Cara Daftar Qris, Metode Pembayaran Nontunai Untuk Bisnis

9 Cara Daftar QRIS, Metode Pembayaran Nontunai untuk Bisnis
9 Cara Daftar QRIS, Metode Pembayaran Nontunai untuk Bisnis from gobiz.co.id

Di tahun 2023, masyarakat Indonesia sudah semakin banyak yang melakukan transaksi dengan menggunakan metode pembayaran nontunai. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha, karena hal ini akan memudahkan mereka dalam melakukan transaksi. Salah satu metode pembayaran nontunai yang banyak digunakan saat ini adalah QRIS. Dengan menggunakan QRIS, pelaku usaha dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat. Nah, bagi anda yang belum tahu bagaimana cara mendaftar QRIS, berikut ini adalah panduan lengkap untuk anda.

Apa itu QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Indonesia Standard. QRIS adalah sistem pembayaran elektronik yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. QRIS dapat menggantikan sistem pembayaran nontunai, seperti uang tunai dan cek, yang membuat proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. QRIS juga dapat memfasilitasi transaksi internasional, karena platformnya dapat diakses oleh pembayar dari seluruh dunia. Dengan menggunakan QRIS, transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan aman.

Siapa yang dapat mendaftar QRIS?

Semua pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa dan produk di Indonesia dapat mendaftar QRIS. Pelaku usaha dapat mendaftar QRIS dengan menggunakan aplikasi atau melalui website resmi QRIS. Pelaku usaha juga dapat menghubungi Bank Indonesia, yang akan membantu mereka membuat akun QRIS. Setelah akun QRIS dibuat, pelaku usaha dapat menggunakannya untuk menerima pembayaran dari konsumen.

Bagaimana cara mendaftar QRIS?

Cara mendaftar QRIS cukup mudah. Pelaku usaha dapat mengakses aplikasi QRIS atau website resmi QRIS untuk membuat akun. Setelah membuat akun, pelaku usaha harus mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, dan lainnya. Setelah semua dokumen terverifikasi, pelaku usaha akan menerima konfirmasi melalui email atau SMS bahwa akun QRIS mereka telah dibuat.

Baca juga:  Apa Itu Gopay? Ini 8 Keuntungannya Untuk Bisnis!

Selanjutnya, pelaku usaha dapat mengunduh aplikasi QRIS untuk memulai menerima pembayaran dari konsumen. Dengan menggunakan aplikasi QRIS, pelaku usaha dapat men-generate QR Code dan mengirimkannya kepada konsumen. Konsumen dapat memindai QR Code tersebut untuk melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat.

Berapa Biaya yang harus dibayar untuk mendaftar QRIS?

Biaya yang harus dibayar untuk mendaftar QRIS tergantung pada jenis akun yang digunakan oleh pelaku usaha. Pelaku usaha dapat memilih akun gratis yang tidak memerlukan biaya tahunan atau akun berbayar yang memerlukan biaya tahunan sebesar Rp.500.000. Pelaku usaha juga harus membayar biaya transaksi sebesar 0,25%-1%, tergantung pada jumlah transaksi yang dilakukan.

Apa Keuntungan yang didapat dari Menggunakan QRIS?

Dengan menggunakan QRIS, pelaku usaha dapat memfasilitasi transaksi dengan cepat dan mudah. Pelaku usaha dapat menerima pembayaran secara real time, sehingga mereka dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka. Selain itu, pelaku usaha juga dapat menghemat biaya dengan menggunakan QRIS, karena mereka tidak perlu membayar biaya transaksi tinggi yang dibebankan oleh sistem pembayaran lainnya. Dengan menggunakan QRIS, pelaku usaha juga dapat memfasilitasi transaksi internasional dengan mudah.

Bagaimana Cara Melacak Pembayaran QRIS?

Pelaku usaha dapat melacak pembayaran QRIS dengan menggunakan aplikasi QRIS. Setelah menerima pembayaran, pelaku usaha dapat melihat riwayat transaksi mereka dan melihat informasi tentang transaksi tersebut. Pelaku usaha juga dapat melacak status transaksi mereka dengan menggunakan aplikasi QRIS.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar QRIS?

Saat mendaftar QRIS, pelaku usaha harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, pelaku usaha harus menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat akun. Kedua, pelaku usaha harus memastikan bahwa informasi yang mereka isi saat pendaftaran benar. Ketiga, pelaku usaha harus memastikan bahwa mereka memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transaksi. Terakhir, pelaku usaha harus memastikan bahwa mereka telah memahami semua prosedur pembayaran dan pengembalian dana sebelum memulai transaksi.

Baca juga:  Investasi Emas Tahun 2023, Pilihan Investasi Paling Aman?

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa cara mendaftar QRIS cukup mudah. Pelaku usaha hanya perlu membuat akun QRIS, mengisi formulir pendaftaran, dan mengirimkan dokumen yang diperlukan. Setelah semua dokumen terverifikasi, pelaku usaha dapat menggunakan aplikasi QRIS untuk menerima pembayaran dari konsumen. Dengan menggunakan QRIS, pelaku usaha dapat melakukan transaksi dengan mudah, cepat, dan aman.