Ketahui Cara Mengatasi Wifi yang Tidak Bisa Terhubung dengan Tepat

WiFi lambat bahkan tidak terhubung sama sekali pasti sangat menyebalkan, apalagi yang mempunyai deadline pekerjaan atau harus mengerjakan sesuatu yang menggunakan jaringan WiFi. Hal tersebut bisa diatasi sendiri tanpa harus memanggil petugas WiFi ke tempat, cara mengatasi wifi yang tidak bisa terhubung pun mudah dilakukan. Berikut penjelasan cara mengatasinya serta beberapa penyebabnya.

Cara Untuk Mengatasi WiFi Tidak Terhubung

Ada banyak cara mengatasi WiFi yang tidak bisa terhubung, baik itu tidak terhubung maupun WiFi yang berjalan sangat lambat. Beberapa cara dibawah ini bisa dicoba untuk mengatasinya. Jangan sampai menggunakan cara yang tidak tepat, sehingga malah menyebabkan WiFi tidak bisa digunakan selamanya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Update Driver Adaptor

Seringkali WiFi memiliki kendala tidak bisa terhubung ke sebuah perangkat padahal modem dari WiFi tersebut menyala. Cara yang pertama yang bisa digunakan adalah mengupdate adaptor WiFi yang ada di PC, buka menu my computer pilih properties option kemudian pilih lagi yang driver adaptor WiFi, lalu yang terakhir update driver software.

2. Mematikan Modem, Wireless Router atau Router

Cara yang paling mudah adalah dengan mematikan modem wifi tersebut. Cukup mematikan modemnya selama 30 detik, lalu nyalakan kembali. Tunggu hingga semua lampu dalam modem tersebut berwarna hijau. Lalu, cobalah untuk kembali menjalankan internet.

3. Melakukan Reboot Router

Untuk cara yang ketiga adalah melakukan reboot router, buka web browser pada ponsel dan ketikan nomor 192.168.0.1/192.168.1.1. Jika sudah, akan muncul sebuah menu untuk memasukan username (admin) serta kata sandi (admin). Kemudian pilih yang system tools a reboot option lalu pilih menu untuk reboot, tunggulah hingga prosesnya selesai.

Baca juga:  Cara Membuka Blokiran Wifi dengan Mengubah Mac Address Tanpa Root

4. Mengaktifkan Mode Pesawat

Menyalakan mode pesawat adalah salah satu cara yang paling mudah, tinggal pilih mode pesawat lalu ubah ke menu “ON” dan tunggu hingga beberapa saat. Setelah sekitar 1 menit matikan mode pesawat, lalu cek kembali apakah WiFi sudah bisa terhubung atau belum.

5. Install Ulang

Cara selanjutnya adalah dengan menginstall ulang driver wifi yang terletak di PC. Klik menu “Start” pilih menu “Manage” setelah itu pilih lagi “Device Manager”, selanjutnya cari menu “Network Adapter” lalu pilih “Hardware WiFi”. Klik kanan pada menu tersebut serta klik “Uninstall” dan yang terakhir pilih “Scan for Hardware Changes”.

Penyebab Wifi Tidak Bisa Terhubung

WiFi yang tidak bisa terhubung pasti memiliki beberapa masalah atau penyebabnya, untuk bisa memperbaikinya kembali, maka harus mengetahui dahulu faktor penyebabnya agar penanganannya juga tepat. Penyebab di bawah ini bisa datang dari dalam jaringan WiFi itu sendiri atau bahkan datang dari perangkat si pengguna:

1. Letak Modem atau Router

Letak modem WiFi dengan perangkat yang dihubungkan terlalu jauh. Jadi, jaringannya pun terkesan lambat bahkan tidak bisa terhubung. Letakkanlah modem atau router pada posisi yang bisa dijangkau semua orang.

2. Server Down

Kendala yang paling sering terjadi pada wifi adalah server yang sering down, kejadian seperti ini pasti tidak membuat nyaman penggunaannya. Hal yang bisa dilakukan adalah hanya dengan menunggu perbaikan dari kantor pusat.

3. Cache Menumpuk

Sampah atau cache yang menumpuk di laptop atau ponsel juga bisa menyebabkan jaringan WiFi tidak bisa terhubung. Sebaiknya rutin membersihkan cache jika dirasa sudah terlalu banyak.

Baca juga:  Inilah 5 Cara Mengatasi Lupa Pin Gopay 2021

4. Adaptor Tidak Diperbarui

Penyebab yang sering tidak disadari adalah adaptor WiFi di PC yang sudah lama tidak diperbarui. Hal tersebut menyebabkan WiFi tidak bisa terhubung karena masih menggunakan versi yang lama.

5. Masalah Jaringan

Penyebab terakhir yang sering terjadi adalah jaringan yang terhubung pada perangkat pengguna baik itu ponsel atau PC. Cek jaringannya apakah terhubung dengan jaringan publik atau tidak. Jika terhubung dengan jaringan publik, maka pantas saja jika tidak bisa terhubung dengan WiFi yang akan digunakan.

Itulah cara mengatasi WiFi yang tidak bisa terhubung beserta dengan faktor penyebabnya. Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi jika tiba-tiba jaringan WiFi tidak bisa terhubung. Hal ini karena, terdapat cara untuk menangani permasalahan tersebut.