5 Cara Mengatasi Smartwatch Tidak Bisa Di Charge Paling Jitu

Jam pintar atau smartwatch telah memiliki tempatnya sendiri di hati masyarakat modern. Fitur-fiturnya yang hampir menyerupai smartphone serta bentuk yang praktis membuatnya semakin digemari. Namun, kadangkala smartwatch dapat mengalami kendala kesulitan saat pengisian daya. Tidak perlu khawatir, berikut adalah 5 cara mengatasi smartwatch tidak bisa di charge yang dapat dicoba!

1. Perbaiki Melalui Adaptor

Adaptor memiliki peran yang sangat penting pada tiap barang elektronik sebagai pusat pengisi daya. Kebutuhan adaptor sendiri berbeda-beda untuk setiap perangkatnya, contoh pada smartwatch keluaran Apple iWatch membutuhkan daya adaptor 5W-12 W. Melihat hal ini, maka baiknya pilihlah adaptor dengan rentang tersebut. Pemilihan adaptor yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada smartwatch.

Oleh karena itu, sebagai langkah awal, lakukan pengecekan apakah kerusakan berasal dari adaptor atau bukan. Jika ternyata kerusakan berasal dari adaptor, maka segeralah untuk melakukan penggantian dengan jenis daya yang sesuai tentunya.

2. Periksa Kabel Data

Seperti halnya pada smartphone, kabel data juga rawan mengalami kerusakan pada smartwatch. Sayangnya banyak dari pengguna yang tidak menyadari hal ini. Padahal, tidak merawat kabel data dengan baik dapat menyebabkan kesulitan saat pengisian daya. Terutama, jika punya kebiasaan menyimpan kabel data secara sembarangan, maka dapat menyebabkan bagian dalam kabel terputus.

Selain itu, faktor kebersihan juga sangat penting. Kotoran atau debu yang menghalangi pada ujung kabel data dapat menyebabkan masalah ini. Bersihkan secara rutin dengan menggunakan cotton bud atau bahan lembut lainnya secara hati-hati.

3. Restart Sistem Smartwatch

Ada kalanya sistem smartwatch mengalami error sehingga tidak bisa mendeteksi saat pengisian daya. Maka memulai ulang smartwatch dapat dijadikan pilihan saat error ini terjadi. Pada iWatch restart dapat dilakukan dengan menekan digital crown dan tombol samping secara bersamaan. Setelah sekitar 10 detik logo Apple akan muncul.

Baca juga:  Inilah Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Secara Online Hanya Lewat HP

Pada smartwatch lain restart dapat dilakukan dengan menekan tombol power atau melalui setelan. Setelah smartwatch dapat menyala kembali dengan normal, cobalah untuk melakukan pengisian daya ulang. Jika tidak ada masalah lain, biasanya pengisian akan langsung terhubung.

4. Baterai Rusak

Kemungkinan lainnya adalah baterai smartwatch telah mengalami penurunan fungsi. Beberapa faktor penyebabnya, seperti lama pemakaian, sering terbentur, atau terlalu sering membiarkan baterai habis total. Mengganti baterai dapat dijadikan salah satu alternatif cara mengatasi smartwatch tidak bisa di charge. Datangi service center brand smartwatch terdekat untuk melakukan pembelian baterai. Pengguna juga dapat melakukan klaim garansi apabila masih berlaku.

5. Service Ke Gerai Resmi Smartwatch

Apabila keempat cara di atas belum berhasil, maka langkah terakhir pengguna terpaksa harus mendatangi tenaga ahli. Kerusakan serius pada mesin smartwatch tidak bisa ditangani sembarangan, ada baiknya membawa smartwatch ke tempat service resmi. Memilih tempat service abal-abal juga dapat menyebabkan kerusakan makin parah, meskipun mungkin harga yang ditawarkan lebih murah.

Atau bila gerai resmi brand smartwatch terletak jauh dari tempat tinggal pengguna, pilihlah tempat service terpercaya yang berlisensi. Tentu pengguna harus mempercayakan penanganan masalah ini pada ahli, karena apabila kerusakan makin parah maka bukan tidak mungkin harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.

Itulah 5 cara mengatasi smartwatch tidak bisa di charge yang dapat dicoba apabila masalah ini terjadi. Jam pintar atau smartwatch tentu membutuhkan perawatan khusus. Beberapa komponen di dalamnya sangat rentan mengalami kerusakan. Maka dari itu, lakukan pengecekan kebersihan secara rutin baik pada smartwatch maupun alat chargernya. Selain itu, hati-hatilah dalam beraktivitas dan hindari benturan langsung pada smartwatch.