Alasan Playstore Tidak Bisa Update Aplikasi Serta Cara Penanganannya

Play Store adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google dan dijadikan sebagai pusat download berbagai aplikasi untuk android. Tetapi jika aplikasi ini tidak bekerja secara semestinya, ini alasan Playstore tidak bisa update aplikasi serta cara penanganannya.

Kejadian ini sering terjadi yang membuat beberapa pengguna bingung apa yang harus dilakukan agar permasalahan selesai. Faktor juga bisa disebabkan oleh beberapa masalah baik itu internal maupun eksternal dari perangkat pengguna masing-masing.

Alasan Permasalahan

Pertama yang harus diketahui oleh pengguna adalah alasan permasalahan ini terjadi agar pengguna tahu bagaimana cara yang sesuai untuk mengatasinya. Seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya bahwa permasalahan bisa disebabkan oleh dua kemungkinan yaitu internal dan eksternal.

Faktor internal akan muncul karena adanya perbaikan dari aplikasi Playstore sendiri untuk mengatasi bug yang sering terjadi. Oleh karena itu Playstore tidak dapat digunakan sementara. Sementara faktor eksternal bisa disebabkan oleh berbagai kondisi.

Contoh kondisinya adalah internet tidak stabil, tidak sesuainya tanggal, memori yang penuh dan sistem perangkat yang belum update. Ada juga beberapa kondisi lainnya seperti Bluetooth aktif, akun Google bermasalah dan sebagainya.

Cara Mengatasinya

Dari beberapa kondisi di atas akan dijelaskan beberapa cara mengatasinya agar pengguna tidak perlu panik dan bingung. Jika Playstore tidak bisa update aplikasi pengguna dapat mencoba beberapa cara di bawah ini:

1. Memeriksa Koneksi Internet

Cara mengatasi permasalahan yang pertama adalah dengan memeriksa koneksi internet pengguna. Karena kemungkinan koneksi tidak stabil walaupun terlihat bagus, ini akan menyebabkan proses update aplikasi tidak berjalan lancar. Pengguna juga bisa menggunakan VPN dan WIFI agar koneksi internet menjadi stabil.

2. Memperbarui Tanggal

Playstore tidak bisa update aplikasi bisa juga karena tanggal belum terupdate karena sistem tidak berfungsi secara semestinya. Sedangkan cara mengatasinya cukup mudah, pengguna hanya perlu ke menu pengaturan dan memperbaiki tanggal dan jam pada smartphone.

3. Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Apabila penyimpanan di smartphone pengguna sudah mencapai batas atau hampir penuh, mungkin ini salah satu penyebabnya. Memori penyimpanan yang penuh akan membuat aplikasi tidak bisa terupdate dengan sempurna. Karena update aplikasi biasanya menambah penyimpanan secara otomatis ke dalam sistem.

Baca juga:  Intip 6 Aplikasi Kamera Analog yang Tidak Kalah Kece Hasilnnya!

4. Memperbarui Sistem Perangkat

Perangkat yang tidak pernah di update juga menjadi alasan terjadinya masalah ini. Jika ada notifikasi untuk memperbarui sistem pada perangkat, pengguna harus melakukan update tersebut. Hal ini karena pembaruan sistem akan meningkatkan kinerja smartphone kalian.

5. Menghapus Data Cache

Banyaknya data cache dan sampah pada aplikasi Playstore juga menyebabkan aplikasi ini tidak berjalan dengan baik. Cara untuk menghapusnya pun mudah hanya perlu membuka pengaturan dan pilih aplikasi. Setelah itu, cari Google Playstore lalu pilih penyimpanan serta tekan hapus data.

6. Meng Uninstall Update Play Store

Langkah yang terakhir yang perlu dicoba oleh pengguna adalah menghapus instalan pembaruan Play Store. Dengan nama lain mengembalikan Playstore ke instalan awal saat pengguna mulai menggunakan smartphonenya. Caranya hampir sama dengan yang sebelumnya yaitu menuju ke menu pengaturan lalu pilih aplikasi.

Selanjutnya cari aplikasi Playstore lalu pilih menu uninstall updates. Letak menu tersebut berbeda tiap smartphone, pengguna hanya perlu mencarinya. Ada beberapa smartphone yang menunya terdapat di bagian titik tiga di pojok kanan atas.

Jadi ada berbagai alasan mengapa Playstore tidak bisa update aplikasi dan ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Lakukan satu demi satu cara yang sudah dijabarkan di atas jika masih belum ada perubahan pengguna bisa melakukan restart smartphone. Setelah smartphone hidup ulangi langkah kembali cara-cara di atas.