Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri Windows 10 secara Praktis

Komputer mempunyai peranan penting untuk mempermudah pekerjaan. Namun terkadang, saat memakai komputer, tiba-tiba PC restart sendiri. Sehingga, pekerjaan menjadi terhambat. Apabila punya kendala seperti di atas, maka baiknya membaca ulasan berikut. Lantaran, di sini akan dibahas cara mengatasi komputer restart sendiri Windows 10 secara lengkap.

Pernahkah ketika sedang asyik mengerjakan pekerjaan memakai komputer, namun tiba-tiba komputer restart sendiri? Pasti hal tersebut dapat membuat panik, karena file yang telah dikerjakan bisa saja belum disimpan. Oleh karena itu, maka kendalanya harus diatasi. Banyak cara untuk mengatasi permasalahan komputer restart sendiri, seperti rekomendasi cara yang disebutkan di bawah ini:

1. Ubah Pengaturan Startup dan Recovery Windows

Untuk menghindari terjadinya kesalahan pada sistem Windows, maka lakukan perubahan pada pengaturan start up dan recovery Windows. Apabila ada masalah, pop up akan menampilkan kode dari kerusakan terkait. Cara mengubah pengaturan ini sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, klik ikon Start menu pada Taskbar;
  • Setelah itu, pada jendela Search ketik Advanced System, atau tekan kedua tombol Win+Pause Break pada keyboard;
  • Dari hasil pencarian tadi, selanjutnya klik View Advanced System Setting;
  • Lalu, lihat pada bagian Startup and Recovery pada tab Advanced dan klik Settings;
  • Kemudian hilangkan ceklis Automatically Restart di bagian System Failure; dan
  • Terakhir, klik OK dan lakukan restart

2. Periksa File Sistem Windows

Ketika terdapat file sistem yang bermasalah, maka komputer akan restart sendiri. Sehingga, dibutuhkan pengecekan pada file sistem Windows. Hal ini sangat umum terjadi file error pada proses paging virtual memory yang pemberitahuannya muncul pada pop up. Permasalahan ini bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti adanya virus atau program yang terhapus.

Baca juga:  Pilihan Cara Nonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain Di Xiaomi, Menggunakan Atau Tanpa Aplikasi

Biasakan untuk selalu membackup Windows dan melakukan pengecekan File Sistem Windows menggunakan software antivirus. Jika terdapat virus malware dalam komputer, maka hal itu yang menyebabkan error pada sistem komputer. Sehingga, terjadinya restart berulang-ulang.

Apabila hasil scan tidak ditemukannya virus, maka dapat dipastikan bahwa ada file penting yang terhapus dengan tidak sengaja. Ada dua fitur di dalam Windows 10, yakni SFG dan DISM. Kedua fitur ini bisa mengatasi permasalahan tersebut.

3. Pakai Sistem Restore

Sistem restore yang disematkan pada Windows 10 ini berfungsi untuk mengembalikan semua sistem seperti awal. Hampir sama dengan reset, apabila memakai sistem restore ini, semua software, aplikasi, dan file di dalam komputer akan hilang. Oleh karena itu, sebelum melakukan restort,backup-lah data terlebih dahulu.

4. Jalankan Windows Update

Windows Update merupakan cara memudakan file sistem dengan menjalankan aktivitas pengunduhan terhadap file sistem mutakhir dan menerapkannyaa pada sistem Windows lama. Apabila proses update tidak berhasil, koneksi internet lemot, atau kesalahan teknis dikarenakan oleh server Windows Update sendiri, dapat menjadi sumber permasalahannya. Solusinya adalah dengan memastikan pada bagian Services, section Windows Update memiliki status running, serta koneksi internet stabil.

5. Fungsikan Repair Instal Windows

Repair berfungsi untuk melakukan pembersihan total terhadap sistem Windows. Sebelum menjalankan repair, lakukan pengecekan license Windows yang akan dipasang. Tujuannya, untuk mengetahui apakah instal ulang Windows menghilangkan license dan mengharuskan pembelian license baru atau tidak? Lihat pada bagian bawah PC atau laptop. Biasanya vendor menyematkan stiker Windows berisikan license untuk keperluan instal ulang Windows pada perangkat terkat.

Itulah 5 cara untuk mengatasi komputer restart sendiri Windows 10. Banyak penyebab yang bisa membuat komputer restart sendiri, seperti file yang error dan corrupt, driver bermasalah, dan sebagainya. Selalu lakukan back up data agar semua file yang tersimpan di komputer tidak hilang. Juga pastikan semua tahapan dilakukan dengan benar, agar hasil perbaikan bisa optimal!