Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Operan Dalam Bola Basket Adalah

Berikut Yang Tidak Termasuk Operan Dalam Bola Basket Adalah Sinau
Berikut Yang Tidak Termasuk Operan Dalam Bola Basket Adalah Sinau from bertigamas.github.io

Introduction

Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga ini membutuhkan kemampuan fisik yang baik, kecepatan, kelincahan, dan kemampuan untuk bekerja sama dengan tim. Dalam bola basket, operan (passing) adalah salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh semua pemain. Namun, tidak semua jenis operan termasuk dalam aturan resmi bola basket. Artikel ini akan membahas hal-hal yang tidak termasuk operan dalam bola basket.

1. Menyundul Bola

Menyundul bola adalah tindakan menghentikan bola dengan kepala dan mengirimkannya kembali ke rekan satu tim. Namun, tindakan ini tidak termasuk dalam operan bola basket yang sah. Menyundul bola hanya diperbolehkan dalam sepak bola.

2. Melempar Bola ke Langit-Langit

Tindakan melempar bola ke langit-langit atau plafon bukanlah operan bola basket yang sah. Tindakan ini hanya akan membuang-buang waktu dan mengganggu ritme permainan. Selain itu, melempar bola ke langit-langit juga dapat membahayakan penonton dan pemain di lapangan.

3. Melempar Bola ke Tembok

Melempar bola ke tembok atau dinding tidak termasuk dalam operan bola basket yang sah. Tindakan ini hanya akan membuang-buang waktu dan mengganggu ritme permainan. Selain itu, melempar bola ke tembok juga dapat membahayakan penonton dan pemain di lapangan.

4. Melempar Bola ke Atap Gudang

Melempar bola ke atap gudang atau gedung-gedung tinggi tidak termasuk dalam operan bola basket yang sah. Tindakan ini hanya akan membuang-buang waktu dan mengganggu ritme permainan. Selain itu, melempar bola ke atap gudang juga dapat membahayakan penonton dan pemain di lapangan.

5. Melempar Bola ke Arah Lawan yang Tidak Diketahui

Melempar bola ke arah lawan yang tidak diketahui atau tanpa melihat ke arah lawan tidak termasuk dalam operan bola basket yang sah. Tindakan ini dapat menyebabkan cedera pada pemain lawan dan mengganggu ritme permainan. Sebaiknya, pemain melakukan operan dengan melihat ke arah lawan dan memilih pilihan operan yang tepat.

Baca juga:  Hewan Yang Menjadi Kupu-Kupu

6. Melempar Bola dengan Kaki

Melempar bola dengan kaki tidak termasuk dalam operan bola basket yang sah. Tindakan ini hanya diperbolehkan dalam sepak bola. Pemain harus menggunakan tangan untuk melakukan operan bola basket.

7. Melempar Bola dengan Kepala

Melempar bola dengan kepala tidak termasuk dalam operan bola basket yang sah. Tindakan ini hanya diperbolehkan dalam sepak bola. Pemain harus menggunakan tangan untuk melakukan operan bola basket.

8. Melempar Bola dengan Siku

Melempar bola dengan siku tidak termasuk dalam operan bola basket yang sah. Tindakan ini dapat menyebabkan cedera pada pemain lawan dan mengganggu ritme permainan. Pemain harus menggunakan tangan untuk melakukan operan bola basket.

9. Melempar Bola dengan Kaki dan Siku

Tindakan melempar bola dengan kaki dan siku tidak termasuk dalam operan bola basket yang sah. Pemain harus menggunakan tangan untuk melakukan operan bola basket.

10. Melempar Bola dengan Gigi

Melempar bola dengan gigi tidak termasuk dalam operan bola basket yang sah. Tindakan ini dapat menyebabkan cedera pada pemain dan mengganggu ritme permainan. Pemain harus menggunakan tangan untuk melakukan operan bola basket.

Conclusion

Jadi, itulah hal-hal yang tidak termasuk operan dalam bola basket. Pemain harus memahami aturan resmi bola basket agar dapat bermain dengan benar dan menghindari tindakan yang tidak sah. Operan yang baik adalah kunci untuk memenangkan pertandingan bola basket, jadi latihlah teknik operan dengan baik dan terus berlatih!