Cara Cek Hp Support Wireless Charger 2021

Salah satu update teknologi pada aksesoris hp terbaru yaitu wireless charger. Perangkat ini berfungsi seperti charger ponsel untuk mengisi baterai hp namun dalam penggunaan perangkat ini tidak memerlukan kabel. Apakah handphone pengguna termasuk dalam daftar hp yang sudah bisa menggunakan ini? Simak cara cek hp support wireless charger berikut untuk mengetahuinya.

1. Cek dari Buku Panduan Bawaan Hp

Untuk mengetahui apakah hp sudah support wireless charger atau belum, pengguna harus mengetahui terlebih dahulu merk dan tipe hp yang digunakan. Jika pengguna tahu betul merk, tipe atau seri hp yang digunakan, ini akan membantu pengguna untuk mengetahui lebih lanjut lagi terkait fitur-fitur yang bisa digunakan. Salah satunya adalah fitur wireless charger.

Pada saat membeli hp, pengguna biasanya akan diberikan satu paket lengkap beserta dengan kotak hp, buku panduan, dan kartu garansi. Buku panduan yang disertakan dalam satu paket tersebut berisi seluruh informasi terkait ponsel. Untuk mengetahui apakah hp sudah support wireless charger atau belum, pengguna bisa melihat buku ini.

Pengguna bisa melakukan cek terkait informasi jenis baterai, daya nya, dan cara pengisiannya. Berikutnya cek juga pada bagian aksesoris hp apa saja yang bisa digunakan. Jika masih belum menjawab pertanyaan pengguna, maka pengguna bisa melihat cara berikutnya di bawah ini.

2. Cek Daftar Hp melalui Browser

Cara cek hp support wireless charger berikutnya adalah dengan mencari informasi menggunakan internet. Sama seperti cara sebelumnya, pengguna harus sudah mengetahui merk dan tipe ponsel yang dipakai. Sebab, beberapa merk hp terkadang memiliki perbedaan yang cukup signifikan padahal masih dalam satu seri yang sama namun dengan tipe yang berbeda.

Baca juga:  Inilah 5 Cara Mengatur Jarak WiFi, agar Internet Lancar

Cara ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengakses mesin pencarian seperti Google dan melakukan pencarian di sana. Tuliskan merk dan tipe ponsel lalu diikuti dengan pertanyaan “apakah sudah support wireless charger?” Apabila hasil pencarian tidak memberikan apa yang pengguna cari, pengguna juga bisa langsung mencari jenis ponsel apa saja yang sudah support wireless charger.

Dengan mencari daftar ponsel yang bisa menggunakan perangkat ini, pengguna justru bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Namun, beberapa hal perlu diperhatikan. Pengguna harus memastikan bahwa halaman yang diakses adalah sumber yang bisa dipercaya. Selain itu, carilah artikel terbaru sebab ponsel dan fiturnya selalu mendapatkan update secara berkala.

3. Cek Melalui Web Resmi Merk Hp

Gunakan cara ini apabila kedua cara di atas tidak bisa membantu pengguna. Jika pengguna kehilangan kotak hp dan buku panduannya atau kesulitan untuk menemukan informasi terkait ponsel pengguna di mesin pencarian, cara ini akan mengatasinya. Sebab saat ini semuanya serba digital, banyak merk handphone yang menyediakan katalog ponselnya di platform website resminya.

Dengan mengakses website resmi handphone pengguna pun bisa mendapatkan info yang akurat. Iphone, Samsung, Lenovo, Xiaomi, dan banyak merk lainnya memiliki website resmi yang dapat diakses dengan mudah. Jika sudah masuk ke website resmi, pengguna bisa mencari langsung informasi terkait jenis handphone nya atau mencoba membaca FAQ (Frequently Asked Question) terkait info yang dicari.

Itulah beberapa cara cek hp support wireless charger. Semoga dengan melakukan cara cek di atas pengguna bisa tahu apakah handphone sudah mendukung fitur wireless charger atau belum. Tetap tenang dan jangan kecewa jika memang hp belum mendukung fitur ini.

Baca juga:  5 Cara Membersihkan Drive C di Windows 10

Mungkin saja hp pengguna baru bisa mendukung fitur ini pada versi update berikutnya. Namun, jika ponsel sudah mendukung, selamat mencoba menggunakan perangkat wireless charger. Selamat merasakan pengalaman yang berbeda dengan optimalisasi pengisian daya baterai hp.