan ada tiga kolom yang harus diisi untuk merubah Mac address pada perangkat android. Lakukan pengisian pada kolom tersebut dengan mengisikan angka 4 sampai 6 berurutan.

Lalu, pada kolom-kolom yang terdapat di sub menu string access ini, tepatnya di bagian paling bawah, akan ada Mac address asli. Tidak lain merupakan Mac bawaan yang belum pernah dirubah sebelumnya. Di sinilah Mac address bisa diganti dengan menggunakan opsi pilihan write.

Ganti Mac address sesuai keinginan, agar Mac address yang semula telah diblokir oleh pemilik wifi tidak digunakan lagi pada perangkat. Cara membuka blokiran wifi dengan merubah Mac address tanpa root sampai di sini. Cara ini sejatinya lebih mudah dan aman daripada menggunakan cara rooting. Lantaran perangkat android yang telah di-root biasanya akan mudah terkena virus dan rawan kerusakan.

Baca juga:  Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Windows 10 secara Praktis