5 Cara membuka situs yang terblokir yang Mudah dan Cepat

Suatu situs ada kalanya mengalami gangguan tidak bisa dibuka dengan munculnya pemberitahuan bahwa situs terblokir. Pemerintah biasanya memblokir beberapa situs dikarenakan terdapat konten tidak layak untuk diakses. Bahkan beberapa tempat umum juga memblokir situs tertentu saat terhubung wifi di kawasan tersebut. Untuk itu, simak beberapa cara membuka situs yang terblokir berikut ini:

1. Memakai VPN atau Virtual Private Network

VPN dapat dikatakan sebagai cara terbaik untuk dapat membuka situs web terblokir. Terutama bagi yang membutuhkan akses secara teratur pada konten terbatas. VPN sendiri suatu alat yang memungkinkan mengubah IP address dan melakukan enkripsi lalu lintas internet. Jadi, lokasi sebenarnya tidak dapat diketahui oleh siapapun.

Hal terbaik mengenai VPN yaitu bisa membuat aktivitas sedang online menjadi anonim sepenuhnya. Penyedia layanan internet bahkan tidak akan dapat melacak keberadaan penggunanya melalui cara ini. Apalagi ketika situs yang dibatasi kantor atau negara sudah berhasil dibuka.

2. Memakai IP Address Bukan Menggunakan URL

Situs yang terblokir biasanya terdapat kemungkinan pengguna menggunakan URI (Unified Resource Locator), bukan IP address. Seseorang bisa membuka situs tersebut dengan memakai IP address apabila hal tersebut menjadi masalah. Cukup temukan kemudian salin IP ke browser untuk bisa mengakses suatu situs web dari Windows. Berikut langkah selengkapnya yang perlu dilakukan:

  • Ketik cmd pada menu
  • Buka suatu program Command Prompt (CMD).
  • Ketik kata ping dan alamat situs berupa link yang ingin dibuka dari masalah terblokir.
  • Tempelkan atau paste pada bila pencarian.

3. Memakai Bantuan dari BE (Browser Extension)

Cara membuka situs yang terblokir lainnya bisa menggunakan bantuan dari BE atau browser ekstensi. Hal ini diperlukan untuk dapat kembali mengakses situs secara teratur.

Baca juga:  Cara Cek Hp Support Wireless Charger 2021

Pilihannya sendiri cukup banyak, misalnya seperti ProxMate, UltraSurf, Hola, dsb. Cukup kunjungi pada bagian extension dan kemudian pilih salah satunya sesuai keinginan.

4. Membuka Situs Terblokir dengan Proxy Terbuka

Apabila sedang terburu-buru membuka situs terblokir karena membutuhkannya segera, maka pakai situs proxy. Perlu diketahui bahwa proxy gratis tidak membutuhkan situs instalasi terlebih dahulu. Hal ini tentu menjadikannya sebagai alat sempurna untuk mengatasi situs terkena blokir.

Beberapa penyedia Proxy mungkin membocorkan alamat IP atau memantau aktivitas online. Selain itu, ada kemungkinan juga bahwa tempat kerja atau tempat umum lainnya memblokir situs proxy itu sendiri. Pengguna tetap dapat menemukan situs lain yang tidak termasuk dalam list hitam, karena jumlah proxy pada web sangat banyak.

5. Memakai Google Translate

Cara seperti ini sebenarnya terbilang tidak selalu berhasil saat dilakukan, namun akan mendapat cara alternatif sederhana untuk penggunaan browser portable/situs proxy. Ikuti langkah berikut agar dapat membuka situs terblokir:

  • Membuka alamat Google Translate melalui alamt link https://translate.google.com atau lewat browser di perangkat komputer maupun laptop.
  • Kemudian ketik alamat situs yang diinginkan di kotak teks yang tersedia berada di sebelah kiri.
  • Kemudian pilih bahasa untuk kotak yang terletak pada bagian paling kanan.
  • Lalu akan ada tampilan tautan yang memiliki warna biru, serta bisa di klik atau di tab pada kotak di bagian sebelah paling kanan, lalu klik tautan tersebut.
  • Situs yang diinginkan pun sudah dapat dijelajahi secara bebas.

Beberapa cara membuka situs yang terblokir dapat dipilih salah satunya. Tujuannya agar pengguna internet lebih leluasa dalam mengakses situs tertentu dan sedang terblokir. Cara mengatasinya pun cukup mudah, ikuti saja langkah demi langkah secara berurutan, supaya tidak gagal dalam membuka situs terblokir.