Cara Merubah Negara di Play Store Mudah dan Terbaru 2021

Bagaimanakah cara merubah negara di Play Store dengan mudah? Kebutuhan mengganti negara biasanya dilakukan ketika pemilik akun Google telah pindah ke negara baru. Misal untuk bekerja ataupun keperluan lainnya sehingga sifatnya sangat urgent. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang bagaimana cara merubah nama negara di Play Store, simak terus artikel ini selesai.

Ketentuan dalam Perubahan Negara di Playstore

Ada beberapa ketentuan atau peraturan yang diberikan Google untuk pengguna yang ingin merubah negaranya di Playstore. Ketentuan ini menjadi peraturan mutlak yang dibuat oleh Google dan tidak bisa dilanggar oleh pengguna. Apa saja ketentuan dalam perubahan negara? Berikut rinciannya:

  • Perubahan negara hanya bisa dilakukan sekali dalam satu tahun. Jika sudah mengganti negara dalam tahun ini maka hanya bisa mengganti negara pada tahun depan;
  • Ketika melakukan proses perubahan negara, pengguna tidak akan bisa memakai saldo Google Play yang digunakan pada negara lama;
  • Namun ketika pengguna berpindah kembali ke negara lama, maka saldo Google Play bisa digunakan kembali, karena metode pembayaran dan regulasi pada setiap negara yang berbeda-beda;
  • Pengguna juga akan kehilangan akses kepada beberapa film, game, aplikasi dan lainnya yang hanya tersedia untuk negara lama, dan tidak tersedia di negara baru;
  • Kemudian untuk merubah negara, pengguna diwajibkan berada pada wilayah negara baru, dan mempunyai metode pembayaran sesuai negara baru;
  • Layanan Google Pass akan tetap tersedia dan diperpanjang pada profil negara baru, dengan catatan layanannya sudah tersedia dan dapat digunakan di negara baru tersebut.

Cara Merubah Negara di Play Store Melalui Komputer

Untuk merubah negara di Playstore, ada 5 langkah mudah yang bisa dilakukan. Pertama, pastikan akun Google sudah sesuai, lalu lakukan langkah-langkah berikut dengan hanya memakai komputer!

Baca juga:  Mau Tahu Cara Aktivasi Windows 10 Gratis_ Ini Rahasianya

1. Buka Halaman Pay.google.com

Menurut halaman bantuan Google pengguna yang ingin mengubah negara pada Playstore bisa merubahnya melalui halaman pay.google.com. Halaman bisa diakses melalui berbagai jenis browser pada perangkat PC ataun mobile. Jadi jangan lupa untuk mengakses halaman tersebut ketika sudah berada pada negara baru.

2. Pilih Setelan

Pada tampilan halaman Pay Google akan terdapat setelan, letaknya berada di bagian atas layar. Silakan klik setelan untuk membuka pengaturan lengkap pada akun.  Setelan ini menjadi menu yang sangat bermanfaat untuk mengatur berbagai kustomisasi pada akun Google. Bukan hanya mengatur profil pembayaran saja, tapi ada juga banyak hal lain yang bisa dikonfigurasi melalui menu ini.

3. Klik Edit pada Profil Pembayaran

Setelah membuka halaman setelan, pengguna akan diperlihatkan berbagai menu yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Untuk mengganti negara, pilihlah menu edit yang terdapat pada bagian Profil Pembayaran. Menu edit akan berada di samping kanan nama menu, dan biasanya mempunyai logo seperti pensil.

4. Klik Edit pada Negara/Wilayah

Setelah masuk pada halaman bagian profil pembayaran ini, pengguna dapat menemukan settingan untuk mengatur negara/wilayah. Silakan buat profil baru untuk menambahkan negara baru. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan Google. Lazimnya, pengguna akan diharuskan untuk menautkan metode pembayaran negara lama pada profil baru tersebut. Kemudian, baru menambahkan metode pembayaran yang terdapat pada negara baru.

5. Tunggu Proses

Langkah terakhir adalah menunggu Google yang memerlukan waktu kurang lebih selama 48 jam untuk mengubah negara dan menyiapkan akun baru. Namun, kebanyakan penyelesaian perubahan negara bisa cepat dilakukan jika semua proses berjalan lancar. Jadi, pastikan untuk selalu mengaktifkan notifikasi Gmail agar tidak ketinggalan berita terbaru dari proses perubahan yang dilakukan.

Baca juga:  5 Cara Kompres Video Tanpa Aplikasi di Android

Perlu untuk diingat! Sebelum melakukan perubahan pada negara, pastikan akun Google yang digunakan memang benar-benar sudah sesuai. Selain itu, cara merubah negara di Play Store di atas hanya dapat digunakan untuk versi aplikasi terbaru saja. Karenanya, jika belum bisa melakukan ubah negara maka sebaiknya perisa Google Play Store yang terpasang, barangkali aplikasi perlu diperbaharui dahulu!