5 Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dijamin Mudah

Bagaimanakah cara mengatasi hardisk bad sector? Mungkin banyak orang ingin mengetahui informasi ini, lantaran masalah pada hardisk pasti akan sangat mengganggu aktivitas produktif harian pada komputer. Pengguna tidak perlu khawatir karena ada banyak solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Hardisk termasuk komponen penting dalam laptop atau komputer yang cukup rawan kerusakan. Pasalnya,  pengguna kerap melakukan penyimpanan berlebihan atau terlalu sering melakukan instal ulang, yang membuat hardisk menjadi bad sector. Bad sector akan mengakibatkan hardisk tidak dapat diakses, dan kemungkinan semua data pada hardisk akan hilang. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa mengikuti sejumlah cara berikut:

1. Gunakan Disk Check Tool

Disk Check Tool biasa digunakan untuk memeriksa masalah yang terjadi pada hardisk sekaligus memperbaikinya. Menggunakan Disk Check Tool sendiri cukup praktis dan mudah karena tidak membutuhkan software tambahan. Ini karena fitur Disk Check Tool sudah terdapat pada Windows sebagai bawaan sistem.

Bila ingin memakai fitur ini, maka pertama cukup klik kanan pada disk yang mengalami masalah dari File Explorer. Kemudian pilih Properties, lalu pada bagian Tool pilih Error Checking, dan ceklis kedua opsi untuk melakukan pengecekan serta perbaikan pada sector. Terakhir, klik pada tombol Start agar proses perbaikan dan pengecekan sector dapat dimulai sistem.

2. Manfaatkan Command Prompt atau CMD

Melakukan perbaikan pada hardisk bad sector juga bisa menggunakan CMD, yang merupakan tool bawaan dari Windows. CMD akan membutuhkan akses administrator sebelum melakukan perubahan pada sistem. Untuk memperbaiki hardisk yang mengalami bad sector melalui CMD caranya cukup sederhana.

Setelah berhasil mengakses CMD secara administrator, kemudian ketik pada kotak CMD CHKDSK /R /F D : lalu tekan enter. Setelah itu CMD akan menjalankan program scan dan perbaikan pada hardisk yang bad sector. Jangan lupa lakukan restart setelah proses perbaikan selesai agar sistem disegarkan.

Baca juga:  7 Cara Mengatasi Error 0xc0000005 Paling Ampuh

3. Pakai SpinRite

Cara mengatasi hardisk bad sector yang satu ini membutuhkan software tambahan yang bernama SpinRite. Software ini diklaim sebagai alat untuk memperbaiki sistem hardisk yang rusak dan sudah banyak terbukti kualitasnya. SpinRite sudah mempunyai dukungan untuk melakukan perbaikan pada hardisk tipe NTFS, FAT, Novell dan Linux.

Software ini juga sudah mendukung penggunaan untuk perangkat yang mempunyai sistem operasi lebih dari satu. Untuk menggunakan software ini, sebelumnya harus melakukan download terlebih dahulu. Jika sudah, SpinRite akan memberikan pilihan untuk bootable melalui CD, flashdisk atau disket.

Hal ini dilakukan karena proses perbaikan hardisk akan dijalankan melalui bios Windows, agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Buatlah bootable dengan flashdisk untuk memudahkan dalam proses perbaikan. Jika berhasil melakukan booting menggunakan flashdisk maka interface SpinRite bisa terbuka, dan proses perbaikan bisa dimulai.

4. Gunakan HDD Regenerator

Menggunakan HDD Regenerator menjadi cara keempat untuk mengatasi bad sector pada hardisk. Software ini mempunyai fungsi yang sama dengan SpinRite, namun bisa dioperasikan dengan lebih mudah tanpa perlu bootable. Cara menggunakannya juga sederhana, yakni setelah berhasil diunduh dan diinstal, pengguna tinggal mengikuti semua prosedur perbaikan yang dicantumkan secara jelas.

5. Ganti Hardisk

Cara terakhir untuk mengatasi masalah bad sector pada hardisk adalah dengan mengganti hardisk. Hardisk memang bukanlah komponen yang murah. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan membeli hardisk bekas yang biasanya ada di pasaran, dan pastinya memiliki banderol yang lebih murah.

Permasalahan pada hardisk seringkali dianggap sepele, padahal jika tidak diperbaiki kemungkinan penyimpanan akan corrupt dan sulit menyimpan file dalam perangkat. Ikuti cara mengatasi hardisk bad sector di atas dan segera perbaiki hardisk yang rusak. Agar kerusakan tidak menyebar dan seluruh data pada komputer bisa diamankan!

Baca juga:  5 Cara membuka situs yang terblokir yang Mudah dan Cepat