Cara Membuka Proxy Google Chrome di Windows 10, Lengkap

Cara membuka proxy Google Chrome sangatlah penting untuk dipelajari. Tujuannya, agar pengguna bisa mengakses Google dengan jaringan internet tersebut. Proxy ini merupakan kode khusus, di mana pengguna harus menginputnya pada suatu jaringan.

Alasan Proxy Harus Diaktifkan

Sebelum membahas tutorial pembukaan proxy pada Google Chrome, ada baiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu kenapa setting proxy ini harus dilakukan. Alasan utamanya adalah karena jaringan WiFi yang tersedia tidak bisa diakses oleh perangkat yang dimiliki.

Masalah tersebut bisa terjadi karena pengguna belum mengaktifkan proxy yang sesuai dengan jaringan tersebut. Untuk itu, proxy bisa disetting terlebih dahulu agar jaringan yang diinginkan bisa diakses.

Cara Membuka dan Mengaktifkan Proxy Google Chrome

cara membuka proxy google chrome sangat mudah sekali untuk dijalankan pengguna. Yakni dengan cara merunut langkah-langkah yang telah dideskripsikan secara detail, sebagai berikut:

1. Buka Google Chrome

Sebelumnya pengguna windows 7 dan 8 tidak bisa menggunakan cara membuka proxy pada google chrome yang sama. Karena cara ini hanya dikhususkan untuk pengguna perangkat windows 10 saja. Untuk windows selain itu, bisa ikuti panduan sesuai windows yang digunakan.

Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan pengguna sudah menginstall Google Chrome di perangkat windows 10. Setelah itu, bukalah browser tersebut hingga jendela utamanya sudah tampil di layar.

2. Pilih Settings

Untuk pengaturan atau settings ini klik dua kali tombol yang terdapat di bagian pojok kanan atas. Tombol ini dilambangkan dengan titik tiga berderet ke bawah. Jika sudah maka segera klik settings yang terdapat di antara menu edit dan help.

3. Atur Menu Pada Sistem

Apabila menu settings telah terbuka, gulir layar ke bawah kemudian cari menu system. Jika sudah ketemu, kliklah menu tersebut. Maka list menu pada system akan terbuka secara otomatis. Lalu pilih open your computer’s proxy setting.

Selain itu pengguna juga bisa menemukannya pada kolom pencarian dengan memasukkan tulisan proxy. Kemudian pada layar akan muncul opsi setting google chrome proxy. Klik dua kali sistem proxy tersebut dan akan dialihkan ke menu selanjutnya, yaitu menu pengaturan setting proxy google chrome.

4. Lakukan Setting Pada Proxy

Pada setting proxy, gulir ke kanan dan lihat menu use proxy setting agar proxy google chrome bisa diaktifkan segera. Jika sudah aktif, tulisan off pada use a proxy server akan berubah menjadi on. Selanjutnya, pengguna mengisi address dan portnya. Lalu simpan dan ubah proxy Google Chrome dengan mengklik ikon save.

5. Isilah Address dan Port Proxy Google Chrome

Apabila telah menyelesaikan tahap empat maka pengguna harus mengisikan address yang diminta, semisal proxy.ptdef.com atau 20.21.213.123. Setelahnya, lanjut isikan pada kolom port yang tersedia, semisal “2020”. Pengisian ini sifatnya wajib dan harus menyesuaikan dengan permintaan masing-masing proxynya.

Baca juga:  Mengenal dan Cara Menggunakan Remote Desktop Windows 10 Paling Mudah

Setelah semua proses selesai, maka kini proxy sudah terbuka dan pengguna bisa menggunakan jaringan internet tersebut. Pastikan penggunaan jaringan hanya diperlukan untuk hal-hal yang bermanfaat saja.

Apabila setelah mengikuti panduan diatas, pengguna menemukan kendala pada setting proxy Google Chrome untuk windows 10. Maka, bisa hubungi atau kunjungi pengelola IT terdekat agar bisa keluar dari permasalahan ini.

Dengan panduan yang telah dijelaskan di atas, kini cara membuka proxy Google Chrome dapat dilakukan. Cara ini sangatlah mudah dan cocok untuk pemula yang masih belajar dalam mengganti proxy atau setting proxy tersebut pada windows 10.