Cara Ampuh Menarik Pelanggan Via Online! Pelaku Umkm Wajib Baca!

5 Cara Ampuh Menarik Pelanggan via Online! UMKM Wajib Baca!
5 Cara Ampuh Menarik Pelanggan via Online! UMKM Wajib Baca! from bukuwarung.com

Tahun 2021, bisnis-bisnis UMKM mulai melirik peluang pasar di dunia digital. Banyak yang berhasil meningkatkan omset penjualan hingga puluhan persen dari sebelumnya. Pelaku UMKM tentunya ingin mendapatkan hasil yang sama atau lebih baik, namun seringkali mereka mengalami banyak masalah, salah satunya adalah sulitnya menarik pelanggan via online.

Tidak perlu khawatir, sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan cukup mudah. Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk menarik pelanggan via online yang wajib dicoba oleh para pelaku UMKM!

1. Memanfaatkan Sosial Media

Media sosial merupakan salah satu cara yang paling populer untuk menarik pelanggan. Hal ini karena jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia begitu besar, terutama di Indonesia yang menurut data Statista tahun 2021 memiliki jumlah pengguna media sosial mencapai 157 juta jiwa.

Pelaku UMKM harus memanfaatkan media sosial dengan baik. Buatlah akun media sosial, lalu sesuaikan dengan jenis dan karakter bisnis. Buatlah konten yang menarik, serta berikan informasi mengenai produk atau jasa yang dijual. Banyak media sosial yang menawarkan berbagai fitur berbayar untuk mempromosikan bisnis, seperti iklan di Facebook, Instagram, atau Twitter.

2. Mengoptimalkan SEO Website

Kemampuan untuk mendapatkan calon pelanggan di mesin pencari seperti Google merupakan salah satu cara yang paling efisien bagi para pelaku UMKM. Hal ini karena mesin pencari merupakan salah satu sumber trafik terbesar bagi website, dan dengan meningkatkan ranking website, pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dijual.

Untuk meningkatkan ranking website, pelaku UMKM harus memastikan website mereka telah dioptimalkan untuk SEO, yaitu melakukan optimasi website dengan menggunakan kata kunci yang relevan, lalu memastikan website sudah memiliki backlink yang berkualitas. Pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan jasa SEO profesional untuk membantu mereka meningkatkan ranking website.

Baca juga:  Freelance Adalah Bekerja Lepas, Ini Tips Agar Lebih Sukses Dari Kerja Kantoran!

3. Mengadakan Kontes atau Promosi

Kontes atau promosi merupakan cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Pelaku UMKM bisa mengadakan kontes dengan hadiah berupa produk atau jasa yang dijual. Kontes atau promosi juga bisa dilakukan di media sosial. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang tertarik pada produk atau jasa yang dijual.

4. Membuat Newsletter

Newsletter merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh untuk menarik pelanggan. Pelaku UMKM bisa membuat newsletter dengan berisi informasi produk atau jasa yang dijual, lalu mengirimkannya secara rutin. Dengan newsletter, pelaku UMKM dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan, sehingga mereka bisa mempromosikan produk atau jasa mereka lebih efektif.

5. Membuat Blog

Membuat blog merupakan cara yang ampuh untuk menarik pelanggan. Selain bisa membuat konten yang menarik, pelaku UMKM juga bisa menggunakan blog sebagai alat untuk mempromosikan produk atau jasa. Pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan blog untuk berbagi informasi tentang produk atau jasa yang dijual, serta mengajak pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis mereka.

6. Menggunakan Metode Referral

Metode referral merupakan salah satu cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Pelaku UMKM bisa memberikan diskon atau hadiah kepada pelanggan yang mereferensikan produk atau jasa mereka ke orang lain. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat menarik banyak pelanggan baru tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

7. Memanfaatkan Kupon dan Voucher

Kupon atau voucher merupakan salah satu cara yang efektif untuk menarik pelanggan. Pelaku UMKM bisa memberikan kupon atau voucher kepada pelanggan yang sudah lama melakukan transaksi dengan bisnis mereka. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat membuat pelanggan loyal dan tetap menggunakan produk atau jasa yang dijual.

Baca juga:  Risiko Trading Option Yang Harus Anda Ketahui

8. Menggunakan Aplikasi Marketplace

Menggunakan aplikasi marketplace merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menarik pelanggan. Pelaku UMKM bisa memasang produk atau jasa mereka di aplikasi seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Dengan begitu, pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk atau jasa yang dijual.

9. Membuat Video Promosi

Membuat video promosi merupakan salah satu cara yang efektif untuk menarik pelanggan. Pelaku UMKM bisa membuat video promosi mengenai produk atau jasa yang dijual. Video promosi ini bisa diunggah di media sosial atau diupload di platform seperti YouTube. Dengan begitu, pelanggan bisa dengan mudah menemukan produk atau jasa yang dijual.

10. Memberikan Layanan Pelanggan yang Baik

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menarik pelanggan adalah dengan memberikan layanan pelanggan yang baik. Pelaku UMKM harus memastikan bahwa setiap pelanggan yang menghubungi mereka mendapatkan layanan yang baik dan ramah. Pelaku UMKM juga harus memastikan bahwa pelanggan yang sudah melakukan transaksi dengan bisnis mereka mendapatkan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman dan puas dengan produk atau jasa yang dijual, sehingga mereka akan lebih loyal dan merujuk teman-temannya untuk membeli produk atau jasa yang dijual.

Itulah beberapa cara ampuh untuk menarik pelanggan via online yang bisa dicoba oleh para pelaku UMKM. Dengan menggunakan cara-cara di atas, pelaku UMKM akan lebih mudah menarik pelanggan baru dan meningkatkan pendapatan bisnis mereka.