5 Cara Membuka Hp yang Lupa Kata Sandinya pada HP Android

Penggunaan kata sandi banyak digunakan untuk mengatur keamanan dari HP android. Terkadang pemilik HP android memilih mengunci HP dengan kata sandi agar tidak mudah dibuka orang lain. Namun, tidak jarang pemilik HP lupa dengan kata sandi yang dibuatnya. Sehingga cara membuka HP yang lupa kata sandinya berikut ini barangkali bisa jadi solusinya:

1. Pakai Fitur Forgotten Password

Cara yang pertama ini terbilang cukup mudah dipergunakan ketika pemilik HP lupa dengan kata sandinya. Lantaran Menu forgotten password akan muncul ketika beberapa kali salah dalam memasukkan kata sandi pada HP. Jadi, pengguna sebaiknya melakukan percobaan, dengan beberapa kali memasukkan kata sandi sampai muncul menu tersebut.

Pastikan saat melakukan reset password, HP terkoneksi pada jaringan internet yang stabil. Karena saat muncul menu forgotten password, pemilik HP akan diarahkan untuk masuk ke akun Google yang tersemat pada HP. Sehingga bila jaringannya kurang stabil, bisa berdampak menyulitkan dalam upaya verifikasi kepemilikan akun nantinya.

2. Gunakan Fitur Safe Mode

Pada umumnya HP android keluaran saat ini sudah dilengkapi dengan fitur safe mode. Sehingga itur bawaan dari HP yang satu ini bisa digunakan sebagai salah satu cara membuka HP yang lupa kata sandinya yang paling praktis dan efektif.

Caranya, dengan tekan tombol power dalam waktu yang cukup lama. Setelah itu, perangkat akan secara otomatis memunculkan menu reboot to safe mode. Kemudian pengguna tinggal menekan OK untuk melakukan restart HP, dan masuk ke menu safe mode. Lakukan uninstall aplikasi lock screen bawaan maupun yang diambil dari pihak ketiga.

3. Pergunakan Bantuan HP Orang Lain

Jika belum berhasil, cara membuka HP yang lupa kata sandinya ini bisa dengan memakai bantuan HP orang lain. Pemilik HP perlu mencari pinjaman HP milik teman atau saudara untuk melakukan cara yang satu ini. Bisa dikatakan, semacam memancing untuk bisa masuk ke menu utama HP.

Baca juga:  Inilah 5 Cara Mengatasi Codec Video Tidak Didukung di Android

Gunakan HP yang dipinjam tadi untuk melakukan panggilan pada HP yang lupa kata sandinya. Tunggu sampai panggilan masuk dan angkat panggilan tersebut. Proses ini dapat membuat pemilik HP bisa masuk ke menu utama dengan pilih menu home. Dari sinilah pemilik HP bisa mencari menu setting HP dan mengubah kata sandi.

4. Manfaatkan Bantuan PC atau Laptop

Mungkin cara membuka HP yang lupa kata sandinya berikut ini sedikit memerlukan usaha yakni dengan menggunakan PC atau laptop. Namun, pemilik HP tak perlu khawatir meskipun menggunakan laptop, prosesnya cukup mudah. Namun demikian, dibutuhkan juga koneksi internet untuk mengakses android device manager dari laptop tersebut.

Kunjungi situs android device manager di browser laptop, lalu login menggunakan akun Gmail milik HP yang lupa kata sandinya. Kemudian tampilan yang muncul pada situs tersebut adalah peta lokasi HP serta menu play sound, lock, dan erase. Pilih menu lock kemudian lakukan pengisian password baru untuk mengganti kata sandi HP.

5. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Cara terakhir untuk mengatasi masalah lupa kata sandi HP adalah dengan mengembalikan HP pada peraturan pabrik. Namun, perlu diingat, kekurangan dari cara ini adalah menghilangkan data yang dimiliki oleh pengguna, terutama bila tidak dilakukan pencadangan sebelumnya.

Bila tetap memakai cara ini maka matikan HP dengan menekan power selama beberapa saat. Tampilkan menu recovery mode pada saat HP mati dengan tekan tombol power dan volume down secara bersama. Pilih menu factory reset menggunakan tombol volume dan tombol power. Pilih reboot system dan HP akan melakukan reboot secara otomatis. Bila proses selesai, HP akan kembali seperti semula dan lakukan pengaturan ulang termasuk kata sandi.

Baca juga:  5 Cara Mengamankan Kontak Hp dari Pinjaman Online (Pinjol) yang Meresahkan

Memiliki kata sandi pada perangkat seperti ponsel memang efektif untuk melindungi data privasi. Namun, ada kalanya pengguna mengalami hal naas dengan lupanya kata sandi tersebut. Dengan demikian, agar tidak bingung saat mengalaminya, maka lebih baik mengingat cara membuka HP yang lupa kata sandinya di atas sebagai upaya jaga-jaga. Khususnya, saat kejadian serupa terjadi di kemudian hari.