7 Aplikasi Perekam Suara Menjadi Teks Tercepat Dan Terakurat

Kegiatan transkrip suara menjadi teks adalah salah satu hal yang paling dihindari bagi kebanyakan orang. Padahal aktivitas ini juga penting untuk merangkum misalnya pembicaraan dalam sebuah seminar atau wawancara. Jadi kehadiran aplikasi perekam suara menjadi teks merupakan hal yang dinanti.

Dengan aplikasi tambahan ini, transkrip rekaman suara pun akan lebih cepat dan menjadi tidak membosankan. Apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk itu? Berikut rangkumannya:

1. Live Transcribe

Aplikasi ini merupakan satu dari banyaknya aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Namun sebelumnya, aplikasi perekam suara menjadi teks ini sebetulnya diperuntukkan untuk penyandang tuna rungu.

Jadi pengguna bisa berbicara di depan ponsel dan Live Transcribe akan langsung mentranskripnya dalam bentuk teks. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga telah kompatibel untuk 70 bahasa lebih.

2. Write by Voice

Merubah rekaman suara menjadi teks juga datang dari aplikasi Write by Voice. Kelebihan dari aplikasi ini adalah mampu mengirimkan hasil transkrip suara secara langsung ke email, messenger, atau aplikasi pendukung lainnya.

Tak perlu khawatir jika ingin melakukan transkrip menggunakan bahasa asing, karena aplikasi ini sudah mendukungnya. Salah satu fitur lain yang diunggulkan adalah mode gelap untuk menghemat daya baterai pada ponsel.

3. Gboard atau Google Keyboard

Rekomendasi lain datang dari aplikasi Gboard yang juga dapat membantu aktivitas transkrip suara. Tetapi selain fungsi utama tersebut, aplikasi ini juga bisa menunjang aktivitas lainnya. Seperti halnya pengetikkan geser, google translate, tulis tangan, dan lain sebagainya.

Meski memiliki fungsi yang canggih, namun pengguna bisa menikmati aplikasi ini secara gratis tanpa harus berbayar. Keunggulan lain dari aplikasi Google Keyboard ini adalah menunjang 60 bahasa atau lebih sehingga bisa digunakan secara universal.

Baca juga:  5 Aplikasi untuk Menyatukan Foto yang Terpisah dengan Android

4. Speechnotes

Berikutnya dalam aplikasi perekam suara menjadi teks adalah Speechnotes yang juga dikembangkan oleh Google. Tanpa perlu membuat akaun dan semacamnya, Speechnotes sudah bisa digunakan.

Jika ingin menggunakan fitur transcribe, pengguna cukup menekan ikon mikrofon. Istimewanya Speechnotes bisa digunakan secara offline tanpa harus menggunakan jaringan internet. Di samping itu, pengguna juga dapat langsung melakukan pengeditan teks ketika proses transkripsi.

5. Notulite

Aplikasi selanjutnya yang dapat dipakai untuk mentranskrip rekaman suara menjadi teks adalah Notulite. Pasalnya aplikasi ini mampu mentranskrip dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi dan dalam waktu cepat.

Fitur menarik lain di Notulite adalah adanya diarisasi pembicara, yang mampu mendeteksi dan membedakan karakteristik suara setiap pembicaranya. Selain itu, pengguna juga bisa langsung melakukan edit teks ketika proses transkrip berjalan.

6. Voice Search

Sejak tahun 2011 aplikasi perekam suara menjadi teks ini terus melakukan pengembangan. Sehingga kini Voice Search dapat mentranskrip suara dari berbagai bahasa, seperti Spanyol, Arab, Rusia, Inggris, dan lainnya.

Jadi aplikasi ini sangat bermanfaat ketika sedang berbicara dengan para native speaker. Voice Search juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan transkrip wawancara, seminar, ataupun kelas baik menggunakan Bahasa Indonesia maupun bahasa asing.

7. Otter

Terakhir, rekomendasi aplikasi datang dari Otter yang cocok digunakan baik untuk siswa maupun mahasiswa. Otter sangat cocok membantu melakukan transkrip rekaman suara secara cepat untuk meeting, presentasi, atau wawancara.

Didukung oleh Ambient Voice Intelligence (AVI) membuat aplikasi Otter mampu bekerja secara cepat dan memiliki tingkat akurasi tinggi. Banyak pengguna yang akhirnya beralih ke aplikasi ini, terlebih ketika masa pandemi beberapa waktu lalu.

Tak perlu lagi capek-capek mengetik ulang rekaman suara, karena kini sudah tersedia aplikasi perekam suara menjadi teks dengan berbagai variasi. Jadi pengguna ponsel pintar tinggal memasang satu dari aplikasi-aplikasi di atas dan memanfaatkannya untuk mentranskrip hasil rekaman suara.