Simak Cara Membuka Gmail Lupa Sandi dalam Berbagai Pilihan

Biasanya ketika membeli smartphone baru akan diminta untuk memasukkan atau membuat email jika belum memilikinya sebelum menggunakannya. Sebab dalam email akan lebih mudah untuk melakukan pendaftaran pada beragam aplikasi hingga rekaman data di smartphone. Lantas bagaimana apabila melupakan kata sandi? Tentu cara membuka Gmail lupa sandi untuk perlu diketahui oleh pengguna.

Tentunya perlu langkah khusus agar pihak Gmail tidak mengira bahwa pengguna adalah penyusup yang bukan menjadi pemilik. Oleh karena itu, beberapa langkah verifikasi atau validasi data diperlukan untuk mencegah akun Gmail menjadi lebih buruk atau tidak bisa dibuka. Simak beberapa penjelasan di bawah ini mengenai cara membuka Gmail lupa sandi dalam beragam pilihan sebagai berikut:

Mengembalikan Akun Gmail Lupa Password Melalui Smartphone

Rekomendasi cara pertama yang dapat mengembalikan akun Gmail lupa password yakni menggunakan bantuan smartphone. Sebenarnya langkah kali ini lebih ditunjukkan ketika pengguna ingat bahwa telah menyambungkan email tersebut ke dalam smartphone yang dimiliki. Untuk mengetahuinya lebih jelas simak cara membuka Gmail lupa sandi melalui nomor atau mengetuk angka yang sama, yaitu:

1. Mengulang Kata Sandi Melalui Nomor Telepon

Langkah ini dapat dicoba dengan menggunakan perangkat laptop atau smartphone lain yang berbeda dari yang dimiliki. Pertama seperti biasa buka Gmail dan ketikkan nama akun, lalu klik pilihan “Lupa kata sandi” dilanjutkan dengan coba cara lain. Pilih bagian “Ketuk pada ponsel” dan siapkan perangkat ponsel yang tersambung dengan Gmail, lalu akan muncul beberapa pilihan angka.

Pada bagian perangkat pertama, pilih salah satu angka yang mudah diingat dan samakan pilihannya dengan ponsel yang memiliki Gmail. Langkah selesai, kini coba untuk mengetikkan kata sandi baru dan lakukan log in pada akun Gmail.

Baca juga:  9 Cara Menambahkan Follower IG Tanpa Aplikasi yang Wajib Diketahui

2. Mengatur Ulang Kata Sandi dengan Mengetuk Angka yang Sama di Smartphone

Langkah yang dibutuhkan sangat serupa dengan sebelumnya, namun pastikan nomor telepon yang akan muncul nantinya masih aktif dan digunakan. Pada bagian “coba cara lain” untuk mengatur ulang kata sandi, pilih bagian “pulihkan dengan nomor telepon”. Kemudian perhatikan bagian akhir nomor telepon, lalu periksa kombinasi angka yang dikirimkan Gmail dan terakhir buat kembali kata sandi.

Memulihkan Akun Gmail Melalui Laptop atau Komputer

Beralih ke cara membuka Gmail lupa sandi berikutnya yaitu dengan menggunakan laptop, khususnya dengan melewati pertanyaan keamanan. Hal ini juga dapat dilakukan ketika pengguna sudah merasa pernah mengatur pertanyaan keamanan sesuai kondisi pribadinya. Pertanyaannya juga beragam dan jawabannya divalidasi dengan menggunakan data sebelumnya seperti:

  • Masukkan nama akun Gmail yang kata sandinya belum diingat.
  • Kemudian pada kolom memasukkan kata sandi, klik tulisan “Lupa kata sandi”.
  • Biasanya pada percobaan pertama akan diminta untuk memasukkan nomor validasi Gmail.
  • Klik “Coba cara lain” untuk memulihkan melalui pertanyaan keamanan.
  • Pilih menu pertanyaan keamanan dan jawab sesuai dengan data yang dikirimkan dahulu. Pertanyaan beragam sesuai pengaturan seperti nama hewan peliharaan, nama sahabat masa kecil, dan sebagainya.
  • Setelah menjawab dan yakin benar, klik lanjut.
  • Ketika jawaban memang benar, maka akan muncul kolom untuk mengatur ulang kata sandi.
  • Berikutnya ketikkan kembali kata sandi tersebut dan selesai.
  • Coba untuk masuk menggunakan kata sandi yang terbaru, selamat mencoba!

Itulah beberapa pembahasan yang dapat disampaikan mengenai cara membuka Gmail lupa sandi. Memang seringkali para pengguna smartphone tidak menyadari keberadaan Gmail ternyata menyimpan berbagai data penting. Padahal berbagai nomor kontak, jadwal di Google kalendar, hingga berbagai kata sandi tersimpan di dalamnya dan perlu disimpan dengan baik agar bisa selalu diakses.

Baca juga:  Cara Merubah Negara di Play Store Mudah dan Terbaru 2021