Cara Membuka File Rar di Laptop Tanpa Ribet

Paperless menjadi slogan untuk tetap melestarikan pohon sebagai sumber pembuatan kertas. Untuk itu banyak dokumen yang dikemas dalam bentuk file dan dibuka di laptop. Pengiriman file secara online mulai sering dilakukan. File dijadikan satu dalam bentuk rar untuk memudahkan saat pengiriman. Namun sayangnya, kadang orang bingung cara membukanya. Untuk itulah cara membuka file rar di laptop berikut ini akan menjadi solusinya!

1. Pasang Software Winrar

Cara membuka file rar di laptop yang pertama adalah dengan memasang software. Salah satu yang direkomendasikan adalah Winrar. Temukan Winrar installer hanya dengan mengetik kata kunci di halaman browser. Perhatikan versi Winrar dengan windows yang digunakan pada laptop. Jangan takut soal penyimpanan, karena memori file installer berada di angka yang rendah.

Termasuk software yang ringan, Winrar dapat diunduh dalam waktu yang singkat. Pasang Winrar dengan meng-klik dua kali pada file installer. Pahami ketentuan yang ditetapkan oleh perilis Winrar. Setujui pada pernyataan lisensi dan gunakan rekomendasi pemasangan yang ditawarkan. Tanpa memerlukan waktu yang panjang, Winrar sudah berhasil dipasang dan digunakan oleh pengguna.

2. Klik Kanan File Rar

Siapkan file rar apa saja yang ingin dibuka. Ingat kembali di mana tempat penyimpanan file yang bersangkutan. Biasanya, file rar yang dikirim dan terunduh otomatis akan masuk ke dalam folder download pada perangkat laptop. Tempat penyimpanan selanjutnya tergantung bagaimana sebagai pengguna memilah file. Jika ada catatan letak penyimpanan akan sedikit membantu.

File rar biasanya muncul dengan ikon 3 buku yang ditumpuk, diperlihatkan secara menyamping, dan diikat jadi satu dengan sabuk kulit. Klik kanan pada file rar dimaksudkan untuk cek properties dari file tersebut. Sekedar untuk memastikan bahwa file yang ingin diproses benar. Hal pentingnya adalah file tidak memerlukan password untuk membuka.

Baca juga:  5 Cara Membersihkan Drive C di Windows 10

3. Pilih Extract To

Saat klik kanan pada file rar, pilihan lainnya selain properties adalah mengekstrak file. Dalam arti lain, file rar akan dirubah menjadi folder dan berhasil dibuka. Terdapat 3 opsi ekstrak yang ditampilkan pada layar. Pilihan pertama adalah extract file, kedua adalah extract here, dan yang terakhir atau ketiga adalah extract to.

Pilihan ketiga terlebih dahulu dijalankan sebagai cara ini karena output ekstrak mudah ditemukan. Pengguna dapat menemukan folder hasil ekstrak file rar pada tempat penyimpanan yang sama dengan file rar. Tanpa memilih destinasi penyimpanan, folder di dalam rar akan langsung muncul.

4. Tentukan Penyimpanan

Seperti yang disebutkan pada cara ketiga bahwa terdapat 3 opsi ekstrak file. Cara selanjutnya berkaitan dengan opsi pertama ekstrak. Pengguna laptop dapat menentukan sendiri letak penyimpanan file rar yang sudah diekstrak dan akhirnya dapat dibuka. Tampilan extraction path akan muncul dan  demikian juga dengan opsi untuk melakukan pengaturan lainnya saat mengekstrak.

Pengguna dapat membuka file rar langsung pada software Winrar. Saat klik kanan file rar, pilihan open with winrar dapat dipilih. Arahan untuk extract to dapat ditemukan di deretan ikon fitur Winrar tepatnya dua dari ujung kiri di bawah toolbar. Tampilan layar selanjutnya sama persis dengan saat menekan pilihan extract file.

5. Cek Destinasi dan Buka Folder

Durasi ekstrak file rar sendiri tergantung seberapa besar memori file rar yang terkait. Jika kurang memperhatikan proses ekstrak file, kemungkinan tidak menghasilkan output folder yang benar. Bahkan terkadang file yang diekstrak baru sebagian, namun tidak sengaja menekan cancel. Oleh karena itu, cek kembali destinasi penyimpanan yang sebelumnya telah ditentukan.

Baca juga:  Ajaib! 5 Cara Mengatasi Kuota Indosat Tidak Bisa Digunakan

Bukan hanya nama folder saja yang perlu dipastikan, namun isi di dalamnya juga sama pentingnya. Minimal adalah jumlah file sesuai dengan informasi yang diberikan pengirim secara garis besar. Harusnya lagi memori folder file hasil ekstrak dari file rar tidak jauh berbeda.

Nah itulah tadi cara membuka file rar di laptop via aplikasi Winrar yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Bagaimana cukup jelas dan mudah untuk dipahami bukan? Jadi, jika punya jenis file ini, maka segera saja lakukan cara di atas, agar lekas bisa mengakses file data di dalamnya.