Cara Mengatasi Wifi Lemot Saat Main Game, Jamin Stabil Tanpa Lag

Bermain aneka game terbaru yang ada di Play Store memang sangat menyenangkan untuk dilakukan oleh siapapun. Namun bagaimana jadinya, ketika tengah asyik memainkan game, jaringan Wifi yang digunakan tiba-tiba lemot? Tentu akan sangat mengesalkan bukan? Agar ini tidak terjadi secara berkelanjutan, maka baiknya segera saja baca cara mengatasi Wifi lemot saat main game yang dihadirkan secara khusus di bawah ini!

1. Atur Jarak Bermain Game dengan Posisi Router

Ketika posisi router terlalu jauh dari posisi ketika bermain game akan mengakibatkan sinyal menjadi lambat. Masalah ini sering terjadi ketika berada di rumah yang terlalu banyak ruangan. Lantaraninyal Wifi akan semakin berkurang ketika terhalangi dinding. Semakin jauh dan semakin banyak dinding membuat kekuatan sinyal menjadi lambat. Apalagi jika menggunakan router bawaan provider internet yang kebanyakan tidak bisa memberikan sinyal secara luas.

Untuk mengatasi masalah ini cukup dekati router dan bermain game pada posisi yang mendapatkan sinyal lebih kuat. Atau gunakan router tambahan untuk menyebarkan sinyal ke berbagai ruangan. Meski sedikit merepotkan, langkah ini cukup akurat untuk meningkatkan kelancaran.

2. Hindari Memain Game Saat Cuaca Buruk

Musim hujan sering menyebabkan banyak masalah pada jaringan. Beberapa provider internet bahkan akan mengalami penurunan kecepatan. Hujan yang berlebihan terkadang menghambat laju jaringan internet termasuk Wifi. Dengan mengetahui lebih dahulu bahwa ketika hujan atau terjadi cuaca ekstrim akan terjadi gangguan, maka sebaiknya pemain bisa menyadari dan tidak bermain game di saat-saat tersebut.

3. Lakukan Setting pada Permainan

Cara mengatasi Wifi lemot saat main game selanjutnya adalah mengatur settingan jaringan pada game. Beberapa game sudah menyediakan fitur khusus untuk mengelola jaringan, contohnya adalah game Mobile Legends. Dalam game MOBA tersebut sudah disediakan fitur pengaturan lengkap jaringan. Sehingga para pemain dapat melakukan kustomisasi paling sesuai agar performa permainannya dapat optimal.

Baca juga:  7 Cara Mengatasi Error 0xc0000005 Paling Ampuh

4. Gunakan Internet Booster

Sudah banyak tersedia aplikasi booster yang dapat diunduh di Google Play Store untuk kebutuhan booster jaringan internet. Cara ini memang terkadang bisa benar-benar berjalan namun bisa juga hanya sekedar scam. Jadi, sebaiknya hati-hati ketika memilih dan menggunakan aplikasi internet booster yang banyak tersedia di Play Store tersebut. Agar tidak salah mengunduh aplikasi scam berisi virus, malware, atau iklan-iklan yang tidak jelas.

5. Batasi Penggunaan Perangkat yang Tersambung Pada Wifi

Ketika menggunakan internet yang mempunyai bandwidth kecil maka tidak disarakankan untuk digunakan oleh banyak orang. Semisal Wifi dengan bandwidth 20 Mbps maka sebaiknya cukup digunakan untuk 5 orang saja. Karena jika melebihi kemungkinan bandwidth akan terbagi dan membuat sinyal menjadi lemot. Kelebihan penggunaan inilah yang akan membuat jaringan tidak stabil dan  membuat game menjadi lag saat dimainkan.

Cobalah batasi penggunaan perangkat, ganti sandi Wifi dan batasi aksesnya hanya kepada beberapa orang saja di rumah. Atau jika tidak ingin repot, maka sebaiknya tambahlah kecepatan jaringan di rumah menjadi lebih besar. Lantaran, dengan menambah kecepatan atau bandwidth, maka pengguna tidak perlu lagi khawatir pada pembagian jaringan yang ada. Namun tentunya dengan konsekuensi biaya yang lebih mahal juga.

Internet memang menjadi kebutuhan setiap orang. Sehingga mempunyai jaringan yang stabil pasti akan sangat menyenangkan. Khususnya untuk bermain game, menonton video, dan aktivitas harian yang lainnya. Demikian cara mengatasi Wifi lemot saat main game di atas, yang bisa menjadi alternatif untuk dicoba terapkan!