Inilah Cara Merekam Suara Zoom dengan Fitur Bawaan HP dan Aplikasi Tambahan

Apk Zoom berkembang pesat dalam dua tahun terakhir ini. Selain dapat diakses menggunakan handphone, sekarang ini sudah dapat direkam sehingga bisa ditonton kembali. Namun, terkadang hasil rekaman tersebut tidak ada suaranya sehingga perlu untuk mengetahui cara merekam suara Zoom di HP agar tidak seperti sedang menonton film bisu.

Rekaman video Zoom tentu berguna untuk melihat detail penting atau melakukan evaluasi terhadap meeting yang telah dilaksanakan. Merekam video Zoom dapat dilakukan oleh semua peserta tidak hanya host saja. Tetapi sebaiknya hal tersebut telah mendapat persetujuan dari peserta lainnya. Untuk mendapatkan hasil rekaman yang sesuai harapan, simak uraian berikut ini!

Merekam Langsung dari Aplikasi Zoom Memakai HP

Biasanya fitur yang terdapat dalam aplikasi komputer dapat ditemui pada aplikasi untuk handphone begitu juga dengan aplikasi Zoom. Untuk dapat merekam jalannya meeting menggunakan ponsel, yang lengkap dengan suaranya, maka dapat memakai cara merekam suara Zoom di HP langsung dari aplikasinya berikut ini:

  • Buka aplikasi Zoom, tentunya aplikasi ini telah ada di handphone yang akan digunakan untuk meeting;
  • Masukkan kode meeting dan password yang telah didapat secara manual atau mengaksesnya melalui link yang dibagikan;
  • Pilih Join Audio agar mikrofon yang digunakan berfungsi dengan baik;
  • Klik Tombol More akan muncul beberapa fitur lainnya;
  • Tekan tombol Record untuk mulai merekam meeting Zoom yang dilakukan;
  • Manfaatkan fungsi Pause dan Stop untuk menghentikan sementara atau mengakhiri proses rekaman.

Menggunakan Aplikasi Perekam Layar Bawaan

Ketika merekam langsung dari aplikasinya, rekaman tersebut tersimpan di cloud online sehingga untuk melihatnya lagi tentu diperlukan akses cloud yang memerlukan jaringan internet. Apabila ingin menyimpannya di galeri agar dapat dilihat kapan saja tanpa kuota. Cara yang dapat dilakukan adalah merekamnya dengan perekam layar.

Baca juga:  Rekomendasi Aplikasi Untuk Melacak No HP, Solusi Mengatasi Penelpon Gelap

Kelemahan fitur ini adalah, semua yang muncul di layar akan terekam termasuk pop up pesan masuk. Apabila hasil rekaman untuk konsumsi pribadi tentu tidak masalah, tetapi untuk membagikannya harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Berikut adalah  cara merekam suara Zoom di HP menggunakan perekam layar bawaan yang bisa dibuka.

Sebelum menggunakannya, pastikan telah mengaktifkan fitur ini melalui shortcut menu dengan menarik layar bagian atas temukan fitur tersebut. Jika tidak ditemukan di shortcut menu, coba mencarinya di menu setting dengan mengetikkan screen recorder di kolom pencarian kemudian aktifkan. Tanda fitur ini telah aktif adalah akan muncul bulatan merah dengan tulisan start di sebelahnya.

Memakai Aplikasi Screen Recorder Pihak Ketiga

Apabila ternyata ponsel yang digunakan tidak memiliki fitur screen recorder maka manfaatkan aplikasi pihak ketiga. Banyak aplikasi screen recorder tidak berbayar yang dapat diunduh dari Play Store dengan fitur-fitur lain yang dapat digunakan untuk membuat video berkualitas tinggi. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan:

1. Mobizen

Mendapat penghargaan dari Google sebagai aplikasi perekam layar terbaik pada tahun 2016 kinerja aplikasi ini mendapat penilaian positif dari penggunanya. Kelengkapan fitur yang dimiliki seperti hasil rekaman berkualitas tinggi dan langsung tersimpan di memori eksternal. File unduh aplikasi ini sebesar 20,9 MB dan bekerja baik pada ponsel yang memiliki RAM minimal 2GB. Sehingga pas untuk perekaman suara pada saat menjalani Zoom meeting.

