Daftar 7 Aplikasi Burn CD Yang Dapat Digunakan Gratis di Komputer atau Laptop

Pernahkah mendengar istilah burning CD pada komputer jaman dulu? Meski hal ini sudah jarang dilakukan pada zaman sekarang, CD masih dapat digunakan untuk menyimpan data dan file penting. Untuk melakukan burning CD, tentunya akan membutuhkan aplikasi burn CD.

Secara harfiah, burning CD bukan berarti CD dibakar, melainkan proses transfer data dari tempat penyimpanan ke CD. Selain CD, burning juga diberlakukan pada sarana serupa seperti DVD hingga Blu-Ray. Bagi yang ingin melakukan burning, berikut aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan:

1. Ashampoo Burning Studio Free

Opsi yang pertama untuk aplikasi burn CD adalah Ashampoo Burning Studio. Sebagai aplikasi freeware, aplikasi ini memiliki tampilan dan user interface yang modern dibandingkan aplikasi serupa. Dilengkapi berbagai fitur, Ashampoo Burning Studio siap melakukan apa yang diinginkan.

Salah satu fitur yang cukup menjanjikan dari Ashampoo Burning Studio adalah kemampuannya untuk melewati password protection pada CD. CD yang juga mendapat status rewritable juga dapat diformat dengan mudah.

2. BurnAware Free

BurnAware merupakan aplikasi gratis selanjutnya yang digunakan untuk burning CD. Aplikasi ini mampu melakukan burning file berupa dokumen, foto, hingga video dengan durasi panjang. Saat membuka aplikasi, sudah nampak berbagai pilihan yang disediakan oleh BurnAware.

Dengan seluruh fitur yang diberikan, mungkin BurnAware akan membutuhkan performa yang besar. Ternyata, BurnAware dapat dijalankan hingga komputer jadul sekalipun, dan performa proses burning tetap stabil.

3. ImgBurn

Selanjutnya, ImgBurn dapat menjadi pilihan alternatif untuk melakukan burning CD. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur utama, yakni Read, Build, Write, Verify, dan Discovery. Secara keseluruhan, ImgBurn memberikan layanan yang biasanya dibutuhkan dalam pengaturan CD.

Selain fitur, ImgBurn merupakan satu dari sekian aplikasi yang masih mendukung Windows dengan operasi sistem jadul. Masih menggunakan Windows XP, atau bahkan yang lebih lama lagi seperti 95? ImgBurn masih tetap berjalan dengan sempurna.

Baca juga:  Inilah Aplikasi Edit Foto Buram Jadi Jelas Terbaik yang Patut Diketahui!

4. CDBurnerXP

Aplikasi burn CD berikutnya pada ulasan ini adalah CDBurnerXP. Dengan tampilannya yang cukup retro, namun aplikasi ini masih layak digunakan untuk Windows yang lebih canggih. CDBurnerXP dapat melakukan burning pada berbagai macam format CD.

Selain burning, Aplikasi CDBurnerXP dapat membuat file dengan format ISO, yang kemudian dapat dibuka dengan aplikasi yang sesuai. CDBurnerXP juga dapat memverifikasi data setelah proses burning untuk keamanan.

5. Express Burn

Express Burn merupakan aplikasi burning CD yang digunakan untuk keperluan komersial. Aplikasi ini memiliki versi gratis yang dapat diunduh langsung dari situs resminya. Express Burn juga kompatibel dengan komputer dengan sistem operasi Mac.

Untuk versi gratisnya, Express Burn dapat digunakan dengan mudah. Untuk burning, tinggal geser file yang ingin dipindahkan, dan tempelkan ke kolom yang diberikan. Bagi yang hanya menginginkan burning CD, Express Burn merupakan pilihan yang tepat.

6. InfraRecorder

Meski tampilannya sangat simpel, jangan remehkan aplikasi burn CD yang satu ini. InfraRecorder memiliki beragam fitur yang cukup fantastis mengingat aplikasinya yang gratis dan ringan.

Selain burning CD, InfraRecorder juga dapat digunakan untuk memformat CD yang rewritable dengan empat metode. Aplikasi ini juga dapat menyalin CD kloningan agar CD original tetap terjaga kualitasnya.

7. StarBurn

Terakhir, StarBurn adalah aplikasi yang tepat untuk burning CD dan kebutuhan lainnya. Tidak hanya CD, StarBurn mendukung segala jenis kepingan yang digunakan dalam menyimpan data.

Bagi yang kurang paham, StarBurn memiliki Quick Wizard Tool yang akan membantu menjelaskan setiap fitur yang dimiliki. Proses instalasinya juga sangat mudah, hanya dengan menekan Next hingga instalasi selesai.

Demikian informasi mengenai aplikasi burn CD yang dapat digunakan untuk transfer data ke CD secara gratis. CD yang di burn kemudian dapat disimpan, atau digunakan kembali. Sebelum proses burning, pastikan CD masih bisa digunakan dan dalam kondisi tanpa cacat.

Baca juga:  Intip 6 Aplikasi Kamera Analog yang Tidak Kalah Kece Hasilnnya!