Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Biasa dengan Aplikasi Auto Reply

Pesan otomatis atau auto reply merupakan fitur yang disediakan di WhatsApp Business. Fitur ini memungkinkan penggunanya menjawab pesan secara otomatis, biasanya digunakan para pemilik usaha. Meski begitu terdapat pula cara membuat pesan otomatis di WhatsApp biasa. Cara ini dapat dijalankan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi yang dapat membantu membuat pesan otomatis pada WhatsApp paling populer ialah aplikasi Auto Reply. Seorang pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan mudah, yakni dengan mengikuti sejumlah instruksi kerja berikut ini:

1. Unduh Aplikasi Auto Reply

Aplikasi Auto Reply bisa didapatkan dengan mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store. Aplikasi buatan Pransulnc ini dapat diakses secara gratis. Ketik saja Auto Reply di pencarian Google Play Store lalu download dan tunggu hingga proses selesai.

2. Lakukan Penginstallan

Cara membuat pesan otomatis di WhatsApp biasa selanjutnya adalah menginstall aplikasi yang telah terunduh di perangkat pengguna. Klik izinkan atau agree pada permintaan untuk mengakses notifikasi dari pesan WhatsApp yang masuk. Proses ini lazimnya akan memakan waktu hingga beberapa menit, sehingga pengguna harus bersabar.

3. Mulai Membuat Chatbot

Di tampilan selanjutnya pengguna akan disuguhkan halaman utama dari aplikasi ini. Klik tanda plus (+) yang berada di tengah untuk memulai chatbot. Chatbot sendiri merupakan singkatan dari chatterbot. Program ini adalah layanan percapakan virtual dengan salah satu pihaknya merupakan sistem atau robot. Kelebihannya, bisa tetap merespon sekalipun pengguna tidak sedang standby.

4. Pilih Tipe WhatsApp

Pada halaman ini pengguna diminta untuk memilih jenis tipe WhatsApp yang digunakan. Apakah itu WhatsApp reguler atau WhatsApp Business. Kemudian pengguna akan diminta memilih kata kunci atau pesan yang mengarah pada pesan otomatis yang akan digunakan. Apabila pengguna memilih All pada opsi artinya semua pesan yang masuk akan otomatis mendapat balasan.

Baca juga:  Intip 6 Aplikasi Kamera Analog yang Tidak Kalah Kece Hasilnnya!

Opsi lainnya pengguna juga dapat memilah penggunaan pesan otomatis. Misal, dengan menggunakan keyword “Halo” lalu klik Exact Match maka hanya pesan yang merujuk kata “Halo” saja yang akan dijawab secara otomatis.

5. Memilih Balasan Otomatis

Langkah selanjutnya setelah memilih kata kunci, pengguna dapat memilih atau memasukkan balasan otomatis apa yang akan digunakan. Pilih opsi pengaturan lainnya, pengguna dapat membuat balasan otomatis secara resmi maupun kasual tergantung penggunaan WhatsApp nantinya.

Misal bagi yang akan digunakan untuk keperluan bisnis balasan otomatis dapat berupa pesan formal dan menautkan link marketplace atau lainnya. Sementara jika hanya untuk keperluan komunikasi bersama teman, pesan dapat berupa jawaban kasual. Setelah membuat isi balasan klik tanda ceklis di bagian kanan aplikasi.

6. Menonaktifkan Pesan Otomatis

Selain dapat membuat pesan otomatis, Aplikasi Auto Reply juga memungkinkan pengguna menonaktifkan fitur ini. Caranya klik pesan otomatis hingga ujung tab berwarna merah. Kini pesan otomatis pun sudah tidak aktif lagi dan WhatsApp kembali ke mode normal.

7. Membalas Pesan Otomatis Dengan Kata Kunci Spesifik

Seperti yang telah disebutkan, fitur ini juga memungkinkan mengirim balasan otomatis pada keyword spesifik. Misal jika pengguna memiliki usaha restoran delivery, pengirim pesan dapat mengirim kata kunci spesifik untuk mengetahui informasi yang diinginkan. Seperti mengirim pesan “menu” maka secara otomatis akan terkirim balasan rincian menu yang disediakan.

Untuk mengaktifkan fitur ini pengguna dapat melakukan langkah-langkah sama seperti yang telah dijelaskan di pembahasan sebelumnya. Sebagai catatan agar pesan otomatis dapat dikirim, pastikan toggle Auto Reply dinyalakan. Juga aplikasi tetap berjalan di background ponsel.

Demikianlah cara membuat pesan otomatis di WhatsApp biasa dengan bantuan aplikasi Auto Reply. Fitur ini tentu sangat memudahkan pengguna terlebih pelaku usaha. Utamanya ketika dalam keadaan repot atau istirahat dan tidak bisa memberikan respon pada konsumen secara manual.