2. DU Recorder

Salah satu aplikasi perekam layar paling populer ini layak dijadikan cara merekam suara zoom di HP yang dapat diandalkan. Tidak perlu melakukan banyak pengaturan aplikasi ini akan bekerja dalam sekali sentuh. Didukung oleh fitur-fitur terkini seperti live streaming dan editing video kualitas rekaman yang dihasilkan sangat mumpuni. Aplikasi ini dapat digunakan pada Android Lollipop.

Baca juga:  5 Aplikasi Edit Foto Instagram Kotak Kotak yang Bikin Lebih Instagramable!

 3. Screen Recorder

Seperti namanya yang sederhana dan menunjukkan fungsinya secara harfiah aplikasi ini mengusung tampilan yang simple. Namun, di balik kesederhanaannya aplikasi ini mempunyai banyak fitur menarik misalnya untuk menghentikan proses rekaman pengguna cukup dengan menggoyangkan layar. Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik pada ponsel Android Lollipop. Jika digunakan pada versi sebelumnya harus dilakukan root terlebih dahulu.

4. Super Screen Recorder

Watermark pada video Zoom meeting terasa akan mengganggu karena mungkin menutupi bagian-bagian penting yang terjadi saat meeting tersebut berlangsung. Dengan menggunakan Super Screen Recorder, video yang dihasilkan akan bersih tanpa watermark yang mengganggu. Aplikasi ini pilihan tepat untuk digunakan dalam cara merekam suara Zoom di HP, karena hasil video rekaman layar disertai suara yang jernih.

5. RecMe Free Screen Recorder

Durasi Zoom meeting yang tidak tentu membutuhkan aplikasi perekam layar yang tidak memiliki limit waktu sehingga dapat melakukan dari awal sampai akhir. Fitur unggulan RecMe Free Screen Recorder adalah dapat merekam layar dengan mikrofon dan audio internal dan kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih.

Selain itu kualitas video yang dihasilkan memiliki resolusi HD, tidak ada watermark, dan adanya pilihan untuk menyimpan hasil rekaman. Penggunaanya dapat dilakukan dengan mudah bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

6. X Recorder

Aplikasi perekam layar yang satu ini menghasilkan video yang berkualitas tinggi yang jernih dan tanpa watermark yang mungkin mengganggu hasil rekaman Zoom. Dioperasikan hanya dengan sekali sentuhan saja. Proses rekaman layar dapat dilakukan tanpa adanya batasan durasi waktu. Hasil rekaman pun berupa video HD berkualitas tinggi yang tentunya akan nyaman ketika ditonton.

Baca juga:  Aplikasi Turbo VPN Untuk Apa_ Simak Penjelasan Lengkapnya!

Besarnya file aplikasi ini adalah 26 MB. InShoot sebagai pengembangnya menjanjikan proses screen recorder berlangsung tanpa nge-lag. Bahkan proses editing video dapat dilakukan pada saat proses rekaman berlangsung.

7. Vidma Recorder

Aplikasi screen recorder pilihan tepat dalam cara merekam suara Zoom di HP ini hanya memerlukan ruang memori yang sangat kecil hanya sekitar 3,6 MB. Dengan ukurannya yang tidak begitu besar, aplikasi ini memiliki fitur yang dapat menghasilkan video berkualitas HD yang tentunya enak ditonton. Keunggulan aplikasi ini adalah fitur audio yang telah tersemat di dalamnya.

8. AZ Screen Recorder

Hasil rekaman layar aplikasi ini terbilang jernih. Juga tidak ada watermark dan bebas iklan yang mungkin mengganggu ketika melakukan screen recorder. Aplikasi AZ Screen Recorder memiliki fitur pemilihan resolusi video dan perekam suara dari mic cocok digunakan merekam jalannya Zoom meeting untuk ditonton ulang.

Aplikasi ini memerlukan ruang sebesar 13 MB untuk dapat dipasang pada ponsel dan dapat diunduh tanpa bayar. Hanya saja untuk menggunakan fitur lain seperti editing video atau facecam harus melakukan pembelian lewat aplikasi. Namun, jika hanya untuk merekam Zoom meeting saja fitur gratisnya sudah dapat diandalkan.

Itulah cara merekam suara Zoom di HP yang dapat dilakukan baik langsung dari aplikasi Zoom atau melalui aplikasi lain. Pengguna diberi kebebasan untuk menentukan alternatif mana yang paling mudah dan menarik untuk dipakai. Sehingga kini pengguna tidak perlu merasa risau jika harus menjalani meeting penting via Zoom dan harus merekam bagian tertentu agar tidak kelupaan momentnya. Apalagi untuk poin yang sifatnya penting dan harus didokumentasikan!