Inilah 5 Cara Mengatasi Codec Video Tidak Didukung di Android

Saat ini, mengunduh berbagai video yang menarik hingga penting adalah hal mudah. Terkadang, terdapat notifikasi ‘Video tidak didukung’ ketika hendak memutar salah satu video. Hal ini mungkin bukan karena video rusak, tapi karena codec. Lalu, bagaimana cara mengatasi codec video tidak didukung di android? Adapun penjelasan sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi VLC for Android

Salah satu cara mengatasi codec video tidak didukung di android adalah menggunakan VLC. Dulunya, aplikasi ini hanya digunakan menggunakan komputer dan laptop, tapi sekarang telah dapat digunakan di handphone. Format yang mampu diputar dengan aplikasi ini adalah MOV, AVI, MP4, Wv, FLAC, MKV, Ogg, TS, AAC, hingga M2TS.

Mendukung berbagai audio dan memberikan subtitle multi-track. Mengatur waktu tidur agar layar tidak menghitam ketika video sedang diputar. Ada juga mikrofon agar pengguna dapat melakukan pencarian dengan suara. Ukuran aplikasi ringan, serta penggunaannya yang gratis hingga pengguna tidak perlu repot merogoh kocek. Hanya saja, terdapat beberapa iklan yang mungkin mengganggu.

2. Menggunakan Aplikasi MX Player

Aplikasi ini mendukung berbagai format seperti MP4, DIVX, MPEG, XVID, hingga AVI. Selain itu, aplikasi ini mendukung berbagai format subtitle seperti sub, idx, txt, hingga srt dan lainnya lagi. Kerennya lagi, MX Player memberikan fitur kontrol gerakan yang dapat membuat pengguna mengatur kecerahan, memindahkan teks subtitle, dan banyak kegunaan lainnya.

Dapat digunakan dengan gratis tapi memiliki beberapa iklan yang mungkin mengganggu di dalamnya. Adapun versi premium yang mana pengguna harus membayar agar terbebas dari iklan dan dapat mengakses fitur lebih. Ukuran aplikasi ini juga terbilang cukup ringan dan dapat digunakan dengan mudah.

3. Menggunakan Aplikasi GOM Player

Memiliki berbagai fitur dan mudah digunakan. Salah satu fitur andalannya adalah gestur, pengguna tidak repot mencari tombol menu karena dapat mengontrol video dengan melakukan gestur tertentu. Dapat mengontrol kecepatan pemutaran video dan kecerahannya. Video non-encoded termasuk MP4 dapat diputar hingga mampu memutar 360 video.

Baca juga:  Cara Membuka File Rar di Laptop Tanpa Ribet

Pengguna dapat menyusun daftar favorit dan melakukan screenshot layar saat video diputar. Terdapat juga fitur pengatur waktu tidur ketika menonton. Dengan tampilannya yang sederhana, GOM Player mampu dihubungkan dengan Dropbox, OneDrive, Google Drive, FTP, dan WebDAV. Tersedia fitur premium bagi para pengguna yang melakukan pembayaran.

4. Menggunakan Aplikasi Archos Video Player

Aplikasi ini dapat memutarkan berbagai video dari berbagai sumber seperti yang disimpan pada memori internal hingga memori eksternal. Dapat diunduh juga subtitle untuk menonton video yang sedang diputarkan. Lebih jelasnya, jenis format yang didukung dalam aplikasi ini adalah AVI, FLV, MP4, WMV, hingga MKV.

Untuk subtitle, yang mampu terbaca dengan baik adalah sub, ass, srt, dan smi. Selain itu, terdapat browse hingga pengguna dalam menelusuri berbagai film berdasarkan genre, judul, tahun rilis, durasi tayang, hingga peringkatnya. Aplikasi ini menyediakan penggunaan gratis dan penggunaan yang berbayar untuk mendapatkan semua fitur menyenangkan tanpa kehadiran iklan.

5. Menggunakan Aplikasi BSPlayer

Dalam aplikasi ini, subtitle akan langsung terunduh secara otomatis ketika handphone pengguna terhubung dengan internet atau Wi-Fi. Selain untuk menonton video, aplikasi ini juga digunakan untuk mendengarkan berbagai audio seperti bawaan dari sistem operasinya. Berbagai jenis format subtitle yang tersedia secara otomatis adalah ass, sub, srt, txt, hingga ssa.

Pengguna dapat mengatur video menjadi cepat hingga menghemat baterai dan mengunci layar untuk mencegah pemutaran video yang berubah. Aplikasi ini dapat digunakan gratis, jadi pengguna yang biasanya kerepotan melakukan pembayaran tidak perlu cemas. Tentu saja pengguna perlu menjadi pengguna premium yang melakukan pembayaran jika ingin mendapatkan fitur lengkap.

Itulah 5 cara mengatasi codec video tidak didukung di android yang mudah dan dapat dicoba. Pengguna cukup memilih untuk melakukan salah satu cara saja atau berbagai cara tersebut. Tidak akan ada lagi notifikasi berupa video yang tidak didukung ketika hendak diputar.