Berikut Ini Ciri-Ciri Teks Eksplanasi Kecuali

Ciri Dan Fungsi Teks Eksplanasi Yang Perlu Kamu Ketahui Harian Mobile
Ciri Dan Fungsi Teks Eksplanasi Yang Perlu Kamu Ketahui Harian Mobile from mobillegends.net

Definisi Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai suatu fenomena atau peristiwa tertentu. Penjelasan yang diberikan dalam teks eksplanasi biasanya bersifat ilmiah dan bertujuan untuk memperluas pengetahuan pembaca.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

1. Menggunakan Bahasa Ilmiah

Ciri utama dari teks eksplanasi adalah penggunaan bahasa ilmiah. Hal ini bertujuan untuk memperjelas dan memperluas pemahaman pembaca mengenai fenomena atau peristiwa yang dijelaskan dalam teks.

2. Berisi Fakta dan Data

Teks eksplanasi selalu mengandung fakta dan data yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini membuat teks eksplanasi menjadi lebih kredibel dan dapat dipercaya oleh pembaca.

3. Terdapat Penjelasan Mengenai Sebab dan Akibat

Teks eksplanasi selalu memberikan penjelasan mengenai sebab dan akibat. Hal ini bertujuan untuk memperjelas hubungan antara fenomena atau peristiwa yang dijelaskan dalam teks.

4. Menggunakan Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi selalu mengikuti struktur teks eksplanasi yang terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup. Pendahuluan berisi pengenalan mengenai fenomena atau peristiwa yang akan dijelaskan, isi berisi penjelasan mengenai fenomena atau peristiwa tersebut, dan penutup berisi kesimpulan atau rangkuman dari penjelasan yang telah diberikan.

5. Tidak Mengandung Opini

Teks eksplanasi tidak mengandung opini atau pendapat pribadi penulis. Hal ini bertujuan untuk membuat teks eksplanasi menjadi obyektif dan dapat dipercaya oleh pembaca.

6. Menggunakan Istilah Teknik

Teks eksplanasi seringkali menggunakan istilah teknik yang berkaitan dengan fenomena atau peristiwa yang dijelaskan dalam teks. Hal ini bertujuan untuk memperjelas dan memperluas pemahaman pembaca mengenai fenomena atau peristiwa tersebut.

7. Membahas Fenomena atau Peristiwa yang Universal

Teks eksplanasi umumnya membahas fenomena atau peristiwa yang universal, artinya fenomena atau peristiwa tersebut dapat terjadi di mana saja dan pada siapa saja.

Baca juga:  Pantun Tentang Kesehatan Tubuh

8. Bertujuan untuk Memperluas Pengetahuan

Ciri terakhir dari teks eksplanasi adalah bertujuan untuk memperluas pengetahuan pembaca mengenai fenomena atau peristiwa yang dijelaskan dalam teks. Hal ini membuat teks eksplanasi menjadi sangat penting untuk pembelajaran dan pengetahuan manusia.

Penutup

Nah, itulah ciri-ciri dari teks eksplanasi kecuali. Diharapkan dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, pembaca dapat lebih mudah memahami dan mengidentifikasi teks eksplanasi yang baik dan benar. Terima kasih telah membaca artikel ini.