Inilah Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Secara Online Hanya Lewat HP

Moda transportasi kereta api selalu memiliki banyak peminat karena tarifnya yang terjangkau. Selain itu, proses pendaftaran penumpang dan jadwal keberangkatan kini juga semakin canggih, karena bisa dilakukan secara online. Bahkan jika terjadi perubahan keberangkatan bisa dilakukan secara  online. Cara merubah jadwal tiket kereta api secara online bisa dilakukan dengan step-step berikut ini:

1. Unduh Aplikasi KAI Access

Langkah pertama sebelum lanjut ke cara-cara berikutnya, persiapkan dulu aplikasi KAI Access yang dapat diunduh melalui HP. Aplikasi ini disediakan PT. KAI untuk memudahkan pembelian tiket dan perubahan jadwal tiket. Selain itu, aplikasi ini berlaku untuk perubahan tiket baik yang dibeli melalui KAI Access maupun selain KAI Access.

2. Buat Akun dan Login di Aplikasi KAI Access

Cara merubah jadwal tiket kereta api secara online selanjutnya buat akun di aplikasi KAI Access. Siapkan E-KTP karena ini akan diperlukan untuk mengisi data diri jika ini adalah pembuatan akun pertama kali di aplikasi tersebut. Perlu diingat data yang dimasukkan harus sesuai dengan data pengajuan tiket yang akan diubah jadwalnya.

3. Ubah Kode Booking Tiket

Setelah berhasil login, kemudian bisa memulai proses perubahan jadwal tiket. Masuk ke menu my trip kemudian akan ditampilkan status tiket yang sudah lunas dan ingin diubah. Pilih “ubah jadwal” untuk melakukan perubahan jadwal tiket. Perlu diingat bahwa menu ubah jadwal hanya akan muncul pada tiket berstatus aktif dan sudah lunas.

Pada pilihan “ubah jadwal” tadi bisa dilakukan perubahan kode booking tiket kereta api. Sampai di sini cara merubah jadwal tiket kereta api secara online sudah hampir berhasil. Pada tahap ini juga tiket yang dibeli di luar aplikasi juga dapat diubah jadwalnya selama belum dilakukan pencetakan boarding pass.

Baca juga:  Cara Merubah Jaringan 4G ke 5G Hp Xiaomi 2021

4. Pilih Jadwal Keberangkatan Baru

Saat pengguna aplikasi KAI Access sudah berhasil sampai tahap ubah jadwal maka bisa dilakukan pemilihan jadwal keberangkatan yang baru. Lakukan pemilihan jadwal keberangkatan kereta api yang baru serta pemilihan nomor kursi yang diinginkan. Selain itu, dalam menu tersebut juga bisa dilakukan perubahan kelas kereta api yang ingin ditumpangi.

Bagi pembelian tiket selain di aplikasi KAI Access bisa melakukan perubahan jadwal kereta api. Caranya setelah login pilih menu tambah tiket lalu masukkan kode booking yang didapat dari pemesanan tiket di luar aplikasi KAI Access. Setelah itu, tetap bisa dilakukan perubahan jadwal seperti cara yang sudah disebutkan tadi.

5. Melakukan Konfirmasi Pemesanan dan Pembayaran Tiket

Cara merubah jadwal tiket kereta api secara online yang terakhir yakni melakukan konfirmasi pemesanan tiket dan memilih metode pembayaran. Cek ulang jadwal kereta api dan lakukan konfirmasi pemesanan tiket jika sudah yakin pada tiket yang dipesan. Setelah itu, akan muncul kode booking tiket yang baru untuk selanjutnya dilakukan pembayaran.

Pada saat melakukan konfirmasi pembayaran, terdapat rincian biaya dan total yang harus dibayarkan sesuai jadwal tiket yang diubah. Kemudian pilih metode pembayaran yang diinginkan. Dalam aplikasi KAI Access terdapat beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih seperti transfer ATM, mobile banking, atau melalui e-commerce. Gunakan kode booking tiket untuk melakukan pembayaran.

Membeli tiket kereta api memang sangat mudah, begitu pula jika terjadi perubahan jadwal keberangkatan juga bisa dilakukan dalam satu genggaman. Cara merubah jadwal tiket kereta api secara online menjadi solusi perubahan jadwal tanpa perlu ke stasiun. Jadi, untuk memudahkan proses perubahan jadwal bisa dilakukan cara-cara seperti yang sudah dijelaskan tadi.