5 Cara Merubah Lokasi GPS di Android

GPS atau yang banyak dikenal sebagai aplikasi untuk mengetahui suatu lokasi melalui satelit ini memiliki banyak kegunaan. Mulai dari mengetahui keberadaan seseorang hingga lokasi-lokasi tertentu yang ingin dituju. Selain itu terdapat berbagai layanan yang tersedia di dalamnya. Salah satunya cara merubah lokasi GPS yang akan sangat bermanfaat bagi pengguna GPS.

Merubah lokasi GPS biasanya banyak digunakan oleh pemilik usaha atapemilih u tempat- tempat tertentu yang lokasinya belum akurat. Hal ini tentu akan menyulitkan pengguna informasi di GPS jika tidak dilakukan edit lokasi. Berikut cara agar dapat merubah lokasi GPS yang bisa dilakukan melalui android:

1. Akses Aplikasi Google Maps

Lokasi GPS di android berkaitan erat dengan aplikasi google maps. Aplikasi tersebut biasanya sudah menjadi bawaan dari android sehingga dapat langsung diakses. Pastikan data seluler HP dalam keadaan menyala agar dapat menampilkan peta lokasi yang ada di google maps. Peta tersebut biasanya akan menampilkan lokasi dimana google maps diakses.

2. Buka Menu Kontribusi di Google Maps

Cara merubah lokasi gps di android yakni dengan melihat menu pada bagian bawah layar google maps. Pilih “kontribusi” dan pilih “edit peta” untuk mulai melakukan perubahan lokasi dengan beberapa pilihan menu di dalamnya. Perubahan lokasi bisa dilakukan dengan melakukan perbaikan tempat, perbaikan alamat, perbaikan nama jalan, dan juga menambah tempat.

3. Menambahkan dan Perbaikan Tempat

Langkah selanjutnya untuk merubah lokasi gps yakni dengan menambahkan atau memperbaiki tempat. Pilih “tambah atau perbaiki tempat” dari menu “edit peta.” Selanjutnya pilih “ganti nama atau detail lainnya” untuk melakukan beberapa perubahan termasuk lokasi. Setelah itu, akan muncul peta lokasi-lokasi mana yang ingin diubah.

Baca juga:  Cara Membuka File Rar di Laptop Tanpa Ribet

Pilih salah satu lokasi yang ingin diubah pada peta lalu akan muncul beberapa tempat misalkan toko, tempat ibadah, dan sebagainya. Cari tempat mana yang akan disarankan untuk diubah lokasi dan informasi lainnya. Cara ini bisa dilakukan jika memiliki toko dan pemiliknya ingin lokasi usahanya bisa tampil dengan benar di GPS.

4. Lakukan Saran Edit Lokasi

Setelah memilih tempat yang akan diubah lokasinya, cara merubah lokasi GPS selanjutnya dengan mengisi detail dari tempat tersebut. Pertama edit nama tempat kemudian pilih kategori tempat tersebut. Selanjutnya update lokasi di peta atau bisa ketik alamat secara manual pada kolom lokasi.

Kemudian edit jam buka, kontak, dan situs website dari tempat tersebut. Lalu, upload foto tempat dari lokasi ingin diubah tadi agar memberikan informasi yang lebih detail. Foto tadi disarankan berkaitan dengan informasi lengkap dari sebuah tempat atau lokasi. Hal ini berguna sebagai tambahan informasi bagi pengguna GPS lainnya.

5. Kirim Saran Perubahan Lokasi

Langkah terakhir cara merubah lokasi GPS adalah mengirimkan seluruh saran perubahan yang sudah diisikan pada menu “saran edit lokasi.” Kemudian pilih icon pojok kanan atas untuk mengirim saran perubahan lokasi pada google. Pihak google akan melakukan verifikasi untuk perubahan tersebut. Proses ini akan berlangsung cepat jika lokasi yang dikirimkan benar.

Perlu berhati-hati karena cara ini bisa juga digunakan untuk melakukan penipuan berupa lokasi palsu. Oleh karena itu, rentan terjadinya penyalahgunaan melalui layanan perubahan lokasi oleh google maps tadi. Namun, google akan memberikan apresiasi jika informasi yang diubah tadi adalah lokasi yang benar, karena dapat membantu pengguna google maps lain.

Itulah cara merubah lokasi GPS di android yang mudah dicoba. Hindari penyalahgunaan dalam penggunaan google maps dan selalu berikan informasi yang benar. Informasi yang benar dari sebuah lokasi akan sangat bermanfaat bagi pengguna GPS.