Apa Itu Struktur Teks Negosiasi Dan Apa Yang Bukan Merupakan Strukturnya?

TEKS NEGOSIASI Pengertian, Tujuan, Ciriciri, Jenisjenis, Struktur
TEKS NEGOSIASI Pengertian, Tujuan, Ciriciri, Jenisjenis, Struktur from riskiwr.blogspot.com

Struktur teks negosiasi adalah konsep tentang bagaimana caranya mengatur sebuah teks berupa dialog yang digunakan untuk mencapai suatu kesepakatan atau kompromi yang diinginkan. Struktur teks negosiasi terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pembukaan, penjelasan, tawar-menawar, pengambilan keputusan, dan penyimpulan. Setiap tahapan memiliki peran yang berbeda, namun saling terkait.

Pembukaan

Pada tahap pembukaan, para pihak yang terlibat dalam negosiasi akan memperkenalkan diri dan menyampaikan tujuan mereka. Ini penting karena akan membantu para pihak memahami satu sama lain dan membuat mereka lebih nyaman untuk menjelaskan posisi mereka. Pada saat ini, para pihak juga dapat mengekspresikan harapan mereka tentang hasil akhir negosiasi.

Penjelasan

Tahap selanjutnya adalah tahap penjelasan. Pada tahap ini, para pihak akan menjelaskan posisi mereka secara rinci dan memastikan bahwa satu sama lain benar-benar memahami. Negosiator juga dapat menjelaskan alasan-alasan yang mendasari posisi mereka. Ini penting untuk membangun kepercayaan antara para pihak dan meningkatkan peluang untuk mencapai kompromi yang diinginkan.

Tawar-Menawar

Tahap selanjutnya adalah tawar menawar. Pada tahap ini, para pihak akan mulai bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan. Mereka dapat saling menawarkan kompromi dan mencari solusi yang dapat diterima oleh semua pihak. Tawar-menawar dapat berlangsung selama berjam-jam, hingga para pihak merasa bahwa mereka telah mencapai kesepakatan.

Pengambilan Keputusan

Setelah para pihak sepakat, tahap selanjutnya adalah pengambilan keputusan. Pada tahap ini, para pihak akan menyepakati kesepakatan yang telah dibuat. Setelah ini, para pihak dapat menandatangani dokumen yang mengikat mereka pada kesepakatan yang telah disepakati.

Penyimpulan

Tahap terakhir adalah penyimpulan. Pada tahap ini, para pihak dapat mengulangi kesepakatan yang telah disepakati dan memastikan bahwa semua pihak telah memahami dan menyetujui kesepakatan. Setelah itu, para pihak dapat mengakhiri dialog negosiasi dan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Baca juga:  Gerakan Lutut Pada Setiap Gerak Berirama Adalah Hal Yang Penting

Berikut Ini yang Bukan Merupakan Struktur Teks Negosiasi adalah

Meskipun ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam proses negosiasi, ada beberapa hal yang bukan merupakan bagian dari struktur teks negosiasi. Hal-hal ini termasuk mencari informasi tambahan tentang para pihak yang terlibat, menjelaskan kepada para pihak tentang bagaimana cara mencapai kesepakatan, mencari informasi di luar dialog, dan menyarankan solusi yang dianggap tepat.

Kesimpulan

Struktur teks negosiasi adalah konsep tentang bagaimana cara menyusun sebuah dialog untuk mencapai kesepakatan yang diinginkan. Struktur teks negosiasi terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pembukaan, penjelasan, tawar-menawar, pengambilan keputusan, dan penyimpulan. Beberapa hal yang bukan merupakan bagian dari struktur teks negosiasi adalah mencari informasi tambahan tentang para pihak yang terlibat, menjelaskan cara mencapai kesepakatan, mencari informasi di luar dialog, dan menyarankan solusi yang dianggap tepat.