Mau Tahu Cara Aktivasi Windows 10 Gratis_ Ini Rahasianya

Melakukan aktivasi merupakan sebuah hal yang wajib dipahami dan dilakukan agar perangkatnya dapat terus berfungsi secara optimal. Namun sayangnya, banyak pengguna yang masih belum memahami langkahnya dengan baik, sehingga tidak jarang merasa kesulitan. Padahal ini sangat mudah. Penasaran dan ingin tahu caranya? Simak saja ulasan tentang cara aktivasi Windows 10 gratis yang akan dijabarkan di bawah ini dengan teliti!

1. Dapatkan Kode Aktivasi

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses aktivasi Windows 10 gratis ini adalah dengan mencari kode aktivasi terlebih dahulu. Caranya dengan melakukan pencarian kode di Google. Namun, perlu untuk diingat untuk mencari kode tersebut pada situs terpercaya. Lantaran, sekarang ini banyak sekali situs yang menyediakan kode palsu yang tentunya berbahaya bagi perangkat.

2. Buka Program Command Prompt

Di langkah kedua ini, pastikan internet telah terhubung. Gunakan wifi untuk membuat koneksi lebih stabil. Setelah memastikan koneksi terhubung dengan baik, buka command prompt dengan mencarinya pada kolom search di taskbar. Ketik CMD dan setelah muncul klik dua kali. Lebih baik jika klik kanan dan pilih Run As Administrator.

Opsi pengetikan dalam command prompt berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan satu kali pengetikan dan ada yang memerlukan beberapa kali. Cari referensi pada halaman browser dan simpan dalam notepad terlebih dahulu. Pilih yang paling cocok, contohnya saja ‘slmgr / skmks kms8.msguides.com‘. Copy ke tampilan command prompt, kemudian tekan enter pada keyboard.

3. Cek Activation Setting

Langkah selanjutnya adalah membuka pengaturan. Klik kanan pada logo windows di taksbar dan pilih setting. Setelah tampilan terbuka, klik pada Update & Security. Tampilan selanjutnya dapat dilihat pilihan activation. Klik dan lihat bahwa terdapat pernyataan Windows 10 yang dimiliki belum diaktivasi.

Baca juga:  Cara Meringankan Laptop Windows 10 untuk WFH yang Lebih Efektif

Di bawah tampilan dapat ditemukan pilihan Change Product Key. Klik untuk melihat atau merubah kode aktivasi. Jika perangkat yang dimiliki adalah baru, kode biasanya otomatis sudah terisi. Jika belum dapat diketik kode aktivasi yang dimiliki. Kemudian, klik Active dan tunggu beberapa saat tampilan activation setting akan menyatakan windows sudah aktif.

4. Matikan Antivirus

Perlu diketahui, bahwa kode aktivasi dapat diketik pada command prompt dan nantinya akan ada notifikasi kode sudah berhasil diaktifkan. Dalam arti lain windows sudah dapat digunakan dalam keadaan mulus. Namun, jika masih belum berhasil, langkah selanjutnya adalah mematikan antivirus yang dimiliki. Jika masih dalam proses scan, sebaiknya hentikan sementara dahulu.

Ketik regedit.exe atau Registry Editor pada kolom search di taskbar. Pastikan dan cari Windows Script Host menyala. Antivirus pada perangkat dimatikan agar notifikasi ancaman tidak terdeteksi. Untuk itu, agar dapat memprosesnya dengan lancar langkah keempat ini perlu dilakukan.

5. Jalankan Program Aktivator

Software crack atau program activator adalah yang dianggap antivirus sebagai ancaman. Untuk itu langkah keempat belum menjadi langkah terakhir. Temukan program aktivator yang direkomendasikan seperti KMS Auto Lite. Kunjungi situs program yang bersangkutan dan tunggu proses pengunduhan dan penginstalannya hingga selesai.

Setelah program aktivator yang dipilih dapat dijalankan, langsung saja buka dan perhatikan tampilannya. Sejauh ini program aktivator windows sangat mudah untuk dipahami. Sehingga sebagai pengguna cukup mengikuti instruksi atau menekan persetujuan pada pop up yang ditampilkan di aplikasi tersebut sampai selesai. Bila sudah berhasil, maka lihat ke halaman utama, peringatan aktivasi biasanya akan hilang.

Cara aktivasi windows 10 gratis dapat dicoba untuk penggunaan pribadi maupun bisnis. Tidak perlu membuang untuk datang ke tempat servis atau penjual perangkat. Hanya dengan duduk manis di rumah atau kantor dan aktifkan sistem windows 10. Jalankan perangkat tanpa ada kendala dan mulai gunakan software lainnya untuk membantu dalam keseharian.