Cara Membuka Akses Google Drive Menggunakan PC_Laptop

Fitur publik yang ada pada Google Drive akan membantu pengguna agar bisa mengakses file dengan cepat dan praktis. Untuk bisa berbagi, pengguna bisa manfaatkan link dari Google Drive. Namun, cara membuka akses Google Drive ini hanya bisa untuk akun yang telah diberikan izin akses. Berikut langkah membuka aksesnya di PC/Laptop.

1. Login Ke Google Drive

Sebelum masuk ke tahap pembukaan askses Google Drive, langkah pertama yang wajib dilakukan yaitu login ke Google Drive dengan akun gmail. Kunjungi terlebih dahulu situs https://drive.google.com/ bisa lewat Chrome, Mozilla, ataupun browser lainnya.

Setelah itu masuk ke perangkat dengan mengetikkan email dan password yang telah terdaftar sebelumnya. Selain itu, pengguna juga bisa masuk dengan memanfaatkan fitur login with Google account.

Cara tersebut lebih mudah karena biasanya tak perlu repot-repot memasukkan alamat email dan kata sandi. Akun akan masuk dan terpasang otomatis pada Google Drive. Untuk mengecek apakah akun sudah terpasang bisa cek di pojok kanan atas layar komputer.

2. Pilih File yang Ingin Diberi Akses

Untuk membuka aksesnya, maka harus punya terlebih dahulu file yang ingin diberikan izin akses pada orang lain. Apabila sudah pernah diupload, maka bisa langsung cari di folder yang terdapat pada Google Drive.

Akan tetapi, jika belum ada maka pengguna bisa mengupload file dengan klik ikon tambah pada bagian kiri atas Google Drive. Di sana, akan ada beberapa pilihan dan klik upload file. Setelah itu cari dokumen yang akan diupload tersebut lalu klik unggah.

3. Klik Get Link untuk Memberikan Akses

Cara membuka akses Google Drive yaitu dengan klik kanan pada file yang ingin diberikan akses. Kemudian terdapat deretan opsi, pilih “dapatkan link”. Setelah itu pada kotak akan muncul Share with people and groups atau tulisan lainnya seperti “kirim link”.

Baca juga:  Revolusi Teknologi Untuk Hidup Lebih Produktif

4. Pilih Anyone with the Link agar Bisa Diakses Semua Orang

Jika telah muncul, maka jangan langsung copy link yang ada. Akan tetapi, pengguna harus ubah dulu status yang bisa mengakses link tersebut. Caranya yaitu dengan pilih restricted atau “dibatasi” pada ikon dua orang.

Setelah itu ubahlah aksesnya menjadi anyone with the link. Ini artinya file yang berada di Google Drive tadi siap dibagikan ke siapapun yang membutuhkan dokumen tersebut.

Namun jika pemilik Google Drive hanya ingin membagikan ke beberapa orang saja juga bisa. Caranya dengan memasukkan alamat email yang akan diberikan akses tersebut. Setelah itu klik send atau kirim. Kini, Google Drive akan mengirimkan email otomatis ke orang tersebut.

 5. Bagikan link pada publik

File yang telah diubah izin aksesnya bisa dibagikan dengan cara copy link. Yakni dengan menekan tombol salin yang berada pada barisan menu. Pengguna tinggal memilih opsi tersebut, maka link otomatis akan tersalin. Apabila telah selesai dicopy, selanjutnya link dibagikan pada orang-orang yang memang membutuhkan isi file tersebut. Contohnya saja seperti teman, pacar, keluarga, dosen, atau ruang lingkup kampus.

Demikianlah cara membuka akses google drive yang sangat praktis, cepat, dan mudah. Agar menjaga keamanan file yang berada di link Google Drive, jangan berikan sembarangan kepada akun yang tidak dikenal. Tujuannya adalah untuk menghindari duplikasi, pencurian file, dan sebagainya. Lantaran di masa yang penuh teknologi seperti sekarang ini, maka berbagai tindak kejahatan digital pun sangat mungkin terjadi.