Cara Merubah Facebook Pribadi Menjadi Bisnis Melalui Grup di Facebook

Mendirikan bisnis tidak memandang gender ataupun usia, tinggal bagaimana kecerdikan dalam memilih teknik pemasaran. Facebook sebagai media sosial menjadi salah satu dari sekian banyak pilihan. Untuk mempermudah pengguna, dari facebook pribadi bisa diubah menjadi halaman bisnis. Simak cara merubah facebook pribadi menjadi bisnis melalui grup di bawah ini:

1. Buka Halaman Login

Cara merubah facebook pribadi menjadi bisnis yang pertama adalah dengan login ke akun pribadi. Buka halaman facebook pada browser, lalu masukkan email atau nomor handphone dan password. Jika lupa password, klik pada opsi ‘Lupa Kata Sandi?’. Diperlukan waktu tambahan jika perlu mereset kata sandi terlebih dahulu.

Bagi yang kata sandi sudah dirasa benar, dapat langsung mengklik tombol login. Sebagai penggiat bisnis, setelah halaman facebook muncul dapat dilihat circle yang dimiliki. Perhatikan produk atau jasa bisnis yang  akan dibuat. Cocok atau tidak dengan orang yang dikenal melalui facebook perlu dipertanyakan. Jika belum perbanyak circle pertemanan di facebook.

2. Cari Grup

Merubah facebook pribadi menjadi bisnis tidak cukup dengan pemasaran yang menggunakan lingkaran pertemanan saja. Setelah merangkum garis besar siapa saja yang menjadi teman di facebook saat ini, pengguna mulai dapat menentukan grup yang sesuai. Gunakan kata kunci produk atau jasa, maka dengan mudah menemukan grup yang sesuai.

Sasaran pengguna produk atau jasa bisnis adalah utamanya. Jika grup yang tersedia masih belum sesuai, buat grup sendiri menjadi alternatif. Hanya saja, memerlukan pemikiran ekstra karena perlu mencari anggota terlebih dahulu. Grup dapat dibuka untuk publik agar memudahkan kenaikan jumlah anggota grup. Link grup juga bisa disebarkan melalui platform lain.

3. Baca Ketentuan

Setelah mendapatkan nama-nama grup yang cocok dengan produk atau jasa yang ingin ditawarkan, baca ketentuan grup terlebih dahulu. Anggota yang baru bergabung ibarat tamu sehingga perlu memahami tata krama grup. Ketentuan yang umum adalah tidak membagikan hal-hal tidak pantas. Jika terlalu sering memposting juga dianggap melanggar karena termasuk spam.

Baca juga:  Inilah Cara Membuka Akun Facebook yang Terkunci dengan Mudah

Tidak semua grup dibuka untuk publik, ada grup yang dikunci sehingga perlu menunggu admin grup untuk menyetujui bergabung. Jika notifikasi persetujuan grup belum muncul, dapat langsung mengirim pesan ke admin. Di samping membaca ketentuan, melihat anggota grup juga dapat menambah pandangan dalam proses pemasaran selanjutnya.

4. Siapkan Caption dan Foto Menarik

Jika melihat beranda atau postingan di dalam grup, banyak orang yang juga memasarkan bisnisnya. Jangan memilih mundur saat melihat banyak pesaing. Lihat bagaimana mereka memasarkan dan bangun ide untuk memasarkan bisnis milik sendiri. Baik dari segi caption ataupun foto harus dibuat semenarik mungkin.

Kemampuan membuat konten menjadi ilmu penting dalam menyulap facebook pribadi menjadi bisnis. Kalimat sugesti dan foto yang memiliki komposisi bagus akan dapat lebih menarik konsumen. Pilah dan tentukan caption seperti apa dan foto yang bagaimana yang akan digunakan untuk pemasaran di grup facebook. Asah kreativitas semaksimal mungkin.

5. Posting Informasi Promosi

Setelah caption dan foto siap, rencanakan waktu untuk posting. Waktu menjadi pertimbangan penting karena ada jam-jam tertentu kebanyakan orang akan membuka handphone bersamaan. Hati-hati dalam memposting agar tidak bertabrakan dengan postingan lain. Informasi promosi bisnis milik sendiri menjadi tenggelam atau kurang diperhatikan oleh orang lain hanya karena waktu yang kurang sesuai.

Foto dapat disimpan di penyimpanan yang mudah diingat agar memudahkan saat proses posting. Caption dapat dibuat di Notepad atau program yang sesuai lainnya. Jika masih ragu dapat ditulis apa adanya dan dipercantik saat memposting. Begitu pun dengan foto, jika masih ada foto yang tertinggal dapat segera ditambahkan.

Mendirikan bisnis menjadi trend dengan alasan tidak bisa bekerja di bawah pimpinan orang lain. Alhasil, persaingan pasar semakin sengit. Cara merubah facebook pribadi menjadi bisnis di atas dapat menjadi jalan pintas pemasaran. Meraup pundi-pundi rupiah semakin mudah. Buktikan sendiri dan bangun kerajaan bisnis dalam waktu yang singkat.