Tips Cara Membuka File XML yang Praktis Dijalankan

Keberadaan teks XML merupakan sebuah terobosan penting dalam urusan penyimpanan dan pengiriman data yang dilakukan antara berbagai server yang berbeda. Bisa dikatakan ini merupakan sebuah format khusus yang menyingkat prosedural yang tadinya rumit, menjadi bentuk barisan teks yang mudah diakses tanpa banyak penyesuaian di server berbeda. Namun demikian, kadang orang bingung bagaimana cara membuka file XML pada perangkatnya secara praktis?

Jika tengah mengalami kebingungan ini, maka tidak perlu khawatir. Lantaran, ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan untuk membuka file jenis ini. Beberapa di antaranya bahkan telah diuraikan secara rinci, sebagai berikut:

1. Gunakan Notepad Atau Wordpad

Cara membuka file XML yang pertama yaitu dengan menggunakan Notepad atau Wordpad. Caranya sangat mudah tanpa menggunakan perangkat lunak tambahan. Yakni pengguna hanya cukup mengklik kanan pada file, lalu pilih “buka dengan Notepad”. Maka secara otomatis dokumen berbentuk tekstual akan tampil pada layar perangkat.

2. Menggunakan Browser

Selain menggunakan Notepad atau Wordpad, XML juga dapat dibuka dengan browser. Ada banyak layanan untuk membuka XML dengan online seperti aplikasi Google Chrome, Opera Mini, Mozilla dan beberapa situs lain yang bisa digunakan untuk browsing. Bila ingin memakai cara ini maka yang harus dilakukan adalah:

  • Buka perangkat penyimpanan file XML yang terdapat pada perangkan komputer;
  • Lalu klik kanan pada file yang ingin dibuka;
  • Bila barisan perintah sudah tampil, maka carilah opsi yang mengarah pada pembukaan melalui browser;
  • Kemudian tentukan salah satu browser yang akan dipakai; dan
  • Tidak berapa lama, layar perangkat akan menampilkan teks yang ada pada file XML.

3. Menggunakan Mac

Bagi pengguna iPhone jika ingin membuka file XML tidak perlu khawatir lagi. Sebab, pengguna tidak harus mengunduh perangkat lunak tambahan hanya untuk bisa mengakses file XML. Tidak lain karena iPhone dibekali browser Safari yang kompatibel untuk jenis format file XML..

Baca juga:  9 Cara Menambahkan Follower IG Tanpa Aplikasi yang Wajib Diketahui

Pengguna hanya perlu menahan ikon file, lalu mengklik tulisan browser Safari pada opsi pembukaan agar dapat langsung diarahkan pada halaman tersebut. Tanpa langkah yang panjang, pemilik file bisa langsung mengakses XML melalui web browser yang secara default disediakan oleh macOS itu.

4. Menggunakan Excel

Sejatinya, program ini dipergunakan sebagai media untuk pengolah angka dalam banyak administrasi perkantoran. Namun ternyata bisa juga dipakai untuk membuka file XML. Caranya cukup dengan mengikuti instruksi di bawah ini:

  • Nyalakan komputer dan langsung tuju lokasi penyimpanan file yang ingin dibuka;
  • Bila sudah, segera klik kanan pada icon file tersebut;
  • Sesaat pada layar akan muncul beberapa opsi pembukaan; dan
  • Pengguna cukup memilih buka dengan Microsoft Excel, maka program ini akan menyajikan data XML dalam bentuk tabel.

5. Menggunakan PDF

PDF sudah tidak asing lagi terdengar di telinga, pasalnya ini merupakan bentuk layanan file yang sangat sering digunakan. Selain menggunakan Excel, file XML juga bisa dibuka menggunakan PDF. Bahkan, jika menginginkan, pengguna pun bisa langsung mencetak file XML tersebut. Syaratnya, sebelum dibuka, file XML harus dikonversi terlebih dahulu ke dalam format PDF yang kompatibel dengan medianya.

Itulah tadi beberapa cara membuka file XML praktis yang bisa dilakukan secara online maupun offline. Pengguna tinggal memilih layanan mana yang ingin digunakan yang sesuai dengan keutuhan. Jadi tunggu apa lagi? Segera saja gunakan cara di atas agar bisa mengakses file XML untuk berbagai keperluan!